8 Kelebihan dan Kekurangan Bank BTN Terbaru 2024

Beben.id – Sebelum memilih produk finansial yang ditawarkan, kamu tentu harus memahami apa saja kelebihan dan kekurangan Bank BTN. Hal tersebut bisa menjadi bahan pertimbangan sehingga bisa memilih layanan perbankan yang sesuai dengan kebutuhan.

Dengan melakukan pertimbangan yang tepat, transaksi bisa lebih mudah untuk dilakukan. Apabila memahami kelemahannya, nasabah bisa mencari alternatif cara agar dapat mencegah berbagai hal yang tidak diinginkan. Kelancaran bertransaksi tentu berkaitan erat dengan pertimbangan yang dilakukan.

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Bank BTN

Setiap lembaga perbankan tentu memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda. Saat ini ada banyak sekali bank yang beroperasi di Indonesia dengan menyediakan fasilitas dan pilihan produk layanan yang berbeda.

Hal ini tentu akan memberikan keuntungan bagi nasabah dengan cara yang berbeda. Ketahui beberapa kelebihan dan kekurangan Bank BTN dengan memperhatikan uraiannya sebagai berikut.

1. Daftar Kelebihan Bank BTN

Jika dikelompokkan atas kepemilikannya, ada dua jenis bank yang ada di Indonesia, yaitu milik pemerintah dan milik swasta. Bank BTN merupakan bank milik pemerintah yang banyak diminati. Seperti apa kelebihan yang dimilikinya, berikut informasinya.

a. Memiliki Citra Perusahaan yang Bagus

Sudah sejak 46 tahun silam, Bank BTN dengan resmi berkontribusi pada sistem perbankan dengan menghadirkan berbagai layanan. Hal tersebut bisa dilihat dengan adanya produk perbankan konvensional yang semakin inovatif.

Salah satu yang paling populer adalah KPR. Melalui kontribusi yang dilakukannya, bank BTN telah menerima banyak penghargaan.

Hal ini memberikan bukti bahwa layanan yang tersedia dapat bersaing dengan produk bank lainnya sehingga tentunya dapat senantiasa memenuhi kebutuhan para nasabah secara optimal.

Baca Juga:  3 Cara Setor Tunai BCA di Indomaret Terdekat 2024

Hal tersebut menjadi kelebihan Bank BTN dibandingkan bank lain yang membuat para nasabah menjadi percaya dan tertarik untuk terus aktif menggunakan layanan yang tersedia.

b. Jaringan Luas

Kelebihan dan kekurangan Bank BTN lainnya adalah memiliki jangkauan jaringan yang luas. Hal tersebut memungkinkan layanan perbankan dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat yang ada di wilayah Indonesia.

Meskipun jangkauannya cukup luas, namun jaringan teknologi yang digunakan seringkali tidak stabil sehingga layanan tidak bisa dinikmati secara optimal. Selain itu, kebanyakan kantor cabang hanya beroperasi di pusat kota dan beberapa wilayah tertentu saja.

Jadi untuk masyarakat yang berada di pelosok daerah harus melakukan perjalanan yang cukup jauh apabila ingin bertransaksi.

c. SDM Berkualitas

Bank BTN memiliki sumber daya manusia yang berkualitas sehingga mampu memberikan layanan yang optimal dan berkualitas.

Tim yang bertugas untuk melayani nasabah sudah diberikan pelatihan sehingga dapat menangani masalah keluhan maupun melakukan berbagai transaksi yang sesuai dengan kebutuhan nasabah.

SDM ramah dan memiliki integritas tinggi sehingga dengan senang hati akan memberikan layanan terbaik. Kekuatan SDM inilah yang menjadi andalan Bank BTN untuk memberikan kenyamanan bagi seluruh nasabah.

d. Sebagai Pelopor KPR

Bank BTN merupakan pelopor program KPR yang memungkinkan nasabah dapat memiliki rumah dengan sistem pembayaran cicilan ringan. Program ini secara resmi diberikan oleh pemerintah kepada Bank BTN selaku penyedia layanan secara resmi.

Hal tersebut membuat jumlah debitur mengalami peningkatan yang cukup signifikan setiap harinya sehingga secara efektif mampu membantu pertumbuhan angka DPK.

Salah satu syarat yang perlu dipenuhi oleh debitur yang ingin memanfaatkan layanan KPR harus membuka rekening tabungan di Bank BTN.

e. Berfokus Terhadap Segmen Konsumen Menengah ke Bawah

Bank BTN berfokus terhadap segmentasi konsumen menengah bawah sehingga seluruh masyarakat bisa menikmati dan memanfaatkan layanan perbankan guna memenuhi kebutuhannya.

Pilihan produk yang dihadirkan mampu memberikan fasilitas bagi masyarakat untuk mendapatkan layanan transaksi hingga kredit secara lebih mudah. Tujuan segmentasi ini adalah dapat menjangkau kalangan masyarakat yang lebih luas.

Baca Juga:  4 Cara Cek Bukti Transfer BRI Asli atau Palsu 2024

f. Suku Bunga Bersaing

Keunggulan Bank BTN dibanding bank lain adalah menawarkan suku bunga yang kompetitif. Berbagai produk terus dihadirkan untuk dapat memenuhi kebutuhan nasabah yang beragam.

Di antara yang paling unggulan adalah bunga untuk KPR. Melalui program kredit kepemilikan rumah ini, masyarakat bisa memiliki tempat tinggal dengan jumlah cicilan yang lebih terjangkau.

Selain itu, suku bunga untuk produk lainnya juga sangat bersaing sehingga mampu memberikan keuntungan besar bagi nasabah.

g. Menyediakan Berbagai Produk Andalan

Untuk dapat memenuhi kebutuhan para nasabah, setiap bank tentu memiliki produk unggulan yang ditawarkan. Diantaranya untuk produk tabungan tersedia Tabungan Batara.

Ada banyak sekali keuntungan yang ditawarkan oleh produk ini, terutama saat ini mengambil kredit. Selain itu, nasabah juga memiliki kesempatan untuk dapat memenangkan undian yang diadakan oleh pihak bank.

Ada juga produk Tabunganku untuk perorangannya. Setoran awal untuk memiliki rekening tabungan ini ringan dan ada sistem bunga harian yang mampu memberikan keuntungan besar bagi nasabah. Tidak hanya itu, masih banyak lagi produk lainnya yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan nasabah.

h. Fasilitas Layanan Online

Bank BTN menyediakan layanan online berupa Mobile dan Internet Banking yang dapat memberikan fleksibilitas tinggi bagi nasabah untuk melakukan transaksi.

Hal tersebut memungkinkan nasabah tidak perlu lagi repot pergi ke ATM maupun kantor cabang untuk dapat melakukan transaksi perbankan yang dibutuhkan.

Hanya perlu terhubung dengan layanan internet, berbagai transaksi seperti transfer, pembelian pulsa, dan lainnya dapat dilakukan secara mudah. Untuk menikmati layanan, nasabah bisa melakukan pendaftaran di kantor cabang terdekat.

2. Daftar Kekurangan Bank BTN

Selain memiliki banyak kelebihan, Bank BTN juga memiliki beberapa kekurangan. Hal tersebut tentu harus dipahami agar nasabah tidak merasa dirugikan ketika menggunakan layanan yang tersedia. Apa saja kekurangan yang perlu diketahui? Simak uraian berikut ini.

Baca Juga:  KTA Bank Mega 2024: Tabel, Syarat dan Angsuran

a. Fasilitas Mesin ATM Tidak Terlalu Banyak

Meskipun menyediakan banyak pilihan produk perbankan, namun sayangnya persebaran fasilitas mesin ATM Bank BTN masih sangat terbatas. Jadi nasabah bisa saja mengalami kendala ketika ingin melakukan transaksi.

Agar tidak mengalami hal tersebut, nasabah perlu mengetahui lokasi mesin ATM terdekat dengan baik. Alternatif lain yang bisa dilakukan adalah mendaftar layanan mobile banking untuk kemudahan transaksi.

b. Lokasi Kantor Kurang Strategis

Kantor cabang Bank BTN lokasinya bisa dikatakan tidak strategis. Hanya beberapa daerah saja yang memilikinya.

Hal ini dapat membuat nasabah kesulitan untuk menjangkau layanan yang tersedia dan mendatangi kantor cabang untuk berbagai keperluan transaksi. Untuk mengetahui daftar lokasi kantor cabang terdekat, kamu bisa mengunjungi situs resmi Bank BTN.

c. Layanan Tidak Konsisten

Komitmen Bank BTN untuk dapat memberikan service excellent untuk semua nasabah senantiasa selalu dioptimalkan. Namun, keterbatasan akses dan sistem membuat beberapa kendala bisa saja terjadi, di antaranya seperti jaringan offline dan lain sebagainya.

Hal tersebut membuat kualitas layanan yang diberikan tidak konsisten. Nasabah tidak perlu merasa khawatir, karena Bank BTN akan terus berupaya untuk dapat meningkatkan layanan yang diberikan sehingga mampu memberikan kenyamanan bagi seluruh nasabah.

Jika mengalami kendala, nasabah bisa mengakses layanan pengaduan untuk mendapatkan solusinya.

Dengan memahami kelebihan dan kekurangan Bank BTN secara mendetail, kamu bisa lebih mengenal produk dan layanan yang ditawarkan. Hal ini dapat menjadi bahan pertimbangan sebelum memilih lembaga perbankan yang digunakan agar dapat sesuai dan mendapatkan banyak keuntungan.

Baca Juga:

error: