Biaya Operasi Mata Juling 2024 Pakai BPJS dan Non BPJS


Beben.id – Mata juling adalah kondisi ketika posisi mata tidak sejajar dan bola mata dapat melihat ke arah yang berbeda. Untuk mengatasi masalah ini, pasien dapat melakukan operasi mata juling di rumah sakit. Simak biaya operasi mata juling yang perlu diketahui.

Biaya operasi ini terbilang cukup tinggi sehingga dibutuhkan persiapan modal yang cukup. Hal ini penting terutama jika Anda memilih rumah sakit tertentu atau kelas atas sehingga biayanya bisa lebih mahal lagi. Berikut informasi selengkapnya tentang operasi mata juling ini.

Biaya Operasi Mata Juling

Biaya operasi untuk mata juling biasanya banyak ditemukan di berbagai rumah sakit. Hal ini karena sudah banyak para dokter spesialis yang bisa menangani prosedur bedah mata untuk mengatasi juling atau strabismus.

Bagi yang penasaran harga dari operasi ini yaitu mencapai jutaan rupiah. Biaya tersebut punya tarif yang cukup tinggi karena prosedurnya yang membutuhkan penanganan terbaik serta bisa dari pemilihan rumah sakit yang dituju.

Biaya operasi yang paling murah yaitu Rp2.500.000. Sedangkan biaya operasi mata juling yang paling mahal dapat menyentuh angka Rp20.000.000. Bahkan, ada juga yang lebih mahal dari harga tersebut.

Jika ingin mendapatkan informasi harga yang tepat dan valid, bisa langsung mengunjungi rumah sakit tersebut dan tanyakan kepada admin yang bertugas.

Lalu, sebagai perbandingan atau estimasi biaya, bisa juga melihat beberapa biaya operasi berikut ini di rumah sakit Indonesia. Beberapa rumah sakit tersebut adalah sebagai berikut:

  • Rumah Sakit Umum YARSI: Rp8.000.000
  • RS Mata Dr. Yap Yogyakarta: Rp2.400.000
  • RS Medika Dramaga Bogor: Rp3.300.000
  • KMN EyeCare Kebon Jeruk: Rp21.400.000
  • RS Mata Ramata, Denpasar: Rp5.500.000
  • RS Dadi Keluarga Ciamis: Rp1.000.000
  • RS Ananda Bekasi: Rp6.900.000
  • KMN EyeCare Semarang: Rp21.000.000
  • RS Mitra Keluarga Cikarang: Rp10.000.000
  • RS Juanda Kuningan : Rp2.800.000
  • Klinik Spesialis Mata SMEC Bekasi: Rp18.000.000
  • RS Siloam Surabaya: Rp3.000.000
  • RS Balimed Denpasar: Rp4.400.000
  • RSU Royal Prima, Medan: Rp6.300.000
  • Klinik Spesialis Mata SMEC Tanjungpinang: Rp13.000.000
  • KMN EyeCare Kemayoran: Rp21.000.000
  • RS Immanuel Bandung: Rp3.600.000
Baca Juga:  2 Biaya Operasi Gusi Turun 2024 Pakai BPJS dan Non BPJS

Dari biaya operasi mata juling di atas, Anda bisa mempersiapkan biayanya dan penting untuk melebihkannya karena harganya bisa lebih tinggi dari listing.

Biaya Operasi Mata Juling BPJS

Banyak yang penasaran apakah operasi mata juling bisa menggunakan BPJS? BPJS Kesehatan sendiri merupakan jaminan kesehatan yang diberikan oleh pemerintah untuk warganya untuk mendapatkan berbagai layanan kesehatan.

Jadi, biaya operasi mata juling juga bisa ditanggung penuh oleh BPJS alias gratis. Biaya gratis ini dapat diberikan mulai dari biaya tindakan saat operasi, sampai pemberian kacamata setelah operasi.

Dengan pembebasan biaya ini membuat warga kalangan menengah ke bawah bisa lega dengan operasi yang dijalankan tanpa mengeluarkan biaya. Namun, untuk mendapatkan jaminan ini, perlu terdaftar sebagai peserta BPJS.

Setelah melakukan pendaftaran, peserta BPJS juga wajib membayar iuran tiap bulannya dengan beberapa ketentuan yang berlaku. Jika ingin menggunakan BPJS Kesehatan untuk operasi mata juling, penting juga mengikuti berbagai syarat yang ada.

Untuk mengetahui lebih detailnya bisa bertanya langsung kepada rumah sakit tentang cara klaim BPJS untuk operasi mata juling. BPJS biasanya menanggung secara penuh, tetapi ada juga yang menanggung separuhnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Prosedur Operasi Mata Juling

Untuk menjalankan operasi mata juling, penting juga diketahui bahwa beberapa prosedur operasi yang tepat. Ada beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk menjalankan operasi mata juling ini, yaitu sebagai berikut:

Baca Juga:  Biaya Operasi Tahi Lalat di Rumah Sakit dan Klinik 2024

1. Dilakukan Pemeriksaan Sensorimotor

Prosedur operasi yang pertama adalah pemeriksaan sensorimotor. Pemeriksaan ini bertujuan untuk mengetahui otot mata yang perlu dilakukan tindakan operasi dan bagian mana yang perlu diubah sehingga kondisi mata tidak juling lagi atau seperti mata normal pada umumnya.

2. Pemasangan Obat Bius atau Anestesi Umum

Setelah diketahui sensorimotor dan bagian mana yang tepat, maka akan diberikan bius atau anestesi umum kepada pasien. Seperti yang sudah diketahui, bius ini berguna untuk menghilangkan rasa sakit saat melakukan prosedur operasi.

3. Tindakan Operasi

Tahap terakhir yaitu tindakan operasi yang dilakukan oleh dokter ketika bius sudah bekerja. Caranya adalah membuat sayatan kecil di sekitar konjungtiva. Selanjutnya, cari otot mata yang akan dilakukan perubahan dari hasil sensorimotor yang sudah dianalisa sebelumnya.

Jika sudah menemukan otot mata yang membuat mata juling, maka dokter tersebut akan melakukan beberapa prosedur. Contohnya seperti melemahkan otot atau memperkuat otot mata tersebut.

Bisa juga dengan memindahkan otot mata ini agar bekerja selaras. Setelah operasi selesai dilakukan, maka otot mata tersebut dijahit menggunakan simpul permanen. Waktu operasi ini terbilang lumayan cepat yaitu 1-2 jam saja.

Cara Mengobati Mata Juling Tanpa Operasi

Di beberapa kasus tertentu, mata juling tidak harus dilakukan tindakan operasi. Penyembuhannya bisa dilakukan melalui prosedur lain.

Untuk itu, sebelum menjalankan operasi, Anda perlu melakukan konsultasi terlebih dahulu guna memastikan apakah mata juling ini memang perlu dilakukan operasi atau bisa disembuhkan dengan cara lainnya.

Cara mengobati mata juling tanpa operasi bisa dilakukan melalui beberapa tahap berikut ini, yaitu:

1. Kacamata atau Lensa Kontak Korektif

Cara pertama yang dapat dilakukan yaitu menggunakan kacamata atau lensa kontak korektif. Kacamata ini dapat membantu penglihatan menjadi lebih fokus pada satu objek. Mata bisa tetap lurus sehingga mudah untuk lebih fokus.

Baca Juga:  Jam Besuk RS Al Islam Terbaru 2024 dan Peraturan

Meski bisa membantu, kacamata ini hanya alat untuk memudahkan mata untuk melihat bukan bisa membuat mata sembuh total. Jika ingin mendapatkannya, bisa berkonsultasi dulu kepada dokter spesialis mata agar bisa mendapatkan kacamata untuk mata juling ini.

2. Lensa Prisma

Berikutnya adalah menggunakan lensa khusus yang punya kaca lebih tebal dibandingkan yang lainnya. Dengan lensa ini bisa membuat cahaya masuk ke mata dengan mudah serta mengurangi putaran yang perlu dilakukan mata untuk membuat objek lebih mudah terlihat jelas.

3. Terapi Penglihatan

Cara terakhir yang digunakan untuk mengobati mata juling tanpa operasi yaitu melakukan terapi penglihatan.

Terapi ini berguna untuk melatih mata dan otak akan bersinergi secara lebih baik untuk membuat gerakan mata yang normal. Dengan demikian, penglihatan bisa menjadi jauh lebih baik dibandingkan sebelumnya.

Biaya operasi mata juling sudah diketahui memiliki harga yang bervariasi yaitu sekitar 2 jutaan sampai ada yang 20 jutaan lebih. Prosedur dari operasi mata juling ini dilakukan dengan penguatan otot mata atau pelemahan otot guna mendapatkan penglihatan yang normal.

Setelah selesai operasi mata juling, mungkin akan mengalami penglihatan ganda atau beberapa efek samping seperti mata merah dan nyeri. Untuk mengatasinya, dokter akan memberi obat pereda nyeri serta memberikan obat tetes mata sebagai antibiotik.

Baca Juga:

error: