Jam Besuk RSUD Wonogiri dr. Soediran Mangun Sumarso 2024

Beben.id – Seperti rumah sakit pada umumnya, managemen RSUD Wonogiri Jawa Tengah juga memiliki aturan tentang jam besuk pasien. Jam besuk RSUD Wonogiri diatur sedemikian rupa supaya tidak mengganggu penyembuhan pasien rawat inap.

Siapa saja wajib menaati jam kunjungan pasien RSUD Wonogiri tersebut meskipun itu keluarga, kecuali memang yang menunggu pasien. Jam besuk di RSUD Wonogiri ditetapkan dengan tujuan supaya orang tidak sembarangan keluar masuk area rumah sakit.

Pengaturan jam besuk juga bertujuan untuk menciptakan kondisi yang nyaman bagi pasien agar proses pengobatannya dapat lebih optimal. Kondisi yang tenang diharapkan dapat membantu pasien supaya lebih cepat sembuh dan pulih dari penyakitnya.

Jam Besuk RSUD Wonogiri

Demi menjaga dan menciptakan kondisi yang kondusif, tenang, aman dan nyaman bagi pasien, maka perlu diatur mengenai jam kunjungan. Jam besuk RSUD Wonogiri.dibuka setiap hari dengan jadwal yaitu :

  • Pagi/ siang mulai pukul 11.00 WIB – 13.00 WIB
  • Sore pada jam 16.00 WIB – 18.00 WIB.

Sejarah dan Profil Singkat RSUD Wonogiri

Hampir sama dengan kebanyakan rumah sakit daerah di Indonesia, RSUD Wonogiri tadinya juga merupakan bangunan milik pemerintah Belanda pada masa penjajahan. Lokasinya berada di Desa Sanggrahan, Kecamatan Giripurwo, Wonogiri.

Baca Juga:  Biaya Operasi Lipoma 2024 Pakai BPJS dan Tanpa BPJS

Secara de facto, pemerintah setempat pada saat itu yaitu Parentah Kraton Mangkunegoro, ikut menjadi pengelola rumah sakit. Setelah memasuki tahun 1950 akhir, pengelolaan rumah sakit diserahkan kepada Pemerintah Otonom Tk II Wonogiri.

Lokasi di Desa Sanggrahan dirasa kurang memadai untuk rumah sakit sehingga wacana pemindahan bergulir. Pada tahun 1955, rumah sakit dipindahkan dari Sanggrahan ke lokasi baru yaitu di Joho Lor, Kecamatan Giriwono.

Sekarang tempat tersebut memiliki alamat yaitu Jalan Achmad Yani no 40 dan berdiri hingga saat ini. RSUD Wonogiri mendapatkan izin operasional pada tahun 1956 dan kini menjadi rumah sakit dengan klasifikasi tipe B serta telah meraih beberapa penghargaan bidang kesehatan.

Alamat dan Kontak Terbaru

  • Alamat: Jalan Jenderal Ahmad Yani Nomor 40, Kec. Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, Kodepos 57612
  • Nomor Telepon: 0273 321008
  • Website: rsudsoediranms.go.id

Fasilitas di RSUD Wonogiri

Dengan visi “Mewujudkan Wonogiri yang Maju, Mandiri dan Sejahtrera”, managemen rumah sakit terus berbenah agar dapat memberikan pelayanan yang profesional kepada masyarakat luas. Untuk mencapai visi tersebut tentunya dibutuhkan fasilitas medis dan penunjang yang lengkap.

RSUD Wonogiri dr. Soediran Mangun Sumarso, begitu sebutannya, telah menyediakan berbagai fasilitas medis maupun penunjang untuk dimanfaatkan oleh masyarakat luas. Adapun fasilitas yang dimaksud terdiri dari :

1. Instalasi Rawat Jalan

Instalasi rawat jalan RSUD Wonogiri melaksanakan tugas untuk melakukan observasi, diagnosa, pengobatan dan rehabilitasi medis sesuai kebutuhan pasien. Instalasi rawat jalan juga  memberikan pelayanan kesehatan lainnya yang tidak membutuhkan rawat inap.

Baca Juga:  4 Kredit Motor Tanpa BI Checking Tanpa Survey

Layanan kesehatan tersebut dilakukan oleh para dokter profesional melalui berbagai kliink seperti klinik anak, kandungan dan kebidanan, penyakit dalam, bedah, THT, mata, gigi, kesehan jiwa, poli umum dan masih banyak lagi.

2. Instalasi Rawat Inap

Jam besuk RSUD Wonogiri berlaku pada siapa saja yang ingin menengok pasien rawat inap. Pasien rawat inap akan mendapatkan perawatan intensif sesuai dengan penyakitnya oleh dokter yang kompeten.

Pasien dapat memilih ruang perawatan yang diinginkannya atau sesuai dengan kemampuan. Pihak rumah sakit telah menyediakan ruang perawatan kelas 1-3, VIP, ruang anak, ruang kebidanan, ruang perawatan dewasa dan juga ruang perawatan intensif.

3. Instalasi Gawat Darurat atau UGD

Masyarakat yang membutuhkan tindakan segera dapat mengakses layanan gawat darurat di RSUD Wonogiri. UGD RSUD Wonogiri buka selama 24 jam setiap hari dengan dokter jaga yang kompeten agar masyarakat bisa segera mendapatkan pertolongan yang diperlukan.

Pelayanan di UGD meliputi penyediaan ambulance untuk pasien, radiologi, bedah minor, ruang observasi, ruang tindakan dan juga tim penanggulangan bencana. Untuk kondisi gawat darurat silakan langsung datang ke UGD RSUD Wonogiri.

4. Layanan Unggulan

Berdasarkan Keputusan Diretur RSUD Wonogiri nomor 92 tahun 2018, demi mencapai pelayanan yang paripurna kepada masyarakat, rumah sakit membuka layanan unggulan. Layanan unggulan tersebut sangat memperhatikan kualitas serta dilaksanakan dengan prima.

Baca Juga:  8 Cara Cek Angsuran Mandiri Utama Finance 2024

Layanan unggulan di RSUD Wonogiri diharapkan mampu memberikan pelayanan kesehatan paripurna kepada pasien. Layanan unggulan yang dimaksud terdiri dari poli urologi, poli traumatologi dan PONEK.

5. Fasilitas Penunjang Lainnya

Pelayanan yang paripurna tidak mungkin bisa diwujudkan hanya dengan fasilitas medis saja tanpa adanya fasilitas penunjang yang lainnya. Oleh sebab itu,disamping fasilitas medis, rumah sakit juga menyediakan fasilitas penunjang medis yang dibutuhkan pasien.

Fasilitas penunjang medis di RSUD Wonogiri terdiri dari layanan radiologi, gizi, farmasi, laboratorium, rehabilitasi medis, bank darah, pemeliharaan SAPRAS hingga layanan laundry yang terdiri dari laundry desinfektan dan penghilang noda darah.

Sebagai rumah sakit yang ingin memberikan pelayanan profesional dan paripurna kepada pasien, RSUD Wonogiri mengatur tentang jam besuk pasien. Jam besuk RSUD Wonogiri dibagi menjadi dua sesi yaitu siang dan sore hari, dan harus ditaati oleh siapa saja yang akan menengok pasien.

error: