Berapa Bunga Spinjam & SpayLater? Peminjam Wajib Tahu

Shopee Pinjam atau kerap disebut SPinjam merupakan salah satu produk pinjaman yang ditawarkan oleh Shopee, selain SPayLater atau sistem beli sekarang bayar nanti. Kedua layanan itu kini banyak digunakan karena bunga SPinjam & SPayLater tergolong rendah.

Saat ini, banyak masyarakat yang menggunakan kedua layanan Shopee tersebut, baik itu untuk keperluan belanja, pelunasan tagihan, ataupun berbagai kebutuhan akan dana darurat lainnya.

Apa Itu SPinjam dan SPayLater?

Shopee Pinjam atau kerap disebut SPinjam merupakan jenis layanan pinjaman dana online yang dikelola oleh PT. Lentera Dana Nusantara. Dalam hal ini, pihak Shopee bekerja sama dengan perusahaan tersebut sebagai pemberi dana.

SPinjam merupakan jenis layanan pinjaman dana online yang bisa dicairkan dalam bentuk tunai. Berbeda dengan SPayLater yang jumlah limitnya tidak bisa dicairkan dalam bentuk uang tunai.

Dengan begitu, penggunaan kedua jenis layanan tersebut tentunya juga berbeda, Anda bisa menggunakan SPinjam jika membutuhkan akan dana darurat dalam bentuk tunai. Sedangkan kebutuhan akan pembayaran ataupun tagihan bisa digunakan jenis SPayLater.

Meski memiliki sistem yang berbeda, kedua layanan tersebut dikelola oleh pihak dan perusahaan yang sama. Dengan begitu, bunga SPinjam & SPayLater yang ditetapkan dan beberapa syarat lainnya juga tidak jauh berbeda.

Cara Mendaftar SPinjam

Berikut di bawah ini ialah langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mendaftar atau mengajukan pinjaman melalui SPinjam:

1. Buka Aplikasi Shopee

Langkah pertama yang harus dilakukan yakni membuka aplikasi Shopee, lalu klik pada tab saya dan pilih menu Shopee Pinjam. Setelah itu, Anda bisa klik Aktifkan Sekarang.

Baca juga:  Cara Pinjam Uang di Kredit Pintar 10 Menit Cair

2. Memasukkan Nomor Telepon

Langkah selanjutnya yakni memasukkan nomor telepon dan menunggu kode OTP yang akan dikirimkan. Setelah itu, Anda biasanya juga akan diminta nomor telepon lain sebagai kontak darurat.

3. Lakukan Verifikasi Wajah

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan setelah memasukkan kode OTP ialah melakukan verifikasi wajah. Pastikan wajah Anda terlihat dengan jelas dan tidak blur di kamera karena verifikasi akan berhasil jika foto yang diambil telah jelas.

Setelah ke-3 langkah di atas terpenuhi, maka Anda sudah bisa memulai untuk mengajukan limit pinjaman SPinjam dengan beberapa persyaratan seperti melengkapi data diri, KTP, dan beberapa dokumen penting lainnya.

Berbeda dengan kebanyakan pinjaman online pada umumnya, SPinjam ini menetapkan pembatasan dalam setiap nasabahnya sehingga tidak setiap pengguna akun Shopee bisa menikmati layanan ini.

Pada umumnya, pengguna yang terpilih ialah mereka yang kerap bertransaksi di aplikasi Shopee akan lebih diutamakan untuk mendapatkan limit. Adapun jumlah limit yang ditetapkan untuk penjual ialah Rp5.000.000 sedangkan untuk pembeli sebesar Rp3.000.000.

Perbedaan limit di setiap akun didasarkan pada perhitungan pihak Shopee berdasarkan profil pengguna dan besaran risiko yang mungkin bermunculan. Selanjutnya, mengenai besaran denda yang ditetapkan sebesar 5% dari jumlah cicilan.

Cara Mendaftar SPayLater

Berbicara mengenai cara pendaftaran, SPinjam dan SPayLater pada dasarnya tidak jauh berbeda. Keduanya sama-sama bisa diakses melalui tab menu saya pada aplikasi Shopee.

Langkah pertama yakni membuka menu SPayLater, lalu dilanjutkan dengan memasukkan nomor telepon dan melakukan verifikasi wajah bersama dengan KTP. Setelah itu, tunggu beberapa saat sampai Shopee menyetujui limit yang diajukan.

Ketika limit sudah disetujui, maka berbagai fitur sudah bisa Anda gunakan seperti misalnya memilih plafon pinjaman mulai dari Rp500.000 sampai dengan Rp15.000.000 dengan berbagai tenor mulai dari 1, 2, 3, 6, sampai dengan 12 bulan.

Baca juga:  8 DC Pinjol Apa Saja yang Datang ke Rumah

Selain itu, Anda juga diberi kesempatan untuk memilih tanggal jatuh tempo mulai dari tanggal 5, 11, dan 25 untuk setiap bulannya. Nantinya, Anda juga berkesempatan untuk menaikkan limit pinjaman ketika track record atau rekam jejak pelunasan Anda terhitung cukup baik.

Anda bisa menggunakan SPayLater dalam berbagai jenis transaksi yang tersedia di aplikasi Shopee, terkecuali pembayaran zakat, pembelian produk voucher, emas dan uang elektronik.

Perhitungan Bunga SPinjam & SPayLater

Shopee Pinjam atau SPinjam menetapkan bunga sebesar 2,45% untuk setiap bulannya. Selain suku bunga, mereka juga menetapkan biaya penangan untuk setiap transaksi sebesar 3% dari total transaksi yang dilakukan.

Sedangkan untuk SPayLater ditetapkan bunga sebesar 2,95% yang terhitung sejak 28 April 2020 dengan biaya layanan sebesar 1% dari jumlah transaksi yang dilakukan.

Mengenai biaya keterlambatan besarannya sama dengan SPinjam yakni sebesar 5% dari total pembayaran.

Itulah besaran bunga untuk SPinjam & SPayLater yang bisa Anda perhatikan. Pada dasarnya kedua layanan tersebut memiliki besaran bunga yang tidak jauh berbeda yakni sama-sama berada dibawah 3% untuk setiap bulannya.

Dengan begitu, bunga SPinjam & SPayLater dinilai cukup rendah dibandingkan pinjaman lain dengan tenor waktu yang beragam. Dalam hal ini, denda keterlambatan justru lebih besar dibandingkan bunga sehingga Anda bisa memperhatikan dengan baik.

Keuntungan SPinjam dan SPayLater

Selain bunga SPinjam & SPayLater yang tergolong cukup rendah, terdapat pula keuntungan lain yang nantinya bisa Anda rasakan ketika menggunakan kedua layanan ini. Adapun beberapa di antaranya ialah:

1. Proses Pengajuan yang Mudah dan Cepat

Keuntungan pertama yang bisa Anda rasakan yakni memperoleh kemudahan dalam pendaftaran, pengajuan dana, sampai dengan pencairan untuk layanan SPinjam.

Dalam hal ini, segala proses cukup dilakukan melalui aplikasi Shopee tanpa harus melakukan verifikasi atau antri lama layaknya mengajukan pinjaman di Bank. Prosesnya juga tergolong sangat cepat.

Baca juga:  7 Resiko Telat Bayar Shopee Paylater dan Shopee Pinjam

Dengan begitu, sangat cocok digunakan ketika Anda membutuhkan dana darurat atau pembayaran dan tagihan dalam waktu yang singkat.

2. Tenor Cicilan Panjang

Keuntungan selanjutnya yakni adanya tenor cicilan yang panjang. Bahkan, Anda diberikan kesempatan untuk menentukan tenor sendiri mulai dari yang paling singkat yakni 30 hari sampai dengan jangka menengah seperti 3 dan 6 bulan.

Dalam tenor waktu tersebut, besaran bunga SPinjam & SPayLater yang ditetapkan tergolong cukup ringan yang tidak terlalu memberatkan jika dibandingkan dengan fintech lainnya.

3. Metode Pembayaran yang Tersedia Cukup Beragam

Mengenai metode pembayaran yang tersedia dari kedua jenis layanan pinjaman Shopee ini tergolong cukup beragam.

Anda bisa melalui internet m-banking, ATM, Indomaret, Alfamart, ataupun melalui beberapa e-money lainnya yang bekerja sama sebagai metode pembayaran resmi dari Shopee.

4. Telah Memiliki Izin dan Pengawasan dari OJK

Keuntungan terakhir yakni adanya jaminan keamanan dari pihak terkait sehingga Anda tidak perlu khawatir atau ragu akan berbagai jenis tindakan kejahatan dan penipuan.

Layanan SPinjam dan SPayLater juga bisa memberikan jaminan berupa keamanan dan kerahasiaan terhadap data pribadi setiap penggunannya.

Itulah beberapa keuntungan yang nantinya akan diperoleh ketika menggunakan layanan SPinjam ataupun SPayLater. Bahkan, tidak menutup kemungkinan juga akan terjadi penambahan limit ketika Anda kerap bertransaksi menggunakan Shopee dan memiliki rekam jejak baik dalam pembayaran.

Beberapa informasi di atas tidak hanya bermanfaat untuk menambah informasi akan cara mendaftar, bunga SPinjam & SPayLater, denda serta keuntungan yang diperoleh oleh penggunannya. Nantinya, juga bisa Anda gunakan sebagai pertimbangan sebelum mengajukan dana pinjaman.

Baca Juga:

error:
close