Biaya Operasi Batu Ginjal 2024 Pakai BPJS dan Non BPJS


Beben.id – Sesuai dengan namanya, batu ginjal adalah penyakit yang timbul karena materi keras menyerupai batu. Masalah kesehatan ini rata-rata dialami 10% wanita dan 15% wanita di rentang usia 30-60 tahun. Biaya operasi batu ginjal cukup beragam di rumah sakit karena tergantung kebijakan RS dan lokasi.

Biaya operasi penyakit batu ginjal banyak dicari, baik untuk pasien reguler maupun BPJS. Jika memiliki asuransi swasta atau pemerintah, maka operasi seperti ini akan jauh lebih ringan. Namun jika belum terdaftar asuransi apapun, maka sangat penting untuk menyiapkan dananya dari sekarang.

Mengenal Penyakit Batu Ginjal

Batu ginjal merupakan salah satu penyakit sistem ekskresi yang paling umum. Penyakit satu ini terbentuk dari materi keras yang berada di saluran urine. Batu ginjal pada dasarnya adalah limbah darah yang terbentuk  di ginjal, ureter, kandung kemih, hingga ujung uretra.

Seiring berjalannya waktu, limbah mineral dan garam yang menumpuk akan mengeras. Penampakannya akan terlihat seperti batu di saluran urine. Namun, proses terbentuknya tidak selalu di organ ginjal karena bisa berpindah.

Jika ukuran batu ginjal sudah terlalu besar, maka akan menimbulkan masalah karena berpindah lokasi. Batu ginjal yang besar sulit masuk ke ureter karena diameternya saluran tersebut cenderung kecil dan halus.

Namun karena batu ginjal terus berpindah ke kandung kemih, maka tak heran jika bisa menyebabkan iritasi saluran kemih.

Oleh karena itu, penyakit batu ginjal memang sudah seharusnya dideteksi sejak awal dengan berkonsultasi ke dokter. Hal ini akan meminimalisir kemungkinan kerusakan permanen pada fungsi ginjal.

Baca Juga:  3 Cara Cek Angsuran Dipo Star Finance Terbaru 2024

Estimasi Biaya Operasi Batu Ginjal

Operasi batu ginjal harus segera dilakukan jika sudah terdapat infeksi. Rasa sakit karena mengendapnya mineral darah kerap kali tidak tertahankan. Pengobatan penyakit ini membutuhkan biaya tidak sedikit, terlebih untuk pasien reguler.

1. Rumah Sakit Mitra Keluarga

Bagi yang ingin mengobati batu ginjal tanpa operasi, maka bisa memilih metode ESWL. Namun, perlu diingat bahwa tindakan medis ini tidak tersedia di semua rumah sakit. Pastikan tempat berobat yang dipilih memang menyediakannya.

Seperti yang telah diketahui, metode ESWL memanfaatkan gelombang kejut agar batu ginjal bisa hancur dan dikeluarkan dari saluran kemih.

Adapun untuk biaya ESWL sendiri di rumah sakit ini mulai dari Rp6.000.000. Namun jika memilih opsi biaya operasi batu ginjal tanpa BPJS mulai dari Rp11.000.000.

2. Rumah Sakit Yarsi

Rumah sakit di Jakarta Pusat ini menyediakan layanan operasi batu ginjal untuk kondisi ringan maupun parah. Tarif untuk operasi penyakit ini mulai dari Rp12.000.000 untuk pasien reguler. Namun, biaya tersebut belum termasuk administrasi dan jasa konsultasi.

3. Rumah Sakit Nahdlatul Ulama Jombang

Bagi yang berada di Jawa Timur dan hendak menjalankan prosedur operasi batu ginjal, maka rumah sakit satu ini bisa jadi pilihan. Biaya operasi standar yang harus dikeluarkan yaitu mulai dari Rp4.700.000 untuk kelas standar.

4. Rumah Sakit Islam Jombang

Untuk biaya operasi batu ginjal yang terjangkau, salah satunya di RS Islam Jombang. Biaya yang harus disiapkan mulai dari Rp3.800.000 saja namun tergantung kelas dan tingkat keparahan batu ginjal pasien.

5. Rumah Sakit Immanuel Bandung

Perlu diketahui bahwa biaya rumah sakit untuk pengobatan batu ginjal bisa bervariasi. Hal ini juga tergantung metode yang digunakan untuk operasi. RS Immanuel yang berada di Bandung ini contohnya.

Tidak hanya menyediakan tindakan medis berupa operasi batu ginjal, namun juga ESWL. Metode tersebut tidak mengharuskan prosedur bedah untuk pengobatan batu ginjal. Adapun biaya yang harus disiapkan minimal yaitu Rp10.000.000 dan belum termasuk administrasi di dalamnya.

Baca Juga:  Jam Besuk RS Elisabeth Semarang: Jadwal dan Aturan

6. RS Awal Bros

Rumah sakit yang berada di Batam ini juga menyediakan layanan operasi batu ginjal untuk pasien reguler maupun asuransi. Biaya yang harus dipersiapkan mulai dari Rp9.500.000. Biaya tersebut belum termasuk obat-obatan yang nantinya harus ditebus agar proses penyembuhan lebih maksimal.

7. RS Dokter Adam Talib

Pada dasarnya, sudah banyak rumah sakit di Jabodetabek yang menyediakan operasi batu ginjal. Di rumah sakit yang berada di Bekasi ini sebenarnya tidak hanya menyediakan pilihan operasi.

Namun, pasien juga bisa memilih opsi penyembuhan batu ginjal tanpa operasi. Metode penyembuhan tersebut dikenal dengan ESWL dan sudah umum digunakan. Setidaknya, biaya yang harus dikeluarkan untuk pengobatan batu ginjal minimal Rp12.000.000.

8. Primaya Hospital

Rumah sakit yang berlokasi di Bekasi ini menyediakan operasi batu ginjal untuk pasien kelas 1, kelas 2, kelas 3, VIP, dan VVIP. Biaya untuk kelas reguler mulai dari Rp9.500.000 dan sebaiknya menyediakan lebih dari itu. Terutama untuk membayar administrasi dan menebus obat.

9. Rumah Sakit Sentra Medika

Rumah sakit terkenal di Jabodetabek ini tepatnya berada di Cikarang. Biaya rumah sakit untuk operasi batu ginjal disini mulai dari Rp9.800.000. Rumah sakit ini juga sudah bekerja sama dengan BPJS sehingga penggunanya bisa berobat tanpa biaya.

10. MRCCC Siloam Hostpitals Semanggi

Rumah sakit terkenal yang berada di Semanggi, Jakarta Selatan ini juga menyediakan operasi batu ginjal. Biaya yang harus dikeluarkan mulai dari Rp20.000.000 dan memang termasuk mahal dibanding lainnya.

Namun, pelayanannya bisa dikatakan bagus dan terdiri dari beberapa kelas yang bisa dipilih.

Apakah Biaya Operasi dan Pengobatan Batu Ginjal Ditanggung BPJS?

Tidak sedikit yang ingin mengetahui apakah pengobatan dan operasi batu ginjal dicover BPJS atau tidak. Mengingat biaya operasi untuk penyakit ini memang tidak bisa dikatakan murah. Tidak perlu khawatir, penyakit batu ginjal memang tercover sepenuhnya oleh asuransi dari pemerintah ini.

Tidak hanya melalui operasi, pasien yang ingin memilih metode lain juga bisa menggunakan BPJS. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, opsi lain dari operasi batu ginjal adalah metode ESWL. Pengobatan dengan ESWL juga ditanggung BPJS sehingga jauh lebih hemat.

Baca Juga:  Biaya Operasi Hidung 2024, Pakai BPJS dan Tanpa BPJS

Lalu, bagaimana cara menjalani operasi batu ginjal BPJS? Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan datang ke FASKES tingkat satu. Setelah itu harus meminta rujukan ke rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS. Pastikan setelah itu Anda mendapatkan rujukan ke dokter spesialis.

Mengapa Biaya Rumah Sakit untuk Operasi Batu Ginjal Bisa Berbeda-Beda?

Pada dasarnya, biaya operasi batu ginjal tergantung dari beberapa hal yang harus dipahami. Misalnya lokasi dan rumah sakit yang dipilih sangat berpengaruh terhadap tarif yang harus dibayarkan. Biasanya RS yang berada di kota besar membanderol harga operasi yang lebih mahal.

Tidak hanya itu, kelas operasi yang dipilih juga mempengaruhinya sehingga dana harus benar-benar disiapkan dengan baik. Jika ingin menggunakan BPJS, pastikan mengunjungi fasilitas kesehatan seperti puskesmas atau klinik yang dipilih sejak awal pendaftaran.

Biaya operasi batu ginjal memang berbeda-beda di setiap rumah sakit. Namun, estimasi yang sudah disebutkan di atas bisa menjadi referensi sebelum memutuskan operasi. Terlebih untuk pasien reguler yang belum memiliki asuransi sebaiknya menyiapkan dananya dengan baik.

Pengobatan batu ginjal akan jauh lebih ringan jika menggunakan BPJS. Mengingat penyakit satu ini memang sudah dicover sepenuhnya, termasuk untuk masa pemulihan yang harus dilewati.

Baca Juga:

error: