Biaya Rontgen dan 10 Jenis Rontgen Terbaru 2024

Beben.id – Rontgen dikenal dengan sebutan X-Ray. Rontgen dilakukan saat terjadi luka di bagian dalam tubuh sehingga cara melihatnya menggunakan hasil rontgen. Biaya rontgen secara umum ada beraneka ragam tergantung dari jenis rontgen itu sendiri dan juga tempat dilakukan rontgen.

Rontgen bisa dilakukan dari bagian tubuh mana saja. Semakin rumit tingkat rontgen yang dilakukan, maka biaya juga akan semakin mahal. Rontgen dilakukan dengan mengandalkan radiasi gelombang elektromagnetik.

Jenis dan Estimasi Biaya Rontgen

Sebagaimana dikatakan di atas, biaya foto rontgen di rumah sakit yang satu bisa berbeda dengan di rumah sakit lain. Rontgen dada juga akan berbeda dengan harga rontgen perut. Setiap bagian tubuh yang dirontgen kemungkinan punya estimasi biaya yang berbeda.

Sebelum melakukan foto rontgen di rumah sakit, memang ada baiknya Anda tahu terlebih dulu kisaran biaya yang harus dibayar agar bisa menyiapkan budget yang sesuai. Untuk itu berikut ini bisa disimak estimasi biaya yang dibutuhkan untuk sekali rontgen:

1. Rontgen Gigi

Rontgen gigi ini dilakukan untuk mengetahui permasalahan yang ada pada mulut dan gigi. Rontgen gigi pada umumnya tidak membutuhkan biaya jutaan rupiah. Biaya kisarannya bahkan hanya Rp120.000,- hingga Rp330.000,-.

Salah satu contoh klinik yang membuka layanan rontgen gigi ini adalah klinik Prodia. Klinik ini menggunakan metode panoramic untuk melakukan aksi rontgen gigi. Dalam sekali tindakan rontgen, prodia mematok harga sekitar Rp170.000,-.

2. Rontgen Dada

Rontgen dada tak hanya bisa dilakukan di rumah sakit. Saat ini banyak juga Puskesmas yang sudah bisa melayani foto rontgen dada.

Tindakan rontgen dada ini dilakukan dengan tujuan mengetahui permasalahan yang ada pada jantung, paru-paru, saluran pernapasan, dan bagian lain yang ada dalam organ dada. Biaya proses rontgen di Puskesmas dan rumah sakit umumnya berbeda.

Baca Juga:  Jam Besuk RSI Klaten Terbaru 2024 Buka Setiap Hari

Di Puskesmas Anda akan dikenakan biaya sekitar Rp65.000,- hingga Rp100.000,-. Sedangkan jika rontgen di rumah sakit, biaya yang harus dibayar sekitar Rp145.000,- hingga Rp300.000,-.

3. Rontgen Paru

Telah dikatakan sebelumnya bahwa rontgen dada memang bisa digunakan untuk melihat permasalahan pada paru-paru. Namun tentu pemeriksaannya tidak bisa spesifik. Berbeda halnya dengan rontgen khusus paru ini yang hasilnya bisa lebih spesifik tanpa melibatkan organ lain.

Biasanya rontgen paru ini dilakukan saat terjadi gangguan pneumothorax, emfisema, hingga gangguan paru lainnya. Satu kali foto rontgen paru butuh kisaran biaya Rp130.000,- hingga Rp170.000,-.

4. Rontgen Perut

Selanjutnya ada rontgen perut yang berguna untuk melihat beberapa permasalahan dalam organ perut seperti limpa, ginjal, pankreas, hati, empedu, dan lain-lain. Baik di rumah sakit maupun Puskesmas kini sudah menyediakan layanan rontgen jenis ini.

Namun perlu diperhatikan bahwa biaya tindakan rontgen di rumah sakit untuk bagian perut ini lebih mahal dibandingkan di Puskesmas. Hal ini bisa saja dipengaruhi oleh kualitas alat atau teknologi yang dibuat dan kecepatan hasil rontgen.

Untuk kisaran biaya x-ray perut di rumah sakit adalah antara Rp250.000,- hingga Rp900.000,-. Sedangkan rontgen perut di Puskesmas memakan biaya sekitar Rp30.000,- hingga Rp50.000,- saja.

5. Rontgen Kepala

Jika beberapa jenis rontgen umumnya hanya butuh biaya ratusan ribu, maka berbeda halnya dengan rontgen kepala yang terbilang paling mahal dibandingkan jenis rontgen lain. Pasalnya rontgen kepala bahkan bisa menghabiskan biaya hingga jutaan rupiah.

Di rumah sakit pada umumnya kisaran biaya rontgen kepala mencapai Rp3.000.000,- bahkan harga ini bisa lebih mahal lagi jika kasus permasalahannya juga lebih parah.

Adapun fungsi rontgen ini adalah untuk memahami permasalahan yang ada di organ kepala seperti wajah dan otak.

Baca Juga:  7 Cara Kredit HP Tanpa DP Adira 100% Pasti di ACC

6. Rontgen Thorax

Pemeriksaan rontgen thorax ini agak mirip dengan rontgen dada, namun fokusnya tentu berbeda. Pada rontgen thorax akan dilakukan pemeriksaan pada organ yang ada di dalam rongga dada seperti thorax dan tulang dada.

Rumah sakit dan prodia sudah menyediakan layanan rontgen thorax dengan kisaran harga yang berbeda. Di rumah sakit biaya tindakan rontgen ini sekitar Rp80.000,- hingga Rp300.000,-. Sedangkan biaya di prodia sekitar Rp278.000,- hingga Rp400.000,-.

7. Rontgen Tulang

Rontgen tulang bisa dilakukan di bagian tubuh mana saja karena pada dasarnya tubuh ini dilindungi oleh tulang secara keseluruhan.

Nantinya biaya tindakan rontgen tulang bisa berbeda-beda tergantung bagian tulang mana yang ingin dirontgen. Secara umum di rumah sakit biaya rontgen tulang ini mulai dari Rp200.000,-.

8. Rontgen Tangan

Gangguan organ tangan memang biasanya tidak jauh dari kasus permasalahan tulang. Namun untuk lebih spesifik mengetahui masalah tangan, bisa menggunakan rontgen tangan khusus. Rontgen ini di beberapa rumah sakit dibanderol mulai Rp200.000,- hingga Rp320.000,- atau lebih.

9. Rontgen Kaki

Secara garis besar kegunaan rontgen ini sama persis dengan rontgen tangan. Hanya saja fokusnya ada pada organ kaki. Kisaran biaya ini juga sama seperti rontgen tangan, yakni berkisar antara Rp200.000,- hingga Rp320.000,-. Tarif ini bisa lebih mahal sesuai kondisi.

10. Rontgen Pinggang

Jika dibandingkan dengan rontgen jenis lain, rontgen pada organ pinggang ini umumnya sangat terjangkau. Biaya yang dibanderol sekitar Rp83.000,- saja. Tindakan rontgen pinggang ini umumnya dilakukan apabila pasien mengalami nyeri luar biasa di bagian pinggang.

Nantinya setelah dilakukan rontgen biasanya akan diperoleh hasil penyakit tulang pada bagian pinggang, contohnya seperti arthritis.

Tarif Rontgen Berdasarkan Beberapa Tempat

Memang umumnya setiap tempat medis pasti punya kebijakan masing-masing yang juga mempengaruhi harga atau tarif pemeriksaan di dalamnya. Termasuk pada tindakan rontgen, biaya yang dibandrol setiap tempat berbeda-beda. Ada beberapa tempat yang memberikan kisaran harga berbeda diantaranya seperti:

Baca Juga:  7 Biaya Cabut Gigi 2024 di Semua Klinik dan Rumah Sakit

1. Bio Medika

Bio Medika termasuk salah satu tempat medis yang menyediakan berbagai jenis layanan radiologi. Biaya yang rontgen yang juga bagian dari radiologi ini dibandrol oleh Bio Medika sesuai dengan kualitas tindakan yang diberikan.

Secara umum Bio Medika memberikan tarif sekali rontgen dengan kisaran Rp200.000,- hingga Rp1.000.000,-.

2. Pramita Lab

Klinik Pramita Lab selalu berusaha memberikan layanan medis terbaiknya. Untuk utu tak mau kalah dengan klinik lain, Pramita Lab pun kini menyediakan layanan rontgen dengan tarif yang cukup terjangkau.

Biaya rontgen untuk sekali foto di Pramita Lab berkisar antara Rp200.000,- hingga Rp400.000,-. Untuk tindakan rontgen yang lebih rumit biasanya bisa memakan biaya yang lebih dari bandrol harga tersebut.

3. Prodia

Kualitas rontgen di Prodia bisa dibilang sangat baik karena sesuai dengan visa misinya yang ingin selalu mengedepankan kepentingan pasien. Biaya rontgen di Prodia pun cukup terjangkau, yakni sekitar Rp130.000,- hingga Rp330.000,-.

Tindakan rontgen memang sangat penting dilakukan untuk permasalahan kesehatan yang berkaitan dengan organ dalam. Jika tidak segera dilakukan, maka penanganan masalah kesehatan pun tidak bisa segera diselesaikan.

Dari ulasan di atas, biaya rontgen secara umum masih cukup terjangkau. Jadi jangan pernah takut untuk melakukan x-ray atau rontgen di rumah sakit, demi tindakan yang cepat dan tepat.

Baca Juga:

error: