9 Cara Pinjam Uang di Shopee Pinjam 10 Menit Cair

Sedang membutuhkan dana yang bisa cair dengan mudah dan cepat? Anda bisa memanfaatkan layanan pinjam uang yang disediakan oleh Shopee. Artikel ini akan menjelaskan cara pinjam uang di Shopee menggunakan layanan Shopee Pinjam (SPinjam).

Shopee Pinjam memberi kemudahan bagi pemilik akun Shopee untuk meminjam uang secara tunai. Proses pengajuannya tidak ribet dan uang bisa cair dalam tempo yang singkat. Jika Anda tertarik dengan layanan Shopee Pinjam, silahkan simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Apa Itu Shopee Pinjam?

Pinjam Uang di Shopee Pinjam

Shopee Pinjam atau SPinjam adalah layanan kredit atau peminjaman uang tunai melalui platform marketplace Shopee. Shopee Pinjam melibatkan kerjasama antara Shopee sebagai penyedia tempat dengan perusahaan fintek, PT. Lentera Dana Nusantara sebagai penyedia dana.

Kerja sama seperti ini terbukti memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak. Perusahahinan fintek memperoleh untung karena layanannya tampil di marketplace yang sangat populer sega memberikan peluang dalam peningkatan permintaan peminjaman.

Bagi Shopee, adanya pinjam uang di Shopee Pinjam menguntungkan karena menyebabkan makin banyak fitur layanan yang ditawarkan.

Hal ini akan menaikkan popularitas, meningkatkan kepercayaan, dan menarik minat orang dalam jumlah yang banyak untuk menjadi pengguna Shopee. Disebabkan adanya afiliasi ini, maka Anda harus memiliki akun Shopee agar bisa mengaktifkan layanan layanan Shopee Pinjam.

Setelah memiliki akun di Shopee, lantas bagaimana cara melakukan aktivasi Shopee Pinjam?

Mengaktifkan Shopee Pinjam dan Cara Pinjam Uang di Shopee Pinjam

Cara Pinjam Uang Di Shopee

Pemilik akun yang telah mengaktifkan SPinjam dapat langsung melakukan cara pinjam uang di Shopee. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk aktivasi dan meminjam uang melalui Shopee Pinjam:

Baca juga:  8 Aplikasi Pinjaman Online Bayar Bulanan Bunga Rendah

1. Cara Mengaktifkan Shopee Pinjam

Shopee Pinjam sebenarnya merupakan fitur tambahan dari layanan yang telah dimiliki sebelumnya, yaitu Shopee PayLater. Anda yang aktif menggunakan Shopee PayLater biasanya akan langsung mendapatkan undangan aktivasi Shopee Pinjam.

Inilah langkah-langkah mengaktifkan Shopee Pinjam:

  • Siapkan persyaratan untuk aktivasi, seperti rekening bank, dan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Siapkan juga nomor telepon seluler milik Anda dan nomor telepon lain yang bisa dihubungi dalam kondisi darurat.
  • Masuk ke akun Shopee.
  • Pilih menu pilihan Saya.
  • Klik menu SPinjam.
  • Lanjutkan dengan menekan bilah Aktifkan Sekarang.
  • Masukan kode OTP verifikasi, kemudian tekan Lanjut.
  • Apabila Anda adalah pengguna Shopee PayLater, harap periksa kembali nama yang tertulis karena harus sesuai dengan KTP. Namun, jika bukan pengguna Shopee PayLater, lanjutkan proses pengajuan aktivasi dengan mengunggah foto KTP.
  • Tekan menu Informasi Tambahan. Setelah memasukkan informasi sesuai KTP pastikan untuk mengeceknya sekali lagi sebelum mengakhiri pengisian data dengan menekan menu Konfirmasi. Menulis nomor telepon seluler bukan diawali dengan angka 0, melainkan dengan angka +62.
  • Selanjutnya, lakukan verifikasi wajah. Klik Mulai Verifikasi Wajah lalu arahkan wajah pada bingkai yang tampil pada layar. Lakukan verifikasi wajah sesuai petunjuk. Agar langkah ini berhasil, lakukan di tempat dengan kondisi cahaya yang baik.
  • Verifikasi wajah tidak berhasil jika muncul pemberitahuan Sistem Error. Silakan coba lagi atau lakukan pembaruan Google Play Service. Pastikan Anda memiliki sambungan internet yang baik.
  • Setelah proses verifikasi wajah dinyatakan berhasil, Anda akan mendapat pemberitahuan yang menyatakan bahwa aktivasi SPinjam sedang diproses.
  • Apabila pengajuan aktivasi SPinjam disetujui, pihak Shopee akan memberikan notifikasi yang berisi Shopee Pinjam telah diaktifkan. Bersama dengan notifikasi ini, akan muncul juga keterangan mengenai limit pinjaman yang bisa Anda dapatkan.

2. Cara Pinjam Uang di Shopee Pinjam

Setelah melakukan aktivasi SPinjam, maka Anda bisa langsung melakukan pengajuan pinjaman dana pada fitur ini. Inilah langkah-langkah pengajuannya:

  • Bukalah aplikasi Shopee menggunakan akun Anda.
  • Masuk ke menu Saya kemudian lanjutkan dengan mengklik menu SPinjam.
  • Pilihlah menu Ajukan.
  • Silakan tentukan besarnya uang yang hendak dipinjam dengan mengklik Jumlah Pinjaman lalu geser toggle sesuai nominal yang dikehendaki.
  • Klik Durasi Pinjaman untuk menentukan berapa lama Anda akan mengangsur pinjaman tersebut.
  • Pilih menu Rekening Bank/Tambahkan Rekening Bank. Menu ini berfungsi untuk menentukan pilihan bank yang hendak digunakan untuk menerima dana dari SPinjam. Masukkan nama dan nomor rekening bank milik Anda kemudian klik Lanjutkan.
  • Akhiri proses dengan menekan menu Ajukan Sekarang dan memasukkan nomor PIN ShopeePay.
  • Ketika disetujui, Anda akan menerima notifikasi bahwa pengajuan pinjaman telah berhasil dan dana akan ditransfer ke rekening bank. Jika menggunakan bank yang sudah terverifikasi, seperti BCA, BRI, dan Mandiri, maka transfer akan langsung dilakukan.
  • Namun, untuk bank yang belum terverifikasi seperti BNI, proses transfer harus menunggu dengan durasi maksimal dua hari kerja. Sebelum melakukan aktivasi dan cara pinjam uang di Shopee Pinjam, ada baiknya untuk mengetahui kelebihan dari fitur ini.
Baca juga:  8 Pinjaman Tanpa Agunan Semarang Terbaru 2022

Kelebihan dan Kekurangan Shopee Pinjam

Terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu Anda ketahui dari layanan SPinjam. Hal ini bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum memutuskan untuk menggunakan layanan ini.

1. Kelebihan Shopee Pinjam

Shopee Pinjam bisa menjadi solusi untuk penyediaan dana secara cepat. Inilah sederet kelebihannya:

  • Proses aktivasi dan verifikasi yang cepat karena prosedurnya singkat dan tidak bertele-tele.
  • Begitu berhasil melakukan aktivasi, pemilik akun bisa langsung mengajukan pinjaman.
  • Pinjaman atau kredit akan langsung ditransfer ke rekening bank yang telah terverifikasi, seperti BCA, BRI, dan Mandiri. Jika menggunakan bank yang belum terverifikasi, maka proses transfer juga hanya menunggu sebentar saja, maksimal dua hari kerja.
  • SPinjam menawarkan cicilan dengan durasi 2, 3, 6, dan 12 bulan.
  • Suku bunga pinjaman yang diterapkan SPinjam masih wajar dan tidak memberatkan. Shopee Pinjam menawarkan pinjaman dengan bunga mulai dari 2,45% per bulan.
  • Biaya penanganan sangat murah, yaitu hanya sekitar 3% untuk setiap transaksi peminjaman dana.
  • Besarnya pinjaman untuk pembeli bisa sampai 3 juta rupiah, sedangkan untuk penjual hingga 15 juta rupiah.
Baca juga:  Telat Bayar SPinjam dan SPayLater Bisa Pinjam Lagi?

2. Kekurangan Shopee Pinjam

Di balik berbagai keuntungannya, cara pinjam uang di Shopee juga memiliki kekurangan. Fitur ini tidak bisa digunakan oleh semua pengguna Shopee. Jadi, Shopee Pinjam hanya dapat diaktifkan oleh pengguna yang dipilih oleh manajemen Shopee.

Apabila Anda adalah pengguna terpilih, maka bisa mengaktifkan Shopee Pinjam melalui undangan dari pihak Shopee. Bagaimana cara mengetahui kalau mendapat undangan dari Shopee? Ketika masuk ke menu Saya pada aplikasi Shopee, maka akan muncul menu baru Shopee Pinjam.

Meski belum terpilih untuk melakukan aktivasi SPinjam, jangan khawatir karena ada cara untuk menyiasatinya. Tingkatkan reputasi Anda di mata manajemen Shopee dengan melakukan pembelanjaan secara lebih intens. Selain itu, lakukan aktivasi dan gunakan fitur Shopee PayLater.

Jika Anda sudah melakukan kedua hal tersebut di atas, maka biarkan Shopee bekerja untuk mengevaluasi akun, apakah layak mendapatkan fitur Shopee Pinjam. Apabila dirasa layak, selanjutnya pihak Shopee akan mengirimkan penawaran khusus berupa undangan aktivasi SPinjam.

Meski cara pinjam uang di Shopee Pinjam tergolong mudah, cepat, dan aman, namun jangan sampai membuat Anda terjebak dalam pinjaman online. Manfaatkan fitur ini sesuai kebutuhan dan kemampuan melakukan pembayaran agar tidak menimbulkan masalah keuangan baru bagi Anda.

Baca Juga:

error:
close