5 Cara Mendapatkan mToken BTN dan cara Aktivasi


Beben.id – Inovasi terus dilakukan untuk dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi nasabah untuk melakukan berbagai transaksi. Cara mendapatkan mToken BTN harus diketahui agar nasabah bisa mengakses layanan Internet Banking sehingga dapat bertransaksi secara online dengan mudah.

mToken digunakan sebagai otentikasi bank yang mampu menghasilkan sebuah kode rahasia sehingga nasabah bisa melakukan transaksi finansial. Verifikasi perlu dilakukan agar transaksi melalui Internet Banking dapat dilakukan secara lancar tanpa kendala.

Apa itu mToken BTN?

Sebelum mengetahui cara mendapatkan mToken BTN, kamu tentu perlu memahami fungsinya terlebih dahulu. Hal ini memungkinkan nasabah bisa mengetahui sistem kerjanya dengan baik agar transaksi finansial yang dilakukan dapat berjalan lancar.

mToken adalah kode unik yang bersifat rahasia. Hanya nasabah berkaitan saja yang memiliki hak untuk mengetahuinya. Kode unik ini dibutuhkan dalam verifikasi transaksi yang dilakukan melalui Internet Banking. Kode tersebut berfungsi sebagai pengaman tambahan pada transaksi finansial yang dilakukan.

Untuk melanjutkan transaksi yang dilakukan, nasabah perlu memasukkan kode unik untuk keperluan verifikasi. Kode yang muncul memiliki keterbatasan waktu untuk dapat digunakan sehingga harus segera diverifikasi. Kombinasi kode yang diberikan akan berbeda untuk setiap transaksi sehingga lebih aman.

Jika masa berlaku telah habis, nasabah perlu mengulang transaksi yang dilakukan dari awal. mToken bisa digunakan untuk berbagai transaksi seperti pembayaran, cek saldo, pembelian, dan lain sebagainya yang dilakukan melalui Internet Banking.

Ketentuan Menggunakan mToken Bank BTN

Terdapat beberapa ketentuan yang perlu diketahui sebelum menggunakan mToken. Cara mendapatkan kode mToken BTN bisa diterapkan dengan baik apabila nasabah memahami ketentuannya dengan benar.

Hal tersebut akan berkaitan erat dengan akses ke fasilitas layanan perbankan secara online yang fleksibel. Simak beberapa ketentuannya sebagai berikut:

  • Nasabah harus melakukan registrasi dan aktivasi mToken di kantor cabang Bank BTN untuk dapat memanfaatkan layanan perbankan online yang tersedia.
  • Setiap permintaan mToken yang dilakukan nasabah sistemnya akan mengirimkan SMS ke nomor terdaftar saat registrasi.
  • mToken berlaku per transaksi dan hanya bisa digunakan satu kali saja.
  • mToken memiliki batas waktu penggunaan. Sehingga harus digunakan secara cepat.
  • Jika permintaan mToken dilakukan lebih dari satu kali, maka kode unik yang sebelumnya dikirim akan dianggap hangus sehingga tidak bisa digunakan. Kode unik valid adalah yang dikirim terakhir kali.
  • Saat memasukkan mToken, nasabah harus melakukannya dengan hati-hati. Jika terjadi kesalahan sebanyak 3x, maka user ID yang dimiliki akan otomatis terblokir.
  • Untuk mengaktifkan kembali user ID terblokir, nasabah harus menghubungi call center atau datang langsung ke kantor cabang Bank BTN terdekat.
  • Satu nomor ponsel aktif, hanya bisa didaftarkan pada satu user ID untuk mendapatkan mToken.
Baca Juga:  7 Bukti Transfer Bank Jatim dan Cara Cek Mutasi 2024

Tata Cara Mendapatkan mToken BTN

Pertanyaan tentang bagaimana cara mendapatkan mToken BTN tentu sering diajukan oleh nasabah yang ingin mendapatkan akses transaksi secara online.

Nasabah perlu melakukan beberapa langkah untuk bisa mendaftar aktivasi layanan. Terdapat juga beberapa dokumen yang perlu disiapkan untuk proses registrasi. Berikut tahapan caranya:

1. Siapkan Dokumen

Untuk dapat melakukan registrasi layanan perbankan, nasabah perlu menyiapkan beberapa dokumen yang dibutuhkan terlebih dahulu. Antara lain adalah buku tabungan, ATM, dan KTP. Nasabah harus membawa dokumen asli dan mengikuti prosedur registrasi yang telah ditetapkan oleh bank.

2. Datang ke Kantor Cabang

Pergi ke lokasi kantor cabang Bank BTN yang paling dekat dengan tempat tinggal dengan membawa dokumen lengkap. Informasi lokasi bisa didapatkan dengan cara mengakses situs resmi Bank BTN.

3. Ambil Antrian

Jika sudah sampai di Bank BTN, ambil antrian untuk ke customer service. Silahkan menunggu hingga nomor antrian dipanggil. Apabila sudah mendapatkan giliran, sampaikan kepada customer service transaksi yang ingin dilakukan, yaitu registrasi mToken.

Baca Juga:  Nomor Rekening BRI Berapa Digit? Contoh No. Rek BRI

4. Isi Form

Customer service akan menanyakan beberapa dokumen. Jika persyaratan dokumen sudah lengkap, proses akan dilanjutkan dengan nasabah mengisi form pengajuan registrasi mToken. Pastikan untuk mengisi seluruh informasi yang terdapat pada form dengan benar dan lengkap.

Apalagi untuk bagian nomor ponsel aktif. Pastikan merupakan milik pribadi, karena nantinya mToken akan dikirimkan pada nomor terdaftar. Ini merupakan syarat penting yang harus dipenuhi nasabah agar bisa menikmati layanan mToken Internet Banking.

5. Proses Registrasi

Customer service akan melakukan verifikasi terhadap data yang sudah diisi oleh nasabah. Jika semuanya sudah lengkap, proses registrasi akan dilakukan. Nasabah akan diminta untuk menunggu beberapa saat hingga proses selesai dilakukan.

Jika registrasi sudah selesai, nantinya nasabah akan mendapatkan SMS yang berisi kode aktivasi mToken. Nasabah perlu melakukan aktivasi terlebih dahulu untuk dapat menikmati fasilitas Internet Banking.

Langkah-Langkah Aktivasi mToken Bank BTN

Apabila sudah menerapkan cara mendapatkan mToken BTN dan telah memilikinya, kamu perlu melakukan aktivasi terlebih dahulu untuk bisa menikmati layanan tersedia. Proses aktivasi mToken bisa dilakukan melalui layanan Internet Banking.

Jika proses aktivasi telah selesai, barulah beragam transaksi bisa diakses secara online dengan mudah. Dengan begitu akses ke layanan finansial bisa dinikmati secara lebih fleksibel sesuai dengan kebutuhan. Perhatikan cara aktivasi mToken BTN berikut ini:

  1. Buka aplikasi browser dan silahkan mengakses layanan Internet Banking BTN melalui link berikut https://internetbanking.btn.co.id/retail/login/loginRequest
  2. Login dengan menggunakan user ID dan password yang sudah didapatkan pada proses pendaftaran.
  3. Pada beranda utama, pilih menu Aktivasi mToken.
  4. Input Nomor Aktivasi mToken yang telah diterima melalui SMS. Pastikan untuk memasukkan kombinasi kode yang benar.
  5. Periksa kembali kode yang diinput agar tidak ada kesalahan. Jika sudah benar, tekan Kirim untuk melanjutkan proses aktivasi.
  6. Apabila proses aktivasi mToken sudah selesai dilakukan, nasabah akan mendapatkan notifikasi. Beragam transaksi bisa langsung dilakukan secara online.
Baca Juga:  7 Cara Bayar Angsuran Pinjaman BRI Lewat Internet Banking

Kendala Saat Menggunakan mToken BTN

Tidak hanya perlu memahami cara mendapatkan mToken Bank BTN saja, namun nasabah juga harus mengetahui kendala apa saja yang mungkin terjadi saat penggunaan. Hal ini perlu dipahami agar nasabah bisa mencari solusi terbaik untuk mengatasinya sehingga transaksi finansial tidak terhambat.

Beberapa kendala bisa saja terjadi sehingga nasabah tidak bisa menggunakan mToken. Ketahui beberapa penyebabnya sebagai berikut untuk dapat mengatasinya:

Jaringan Bank BTN sedang mengalami pemeliharaan. Saat maintenance, nasabah mungkin tidak bisa menggunakan layanan mToken yang tersedia. Silahkan menghubungi pihak call center untuk dapat mengetahui kapan pemeliharaan selesai dilakukan.

mToken tidak bisa digunakan apabila nomor ponsel yang didaftarkan dan digunakan pada perangkat berbeda. Untuk bisa menggunakan mToken, nomor ponsel terdaftar harus tersedia pada perangkat yang digunakan.

Kendala lain yang mungkin bisa jadi masalah adalah tidak adanya pulsa. Untuk keperluan registrasi, dibutuhkan pulsa sebesar Rp500. Sedangkan untuk setiap request mToken juga memerlukan biaya Rp500 per SMS. Pastikan memiliki pulsa untuk bertransaksi dengan lancar.

Cara mendapatkan mToken BTN bisa dilakukan secara mudah. Silahkan datang ke kantor cabang Bank BTN terdekat untuk melakukan aktivasi sehingga bisa memanfaatkan layanan Internet Banking secara efektif. Pahami ketentuan penggunaan mToken sehingga dapat bertransaksi dengan nyaman.

Baca Juga:

error: