Jam Operasional Bank Bukopin 2024: Istirahat & Libur


Beben.id – KB Bukopin merupakan salah satu dengan tingkat pertumbuhan relatif tinggi. Meskipun Bukopin telah menghadirkan layanan digital untuk memudahkan nasabah, tapi masih banyak nasabah yang lebih memilih layanan offline. Jika kamu adalah salah satunya, sebaiknya ketahui jam operasional Bank Bukopin.

Sebagaimana bank lain, bank swasta ini juga menerapkan jadwal buka dan tutup pada hari kerja. Oleh sebab itulah, sangat penting mencari informasi mengenai jam kerja Bank Bukopin sebelum datang ke kantor pusat atau cabang. Tujuannya adalah supaya tidak kecewa jika kebetulan datang di jam yang salah.

Profil Bank Bukopin

Bukopin merupakan salah satu bank swasta kelas menengah yang fokus menjalankan bisnis pada sektor UKM, consumer, mikro, dan komersial. Di tahun 2021, Bank Bukopin resmi mengganti nama jadi KB Bukopin dengan pemegang saham terbesar KB Kookmin Bank sebesar 67%.

Bank Bukopin mulai beroperasi pada bulan Juli 1970 dan nama awalnya adalah Bank Umum Koperasi Indonesia. Nama tersebut resmi diganti dengan Bank Bukopin di tahun 1989. Pada tahun 1993, Bukopin berstatus sebagai perseroan terbatas dan meluncurkan logo baru secara resmi pada 1994.

Kantor pusat Bukopin berada di kawasan Jakarta Selatan dengan 42 kantor cabang, 310 sub kantor cabang, dan 673 jaringan ATM yang telah tersebar pada 24 Provinsi di Indonesia.

Sepanjang kegiatan operasional Bukopin di dunia perbankan, bank ini telah menyabet berbagai penghargaan bergengsi, seperti Infobank Awards mulai tahun 2013-2018.

Jadwal Jam Operasional Bank Bukopin Terlengkap

Pada dasarnya, jam kerja Bank Bukopin tidak begitu berbeda dengan bank lain. Kantor pusat maupun cabang Bukopin akan beroperasi pada hari Senin-Jumat. Hanya saja, jam buka dan tutupnya mungkin sedikit berbeda, mengingat layanan dan produk yang disediakan juga tidak sama.

Baca Juga:  10 Kelebihan dan Kekurangan Bank Muamalat 2024

Supaya kamu tidak mengalami kecewa disebabkan datang ke kantor Bukopin pada jam yang salah, maka sebaiknya ketahui terlebih dahulu jadwal operasional bank swasta ini.

Berikut adalah jadwal operasional PT Bukopin Finance:

  • Senin : 08.00 WIB – 15.30 WIB
  • Selasa : 08.00 WIB – 15.30 WIB
  • Rabu : 08.00 WIB – 15.30 WIB
  • Kamis : 08.00 WIB – 15.30 WIB
  • Jumat : 08.00 WIB – 15.30 WIB
  • Sabtu : 08.00 WIB – 12.00 WIB
  • Minggu : Tutup

Jadi, dapat diketahui bahwa Bank Bukopin buka pada hari Senin s/d Jumat pada pukul 8 pagi dan tutup jam setengah empat sore. Sementara itu, ada beberapa cabang Bukopin yang memiliki layanan Weekend Banking dan buka pada akhir pekan, yaitu Sabtu tapi hanya setengah hari.

Untuk mengetahui informasi Weekend Banking terlengkap, kamu bisa langsung menghubungi kantor Bank Bukopin terdekat. Dengan begitu, kamu tidak datang pada hari maupun jam yang salah.

Jam Istirahat Bank Bukopin

Setelah mengetahui jam operasional Bank Bukopin, kamu juga perlu tahu jam istirahat para karyawan. Hal tersebut dikarenakan jika kamu datang di jam istirahat, maka tidak akan dilayani hingga waktu istirahat selesai. Supaya tidak menunggu lama, sebaiknya hindari datang ke kantor pada jam istirahat.

Waktu istirahat atau break kantor Bukopin di hari kerja hampir sama dengan perkantoran pada umumnya, yaitu sekitar pukul 12.00 WIB – 13.00 WIB. Jadi, usahakan datang setengah jam sebelum dan setelah jam istirahat demi keamanan dan kenyamanan kamu.

Harus dicatat, bahwa kantor Bank Bukopin tutup pada hari Sabtu dan Minggu, kecuali kantor bank yang menyediakan layanan Weekend Banking.

Call Center Bukopin

Untuk mengetahui jadwal operasional Bank Bukopin secara lebih lengkap dan akurat, kamu juga bisa menghubungi call center Bank Bukopin. Selain itu, jika letak kantor cabang tidak terlalu jauh. Maka dapat menyambangi langsung. Bahkan, di hari libur kamu tetap bisa bertanya pada security yang bertugas.

Baca Juga:  Kode Keamanan CVV BRI, Pengertian, Fungsi, Aktivasi

Demi memberikan layanan terbaik kepada seluruh nasabah, Bukopin menghadirkan layanan call center yang diberi nama Halo Bukopin, kamu bisa mengaksesnya melalui nomor 14005. Customer service Bukopin siap melayani nasabah selama 24 jam setiap hari (Senin-Minggu).

Hanya saja, layanan tersebut tidak gratis sebab kamu akan dikenakan biaya panggilan sesuai tarif operator yang digunakan. Jadi, sebaiknya persiapkan pulsa minimal Rp50.000 jika menelepon dengan ponsel.

Penasaran apa saja layanan perbankan dari Halo Bukopin? Di bawah ini adalah jenis-jenis layanan yang bisa kamu akses dengan melakukan satu panggilan mudah:

  • Informasi produk perbankan.
  • Informasi nilai tukar mata uang.
  • Tingkat suku bunga.
  • Transfer antar rekening atau antar bank.
  • Pembayaran tagihan.
  • Pembelian token listrik dan pulsa isi ulang.
  • Penanganan keluhan.

Produk dan Layanan Bank Bukopin

Pada kenyataannya, memahami jam operasional Bank Bukopin saja tidak cukup bagi nasabah maupun calon nasabah. Pasalnya, kamu juga perlu mengetahui apa saja produk dan layanan yang disediakan bank satu ini. Terutama kamu yang masih berencana untuk menggunakan layanan perbankan Bukopin.

Demi memenuhi kebutuhan keuangan masyarakat Indonesia, PT Bukopin Finance menghadirkan beberapa jenis produk serta layanan yang dapat dipilih sesuai kebutuhan nasabah.

Penasaran apa saja produk dari Bukopin? Temukan jawaban selengkapnya di bawah ini:

1. Tabungan Giro

KB Bukopin menawarkan produk giro yang dapat digunakan untuk kebutuhan bisnis dengan nilai transaksi tinggi, seperti Giro Valas Bukopin dan Giro Rupiah Bukopin.

2. Tabungan Perseorangan

Bank ini juga memiliki beberapa produk tabungan perseorangan, di antaranya adalah Tabungan SiAga Bukopin Valas, Tabungan SiAga Bukopin Rencana, Wooke, TabunganKu, dan sebagainya.

3. Layanan Deposito

Bukopin mempunyai layanan deposito yang dapat dijadikan alternatif pilihan untuk investasi, seperti Deposito Rupiah Bank KB Bukopin dan Deposito Dollar Bank KB Bukopin.

4. Layanan Kartu Kredit

Ada beberapa jenis layanan kartu kredit dengan beragam fitur yang bisa jadi pilihan calon nasabah, yaitu Bukopin Mastercard Gold, Bukopin Mastercard Platinum, Bukopin Visa Gold, dan Bukopin Visa Platinum.

Baca Juga:  5 Cara Cek Saldo BRI Lewat SMS Tanpa Internet 2024

Cara Mengetahui Lokasi Bank Bukopin Terdekat

Selain harus mengetahui jam operasional Bank Bukopin, kamu juga perlu tahu lokasi kantor bank tersebut. Terutama jika berencana untuk menggunakan layanan offline dari Bank Bukopin.

Sebenarnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui kantor Bank Bukopin terdekat, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Melalui Browser

Kamu bisa mencarinya melalui peramban favorit, seperti Chrome. Cukup ketikkan keyword lokasi Bukopin terdekat pada kolom penelusuran. Namun, pastikan kamu memiliki koneksi internet. Selanjutnya, akan ditampilkan daftar kantor Bukopin terdekat dari lokasi tempat tinggal kamu.

2. Melalui Google Maps

Lokasi dan jam operasional Bank Bukopin juga dapat diketahui melalui aplikasi andalan, Google Maps. Akan tetapi, kamu perlu mengaktifkan lokasi terlebih dahulu dan ketikkan kata kunci pada search bar.

3. Download Aplikasi Bukopin Mobile

Bukopin menghadirkan layanan perbankan berbasis digital yang dinamakan Bukopin Mobile. Kamu bisa mengunduhnya melalui platform resmi, seperti Play Store. Untuk mengetahui lokasi bank, cukup buka aplikasi, kemudian masukkan nama kota serta data wilayah sesuai instruksi yang muncul.

Jam operasional Bank Bukopin pusat dan cabang sebenarnya hampir sama, sehingga kamu dapat menjadikan jadwal yang telah ditulis di atas sebagai acuan. Namun, tidak semua kantor Bank Bukopin memiliki layanan Weekend Banking. Sebagai solusinya, kamu dapat bertransaksi via ATM atau m-banking.

Baca Juga:

error: