Biaya Operasi Mata Ikan 2024 Pakai BPJS dan Non BPJS


Beben.id – Mata ikan merupakan gangguan kulit yang sering dialami oleh manusia. Biaya operasi mata ikan menjadi hal yang perlu dipikirkan apabila mengalami penyakit ini. Karena jika kondisinya sudah semakin parah, maka akan timbul rasa nyeri yang kurang nyaman.

Walaupun penyakit ini tidak membahayakan kesehatan tubuh, namun bisa mengganggu penampilan.  Maka dari itu banyak yang ingin melakukan tindakan operasi, untuk melakukan pengangkatan mata ikan agar bisa kembali tampil percaya diri dan tidak mengganggu aktivitas sehari-hari.

Operasi mata ikan ini bisa dilakukan di berbagai fasilitas kesehatan seperti puskesmas, rumah sakit, klinik praktek dokter swasta atau klinik masyarakat. Setiap tempat tentu memiliki tarif atau harga operasi yang berbeda-beda.

Tentang Mata Ikan

Mata ikan merupakan hal yang berbeda dengan kapalan atau kutilan, karena keduanya juga mempunyai penyebab dan gejala yang berbeda. Mata ikan ini dalam dunia medis juga disebut dengan nama clavus.

Clavus sendiri merupakan kondisi penebalan kulit, yang disebabkan karena adanya tekanan secara berulang kali. Ukuran dari mata ikan ini biasanya lebih kecil dari kapalan serta memiliki bentuk yang bulat.

Umumnya mata ikan ini terjadi pada permukaan kulit, jari-jari kaki, telapak dan jari-jari tangan, serta tumit. Gejala munculnya mata ikan ini bisa dilihat dari kulit yang mengalami pengerasan karena terjadi penebalan di kulit.

Dari bentuknya, bagian tengah mata ikan lebih keras jika dibandingkan dengan bagian lainnya, serta pada bagian pinggir dikelilingi oleh kulit yang meradang. Maka dari itu apabila terjadi penebalan yang berlebihan, bagian kulit tersebut akan timbul rasa nyeri.

Dalam kebanyakan kasus, mata ikan ini sering muncul di bagian kaki, karena bagian tersebut lebih sering menggunakan jenis sepatu yang tertutup, sehingga memiliki potensi lebih besar terhadap munculnya mata ikan.

Baca Juga:  Jam Besuk RS Panti Wilasa Citarum: Jadwal dan Aturan

Penggunaan sepatu tertutup ini tanpa disadari bisa menyebabkan terjadinya tekanan pada bagian tertentu. Maka dari itu gangguan ini lebih banyak terjadi pada wanita daripada pria.

Hal ini dikarenakan wanita lebih sering memakai sepatu tertutup dengan ukuran yang kurang membuat nyaman.

Penyebab Mata Ikan

Gangguan mata ikan ini tentunya tidak muncul dengan sendirinya, namun ada beberapa hal yang memicu mata ikan ini tumbuh.

Gangguan mata ikan ini tentunya tidak muncul dengan sendirinya, namun ada beberapa hal yang memicu mata ikan ini tumbuh. Cara untuk menghilangkan mata ikan ini bisa dilakukan dengan menggunakan tindakan operasi.

Biaya operasi mata ikan ini juga beragam, tergantung dari tempat dan tingkat keparahannya. Maka dari itu, informasi mengenai penyebab mata ikan menjadi hal yang perlu diperhatikan. Sehingga bisa terhindar dari penyakit ini dan tidak perlu mengeluarkan banyak dana untuk melakukan operasi.

Adapun beberapa hal yang menjadi penyebab dari munculnya mata ikan diantaranya yaitu sebagai berikut:

  • Menggunakan sepatu yang kurang nyaman, termasuk dengan sepatu berhak tinggi atau sepatu yang terlalu sempit, sehingga bisa menekan pada bagian kaki tertentu. Penggunaan sepatu longgar juga memiliki potensi yang sama, karena beberapa bagian kaki akan bergesekan secara berulang kali di dalam sepatu.
  • Tidak menggunakan kaos kaki atau penggunaan kaos kaki yang ukurannya kurang tepat juga bisa membuat kaki dan alas kaki saling bergesekan, sehingga potensi muncul mata ikan juga semakin besar.
  • Sering memakai alat musik atau peralatan yang menggunakan tangan. Hal ini bisa membuat bagian kulit tertentu mengalami penebalan, sebab terjadi gesekan kulit secara berulang kali pada alat musik atau berbagai jenis perkakas yang digunakan sehari-hari.
  • Perokok, seorang perokok mempunyai potensi terkena mata ikan terutama pada bagian kulit jempol tangan. Hal ini dikarenakan perokok selalu menggunakan pemantik rokok yang bisa mengakibatkan terjadinya gesekan secara berulang kali.

Selain itu ada juga beberapa hal yang bisa menyebabkan seseorang lebih rentan untuk terkena mata ikan ini, seperti kelainan yang terjadi pada jari kaki yang membuat bentuknya seperti cakar dan bengkok (hammertoe) dan mempunyai bekas luka atau kutil.

Baca Juga:  3 Syarat Kredit HP di Erafone Tanpa DP, Tanpa Kartu Kredit

Selain itu adanya penonjolan dari tulang yang terjadi pada sendi pangkal jempol kaki dan kebiasaan yang kurang baik, yang menyebabkan terjadinya gesekan atau tekanan yang berulang-ulang pada bagian kulit tertentu, juga bisa membuat seseorang terkena mata ikan.

Biaya Operasi Mata Ikan di Beberapa Fasilitas Kesehatan

Setiap tempat mematok biaya yang berbeda mengenai tindakan operasi mata ikan yang dilakukan. Selain itu hal ini juga tergantung pada metode yang digunakan untuk menanganinya.

Adapun metode yang bisa digunakan untuk menghilangkan mata ikan yaitu ada dua, yaitu dengan tindakan operasi atau proses pembedahan dan yang kedua yaitu dengan metode laser.

Tindakan operasi mata ikan dilakukan apabila kondisi mata ikan sudah dalam keadaan yang parah, sedangkan untuk metode laser ini jika kondisi mata ikan masih belum terlalu parah atau ukurannya masih lebih kecil.

Kondisi fasilitas kesehatan yang tersedia juga berpengaruh terhadap biaya yang harus dibayar. Tindakan operasi di rumah sakit tentu berbeda dengan biaya operasi yang dilakukan di puskesmas.

Adapun besaran biaya operasi mata ikan yang dilakukan di klinik atau Puskesmas, biasanya dikenakan tarif dengan harga yaitu berkisar antara Rp500.000 hingga Rp1.000.000.

Namun biaya ini tentu berbeda apabila tindakan operasi dilakukan di rumah sakit yang besar dengan berbagai fasilitas lengkap dan memadai.

Biaya untuk operasi mata ikan di rumah sakit yang ada di Indonesia yaitu berkisar antara Rp1.000.000 hingga Rp3.000.000. Harga ini lebih mahal jika dibandingkan dengan biaya di puskesmas atau klinik.

Tahapan dalam Operasi Mata Ikan

Proses dari operasi mata ikan ini memiliki tiga tahapan yang harus dilalui, adapun penjelasan dari masing-masing tahapan tersebut yaitu sebagai berikut:

1. Tahapan pertama: proses pembersihan kulit

Sebelum melakukan proses operasi maka dokter akan memastikan mengenai kebersihan dari kulit. Jadi area kulit yang terdapat di sekitar mata ikan ini akan dibersihkan menggunakan cairan antiseptik, contohnya yaitu seperti alkohol.

Baca Juga:  5 Cara Gadai BPJS Ketenagakerjaan di Pegadaian

Tujuan dari dilakukannya pembersihan ini yaitu agar area yang terkena bisa tetap steril, sehingga tidak menimbulkan potensi terjadinya infeksi pada bekas operasi.

2. Tahapan kedua: proses pembiusan

Setelah dibersihkan maka proses selanjutnya yaitu dokter akan melakukan pembiusan anestesi, sehingga bisa meminimalkan rasa sakit yang muncul pada saat proses operasi berlangsung. Tapi tidak semua dokter melakukan proses ini.

Karena terdapat kondisi dalam operasi mata ikan yang tidak memerlukan proses bius di sekitar area mata ikan.

3. Tahap ketiga: proses pengangkatan

Tahap ini merupakan bagian paling penting dari operasi mata ikan ini. Setelah segala persiapan sudah dilakukan maka dokter akan melakukan proses pengangkatan mata ikan dengan menggunakan alat tertentu.

Mata ikan merupakan penyakit kulit yang bisa mengganggu penampilan. Cara untuk menghilangkannya yaitu melalui tindakan operasi. Adapun harga biaya operasi mata ikan ini beragam, hal ini tergantung dari tempat dan tingkat keparahan yang dialami.

Bagi yang tidak memiliki banyak dana maka puskesmas atau klinik bisa menjadi pilihan yang tepat, karena biayanya lebih murah jika dibandingkan dengan rumah sakit. Tahapan dari operasi mata ikan ini ada tiga yaitu proses pembersihan, pembiusan dan pengangkatan.

Baca Juga:

error: