Jam Besuk RSUD Tidar Magelang Terkini 2024 Senin-Minggu

Beben.id – RSUD Tidar adalah rumah sakit daerah di Kota Magelang yang menjadi tempat rujukan sebagian besar masyarakat. Karena banyaknya pasien yang berasal dari daerah sekitar, maka perlu diatur mengenai jam besuk RSUD Tidar Magelang.

Jam besuk pasien di RSUD Tidar Magelang dibuat oleh managemen demi kepentingan bersama. Jika tidak dibatasi, bisa saja orang berkunjung setiap saat ke rumah sakit dan itu pastinya dapat mengganggu ketenangan dan istirahat pasien.

Demi menjaga kondisi yang kondusif bagi pengobatan pasien, jadwal besuk RSUD Tidar wajib ditaati oleh siapa saja tanpa terkecuali. Setiap orang yang hendak menengok pasien rawat jalan di rumah sakit tersebut harus menaati jam besuk yang telah ditetapkan.

Sejarah dan Profil Singkat RSUD Tidar Magelang

Dengan mengusung motto “Mitra Menuju Sehat”, RSUD Tidar Magelang senantiasa melayani keperluan medis masyarakat yang membutuhkannya. Rumah sakit negeri di Magelang tersebut telah dilengkapi dengan layanan medis yang cukup banyak.

Rumah sakit daerah di Magelang tersebut sudah ada sejak era penjajahan Belanda. Dulunya dimiliki oleh yayasan milik Belanda bernama Zending. Pada tanggal 26 Mei 1932, diresmikan sebagai rumah sakit dengan pimpinan dokter dari Belanda bernama G.J Dreckmelers.

Baca Juga:  5 Cara Bayar Pegadaian di Indomaret Terdekat 2024

Ketika Jepang datang ke Indonesia, rumah sakit tersebut diambil alih kepemilikannya dari Belanda, sekitar 1 tahun lamanya. Setelah Indonesia merdeka dan Proklamasi dibacakan maka rumah sakit tersebut resmi beralh kepemilikannya oleh Pemerintah Kotapraja Magelang.

Kemudian pada tahun 1983 menjadi rumah sakit kelas C, selanjutnya melalui ketetapan pemerintah maka rumah sakit memiliki status sebagai fasilitas kesehatan swadana Pemerintah Kodya Magelang. Sejak tahun 1992, statusnya telah meningkat yaitu menjadi rumah sakit kelas B hingga sekarang.

Alamat dan Kontak Terbaru

  • Alamat: Jalan Tidar Nomor 30A, Kemirirejo, Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah, Kodepos 56125
  • Nomor Telepon: 0293 362260
  • Website: rsutidar.magelangkota.go.id
  • Instagram: @rsutidarmagelang

Jam Besuk RSUD Tidar Magelang

Kapan kita dapat datang ke rumah sakit untuk mengunjungi pasien rawat inap disana? Managemen telah membuat aturan yang jelas mengenai jam besuk RSUD Tidar Magelang. Perhatikan jadwalnya sebagai berikut :

  • Setiap hari Senin-Sabtu, jam besuk hanya sore saja jam 16.00 – 18.00 WIB
  • Siang hari, khusus hari Minggu jam 11.00 – 12.00 WIB dan jam 16.00 – 18.00 WIB.

Fasilitas di RSUD Tidar Magelang

Statusnya sebagai rumah sakit tipe B membawa konsekuensi pada penyediaan fasilitas medis dan penunjang pada RS Tidar Magelang. Fasilitas medis di RSUD Tidar Magelang dapat diakses oleh seluruh masyarakat yang membutuhkan.

Apa saja fasilitas pada RSUD Tidar Magelang? Inilah beberapa diantaranya.

1. Poli Rawat Jalan

Bagi pasien rawat jalan tidak perlu memperhatikan jam besuk RSUD Tidar Magelang karena pelayanan kssehatan akan diberikan sesuai dengan jadwal dokter masing-masing. Poli rawat jalan di RSUD Tidar sudah cukup lengkap seperti poli spesialis anak, THT, kulit dan kelamin serta mata.

Baca Juga:  Jam Besuk RSUD Ketileng Semarang Setiap Hari Terbaru 2024

Di RSUD Tidar juga terdapat poli bedah urologi, bedah umum, bedah anak dan juga bedah tulang. Bukan hanya itu saja, pasien yang membutuhkan layanan kejiwaan juga dapat dilayani oleh dokter spesialis bidang tersebut.

2. Rawat Inap

Jam besuk yang ditetapkan oleh managemen rumah sakit khususnya memang ditujukan bagi siapa saja yang ingin menengok pasien rawat inap. Demi kenyamanan pasien, tersedia beberapa tipe kamar dengan fasilitas yang berbeda, yaitu :

  • Ruang perawatan kelas 1
  • Ruang perawatan kelas 2
  • Ruang perawatan kelas 3
  • Ruang perawatan VIP
  • Ruang perawatan VIP 1

Fasilitas dalam kamar menyesuaikan dengan kelasnya, misalnya VIP 1 ada kulkas, sofa untuk penunggu pasien, ruangan AC, kamar mandi didalam dan lain sebagainya.

3. Perawatan Intensif

Bagi pasien yang membutuhkan perawatan khusus dengan kondisi tertentu, disediakan ruang perawatan intensif. Ruang perawatan intensif RSUD Tidar digunakan untuk pasien-pasien dengan penyakit tertentu seperti stroke, ruang ICU dan ICCU serta PICU dan NICU.

4. Fasilitas Penunjang

Pasien membutuhkan fasilitas penunjang untuk mengetahui jenis penyakit dan membantu pengobatannya. Begittu juga di RSUD Tidar, fasilitas penunjang medis disediakan demi membantu dokter memberikan penanganan yang tepat kepada setiap pasien.

Fasilitas penunjang yang dimaksud yaitu laboratorium yang terdiri dari patologi dan bank darah, lalu ada poli untuk hemodialisa atau cuci darah, radiologi, ruang bedah sentral, farmasi, rehabilitasi medis dan lainnya.

Baca Juga:  Biaya Operasi Patah Tulang 2024 Pakai BPJS/Non BPJS

5. Instalasi Gawat Darurat (UGD)

Tanpa harus menaati jam besuk pasien RSUD Tidar Magelang, masyarakat yang membutuhkan tindakan medis segera bisa menuju instalasi gawat darurat atau UGD. Layanan UGD RS Tidar dibuka selama 24 jam penuh setiap hari, dengan dokter-dokter yang kompeten.

6. Rumah Sakit Rujukan

RSUD Tidar Magelang menjadi rumah sakit rujukan yang dapat diakses oleh masyarakat untuk mendapatkan pengobatan bagi penyakitnya. Statusnya adalah sebagai rumah sakit rujukan regional dengan pelaksanaan sesuai prosedur yang sudah ditetapkan.

Masyarakat yang membutuhkan rujukan dari RSUD Tidar harus mengikuti alur prosedural yang ada. Untuk memudahkan masyarakat, RSUD Tidar sudah menerapkan sistem yang terintegrasi dalam alur prosedural rujukan.

Penerapan jam besuk RSUD Tidar Magelang tidak hanya demi menjaga keamanan di area rumah sakit saja. Lebih dari itu, jam besuk diatur supaya pasien tidak terganggu oleh kunjungan dari luar sehingga bisa cepat sembuh dan pulih.

error: