Kode Swift BRI: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja 2024

Beben.id – Apakah yang disebut dengan kode Swift BRI itu? Sebagai salah satu bank BUMN dengan nasabah terbanyak dan tersebar di berbagai wilayah Indonesia, BRI melayani berbagai transaksi keuangan. Nasabah BRI merata dan berasal dari berbagai kalangan, mulai dari orang biasa hingga pengusaha.

Tidak menutup kemungkinan, nasabah BRI suatu saat membutuhkan transaksi perbankan ke luar negeri. Itulah sebabnya mengapa Swift kode BRI diperlukan. Swift kode itulah yang akan memudahkan bank untuk melakukan transaksi antar negara.

Jadi, misalnya nasabah BRI memiliki kolega bisnis yang ada di negara tetangga Malaysia, ketika akan melakukan transaksi perbankan dibutuhkan kode Swift itu. Jenis kode Swift BRI ini berbeda-beda, tergantung dari mana asal kantor cabangnya.

Apa itu Kode Swift BRI?

Menurut apa yang tertulis pada website resmi Bank Rakyat Indonesia, arti Swift yaitu The Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication. BRI memberikan Swift kode tersebut agar para nasabahnya bisa mengirim uang atau melakukan transaksi keuangan kepada bank di luar negeri.

Bagaimana cara menggunakan kode Swift dari BRI? Setiap nasabah BRI bisa mengajukan kepada pihak bank agar layanan Swift diaktifkan pada rekening miliknya. Aktivasi kode Swift MT 940 dan MT101 bisa diminta melalui kantor cabang BRI yang terdekat.

Kode Swift pada BRI beda dengan bank-bank di Indonesia lainnya. Jika bank lain hanya punya satu kode Swift untuk kantor cabang di seluruh wilayah Indonesia, kode Swift milik BRI berbeda. Kode Swift kantor cabang BRI Jakarta misalnya berbeda dengan kode Jawa Barat.

Terdiri dari apa saja kode Swift bank BRI itu? Kode terdiri dari delapan hingga sebelas karakter, yang terdiri dari campuran abjad dan angka. Secara umum, kode Swift bank BRI yaitu BRINIDJA. Kode itu akan diikuti oleh deretan 3 digit angka sesuai dengan kantor cabangnya.

Baca Juga:  5 Cara Pinjam Uang di Bank BRI 10 Menit Cair

Cara Membaca Kode Swift

Sebelumnya sudah sedikit dijelaskan bahwa kode Swift dari BRI terdiri dari beberapa huruf dan angka sebanyak 8-11 karakter. Namun, ada juga kode Swift yang hanya terdiri dari huruf saja, yaitu wilayah Jakarta yang kodenya BRINIDJA saja tanpa adanya tambahan angka di belakangnya.

Deretan huruf maupun angka yang terdapat pada kode Swift memiliki arti masing-masing, yaitu:

  • Empat huruf paling depan adalah identitas lembaga finansial, dalam hal ini dituliskan dengan kode BRI.
  • Dua huruf dibelakangnya merupakan kode negara dimana lembaga finansial tersebut berasal, yaitu NI atau Indonesia.
  • Dua huruf yang letaknya paling belakang adalah kode kantor cabang.

Kode Swift memiliki keistimewaan jika dibandingkan dengan bank-bank lainnya. BRI memberikan kode yang berbeda pada setiap kantor cabangnya, yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Contohnya kode BRINIDJA adalah kode Swift wilayah Jakarta, BRINIDJA120 untuk Kota Tangerang, BRINIDJA159 untuk daerah Bangka Belitung dan sebagainya. Cara cek kode Swift bank BRI adalah dengan mengakses laman wise.com/id/swift-codes/ melalui browser.

Setiap nasabah yang akan mengirimkan ataupun menerima uang ke dan dari luar negeri wajib mengetahui kode Swift. Jika ada kekeliruan dalam menuliskan kode Swift, maka nasabah harus segera menghubungi pihak bank supaya transaksi dibatalkan.

Fungsi Kode Swift BRI

Kode Swift bank, termasuk BRI tentunya memiliki fungsi yang sangat penting dalam setiap transaksi yang dilakukan nasabah. Seperti namanya, kode bank tersebut dibuat oleh sebuah organisasi internasional bernama SWIFT.

Anggota SWIFT hingga saat ini telah mencapai sekitar 200 negara dan lebih dari 9000 perusahaan sekuritas yang berasal dari berbagai negara. Fungsi kode Swift bank yaitu memudahkan nasabah untuk melakukan aktivitas pertukaran informasi berbentuk apapun terkait aktivitas perbankan.

Aktivitas perbankan yang dimaksud adalah yang dilakukan oleh lembaga keuangan antar negara, termasuk bank. Disamping kode Swift, saat melakukan transaksi perbankan antar negara, juga digunakan BIC atau Bank Identifier Code.

Baca Juga:  3 Cara Mengatasi Lupa PIN ATM BRI Online dan Offline

Fungsi BIC bank adalah untuk mengenali identitas dari lembaga keuangan negara tertentu. Misalnya, BRI adalah lembaga keuangan yang berasal dari Indonesia.

Bagaimana Cara Kerja Kode Swift BRI?

SWIFT merupakan organisasi global yang menyediakan berbagai produk dan pelayanan untuk nasabah agar dapat saling terhubung untuk mendapatkan informasi keuangan dengan aman. SWIFT membuat kemungkinan suatu lembaga keuangan melakukan otomatisasi dan standarisasi transaksi.

Tujuan otomatisasi dan standarisasi pada transaksi keuangan tersebut adalah untuk menekan biaya dan meminimalisir risiko yang mungkin terjadi pada kegiatan operasional. SWIFT menggunakan kode tertentu yang digunakan oleh bank-bank seluruh dunia untuk saling terhubung dan berkomunikasi.

SWIFT beranggotakan bank-bank maupun lembaga keuangan lainnya yang berasal dari berbagai negara di dunia. Dengan menggunakan kode Swift, maka bank-bank tersebut dapat saling mengirimkan informasi yang aman dan tentu saja valid.

Saat akan melakukan transaksi keuangan antar negara, maka kode Swift akan digunakan. Misalnya, Budi yang berada di Australia ingin transfer uang kepada Adi, kakaknya yang ada di Indonesia. Budi adalah nasabah Bank N di Australia dan kakaknya merupakan nasabah BRI.

Untuk melakukan transfer uang tersebut, Budi harus mendatangi kantor Bank N untuk mendapatkan kode Swift bank BRI kakaknya. Kode Swift dibutuhkan supaya tidak terjadi salah transfer kepada orang lain.

Bank N akan menghubungi BRI Jakarta, kemudian diteruskan kepada bank BRI sesuai rekening tujuan. Selanjutnya, kantor cabang BRI tujuan akan melakukan proses pendebetan pada rekening kakak Budi.

Bagaimana Mencari Kode Swift Bank?

Berapa kode Swift bank dapat dilihat dengan beberapa cara, begitu juga BRI. Jika nasabah BRI ingin melakukan transaksi keuangan antar negara dan harus mencantumkan kode Swift, maka cara untuk mengetahuinya adalah sebagai berikut.

1. Lewat Rekap Laporan Keuangan pada Rekening

Nasabah dapat melihat kode Swift pada laporan aktivitas perbankan pada rekening miliknya setiap bulan. Tapi kalau pada laporan tersebut tidak dicantumkan kode Swift, nasabah bisa melihatnya melalui aplikasi mobile banking BRI.

Baca Juga:  7 Tabel Pinjaman Bank BRI untuk PNS Terbaru 2024

2. Lewat Laman Resmi Bank

Mencari berapa kode Swift kantor cabang BRI dapat dilakukan dengan mengakses laman resmi milik BRI. Langsung saja masuk ke website http://bri.co.id untuk memeriksa kode Swift dari kantor cabang tempat membuka rekening.

Umumnya, kode Swift tersebut tertera pada halaman tertentu website bank BRI.

3. Lewat Browser

Kode Swift BRI juga bisa ditemukan dengan mudah melalui pencarian melalui mesin browser, seperti Google, Yahoo dan sebagainya. Caranya, hanya tinggal tuliskan saja kata kunci yang sesuai pada browser. Misalnya, “Kode Swift Bank BRI Jawa Tengah”.

Setelah itu, klik pada browser dan tunggu hingga hasil pencarian ditampilkan pada layar. Nantinya semua informasi yang berkaitan dengan kode swift bank BRI khususnya Jawa Tengah akan ditampilkan.

Perlu diketahui bahwa kode Swift bank BRI konvensional berbeda dengan bank BRI Syariah, jadi jangan sampai keliru. Kode Swift bank BRI Syariah adalah BRISIDJA.

Bukan sekedar deretan huruf dan angka saja, kode Swift bank BRI sangat bermanfaat ketika nasabah melakukan transaksi keuangan dengan bank yang berada di luar negeri. Misalnya, ingin transfer dari atau ke rekening bank luar negeri, maka nasabah harus mencantumkan kode Swift bank.

Kekeliruan dalam memasukkan kode Swift dapat berakibat fatal, misalnya salah kirim uang pada rekening yang bukan tujuannya. Kode Swift BRI berbeda-beda, tergantung dari mana asal kantor cabang tempat membuka rekening.

Baca Juga:

error: