Biaya Operasi Varikokel 2024, Pakai BPJS dan Tanpa BPJS


Beben.id – Tidak jarang orang mengalami gangguan pada organ reproduksinya seperti penyakit varikokel. Karena itu sangat penting untuk menjaga kebersihan bagian tubuh yang penting ini. Jika sudah mengalami penyakit varikokel maka harus mengeluarkan biaya operasi varikokel yang bisa dibilang cukup banyak.

Meskipun penyakit ini bukanlah hal yang membahayakan namun tetap saja membuat perasaan tidak nyaman. Hal tersebut dikarenakan akan membuat rasa nyeri dan berat pada skrotum. Penderita dari varikokel ini 15% adalah pria dewasa.

Agar bisa sembuh maka harus dilakukan sebuah tindakan operasi. Dan saat ini di beberapa rumah sakit di Indonesia sudah bisa melakukan tindakan bedah pada penyakit varikokel.

Apa yang Dimaksud Operasi Varikokel?

Jika melihat dari penderitanya memang lebih banyak terjadi pada pria yang mana vena di skrotum membengkak. Dan jika ingin mengetahui bentuk dari varikokel ini sebenarnya hampir sama dengan varises yang ada di kaki.

Varikokel ini ternyata bisa terjadi pada kedua atau satu skrotum namun di Indonesia sendiri ternyata terdapat di sebelah kiri. Karena dibandingkan yang sebelah kanan, skrotum kiri mengalami banyak tekanan sehingga bisa meradang atau bengkak.

Agar kondisi ini bisa diselesaikan maka harus dilakukan tindakan operasi karena gangguan organ reproduksi ini bisa membuat infertilitas. Untuk operasi ini bisa dilakukan pada rumah sakit milik daerah maupun rumah sakit swasta dengan dokter yang kompeten.

Biaya Operasi Varikokel di Rumah Sakit Indonesia

Biaya yang dikeluarkan untuk perawatan dan operasi ini sebenarnya berbeda-beda di setiap rumah sakit. Besaran biaya yang akan disebutkan di bawah ini ternyata masih belum termasuk biaya lainnya seperti biaya perawatan dan obat-obatan.

1. Biaya untuk Pasien Umum

Bagi pasien yang tidak memiliki asuransi kesehatan atau ingin menggunakan dana pribadi maka tetap bisa melakukan operasi ini. Meskipun harga operasi yang dilakukan pada penyakit ini bisa dibilang cukup tinggi dan menguras tabungan.

Baca Juga:  Biaya Operasi Mata Ikan 2024 Pakai BPJS dan Non BPJS

Lihat beberapa informasi di bawah ini untuk kisaran biaya dari operasi varikokel, yaitu:

  • Rumah Sakit RSKIA Sadewa Surabaya mulai dari Rp100.000.
  • Rumah Sakit Premier Yogyakarta mulai dari Rp000.000.
  • Rumah Sakit Immanuel Surabaya mulai dari Rp600.000.
  • Siloam Hospitals Asri Kabupaten Bandung mulai dari Rp000.000.
  • Rumah Sakit Premier Bintaro Jakarta mulai dari Rp000.000.
  • RSAL dr. Ramelan Tangerang Selatan mulai dari Rp000.000.

Untuk biaya operasi tersebut pastinya akan didasarkan pada jenis operasi apa yang dilakukan. Dan setiap rumah sakit memiliki kebijakan tersendiri. Biaya di atas bisa berubah-ubah tanpa ada informasi sehingga jika ingin mengetahui biaya akuratnya bisa mengunjungi rumah sakit tujuan.

2. Biaya untuk Pasien BPJS

Dengan melihat biaya operasi varikokel yang cukup mahal karena bisa mencapai puluhan juta maka kabar baik bagi peserta BPJS Kesehatan. Hal tersebut dikarenakan biayanya akan ditanggung oleh BPJS yang bekerja sama dengan rumah sakit.

Agar bisa menggunakan layanan ini maka pasien harus mendapatkan pemeriksaan dan diagnosis dari dokter spesialis. Namun, jika pasien yang meminta operasi atas keinginan sendiri maka tidak akan ditanggung oleh BPJS.

Ada beberapa syarat dan ketentuan yang bisa dipenuhi jika ingin menggunakan layanan BPJS untuk operasi varikokel, yaitu:

  • Merupakan anggota yang terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan.
  • Tidak memiliki tunggakan iuran dan status kepesertaan aktif.
  • Memiliki surat rujukan yang dikeluarkan oleh Faskes 1.
  • Mendaftar pada rumah sakit yang ditunjuk berdasarkan rujukan dari Faskes 1.
  • Kartu pendaftaran aktif dari rumah sakit tujuan.

Dalam pemeriksaan dokter maka nantinya tetap akan didiagnosis dengan tepat seperti tingkat keparahan dari varikokel, riwayat penyakit, dan ketersediaan dari fasilitas medis rumah sakit.

Prosedur Operasi Varikokel

Setelah mengetahui biaya yang cukup besar maka bisa juga memahami apa saja prosedur yang akan dilakukan saat operasi. Bagi pasien umum bisa memilih jenis pembedahan yang diinginkan namun untuk peserta BPJS akan dipilihkan oleh dokter.

Baca Juga:  6 Cara Cek Angsuran FIF secara Online dan Offline

Dan ada beberapa rumah sakit yang menyediakan banyak macam operasi varikokel. Untuk bisa mengetahuinya dengan jelas maka bisa melihat jenis operasi di bawah ini:

1. Embolisasi

Pertama adalah embolisasi yaitu prosedur yang biasa dilakukan pada operasi varikokel. Untuk prosedur ini dilakukan dengan cara memasukkan tabung pada pembuluh darah melalui vena leher atau alat kelamin. Dalam tabung ini nantinya berfungsi untuk pemantauan pembuluh darah.

Kondisi pembuluh darah ini nantinya bisa dilihat melalui monitor. Waktu yang dibutuhkan untuk prosedur operasi ini mulai dari 45 menit sampai dengan 1 jam lamanya.

2. Laparoskopi

Prosedur selanjutnya adalah laparoskopi yang mana banyak dilakukan pada prosedur operasi varikokel. Alat yang digunakan adalah alat laparoskop yaitu alat dengan kamera dan lampu yang berada di ujungnya.

Dan operasi ini membutuhkan sayatan kecil pada bagian perut untuk bisa mengatasi permasalahan varikokel ini. Gangguan akan terlihat jelas dengan alat laparoskopi dan penanganan bisa dilakukan dengan tepat. Biaya operasi varikokel dengan prosedur ini bisa dikatakan harga yang mahal.

3. Operasi Terbuka

Selain laparoskopi, operasi terbuka juga menjadi salah satu prosedur yang banyak dilakukan di Indonesia. Tujuan dari operasi terbuka ini yaitu perbaikan dan pengangkatan pembuluh darah vena yang rusak dan mengakibatkan varikokel.

Prosedur ini akan dilakukan oleh dokter bedah dengan cara melakukan pembedahan pada bagian bawah di organ reproduksi. Anestesi yang dilakukan oleh dokter adalah bius umum atau bius lokal.

Pada prosedur ini ternyata juga bisa digunakan menyegel pembuluh darah sehingga bisa mengubah alirannya. Aliran yang diubah ini akan menjadi lebih normal dibandingkan jika saat mengalami gangguan varikokel ini.

Akan tetapi, kekurangan dari operasi terbuka ini adalah waktu penyembuhan yang lebih lama. Dibandingkan dengan prosedur laparoskopi yang pemulihannya relatif cepat. Hal ini dikarenakan adanya bekas sayatan yang lebih besar.

4. Microscopic Varicocelectomy

Untuk jenis prosedur operasi varikokel yang terakhir adalah microscopic varicocelectomy yang mana membutuhkan waktu yang lebih lama. Pasien akan melakukan tindakan operasi setidaknya selama 3 jam di dalam ruang operasi.

Baca Juga:  Jual Emas Tanpa Surat di Pegadaian, Apakah Bisa?

Dokter yang melakukan operasi adalah dokter spesialis yang akan membuat sayatan selebar 1 cm. Sayatan tersebut letaknya ada pada atas skrotum yang kemudian akan digunakan untuk menutup seluruh pembuluh darah kecil yang terdapat di testis.

Perawatan Pasca Operasi Varikokel

Setelah melakukan tindakan operasi, maka pasien harus melakukan pemulihan agar lekas pulih. Biasanya waktu yang dibutuhkan adalah mulai dari 4 minggu sampai 7 minggu setelah operasi. Dan bisa melakukan perawatan sendiri di rumah, seperti:

  • Belajar berjalan perlahan dan tidak terlalu jauh untuk jarak yang ditempuh.
  • Menghindari aktivitas-aktivitas berat terlebih dahulu.
  • Tidak mengejan pada saat buang air besar dan bisa meminum obat pencahar jika dirasa sulit BAB.
  • Makanan yang dikonsumsi harus tinggi protein.

Biaya operasi varikokel memang sangat tinggi dan sebenarnya akan tergantung pada jenis prosedur operasi yang dipilih. Dokter akan melakukan prosedur sesuai dengan indikasi dari tingkat keparahan varikokel pasien itu sendiri.

Dan setelah melakukan operasi ada baiknya melakukan perawatan selama 4 sampai 7 minggu agar lekas pulih. Kemudian, tetap menjaga kesehatan dan kebersihan dari organ reproduksi sehingga tidak akan terjadi penyakit lainnya.

Baca Juga:

error: