Nomor Rekening Bank Permata Berapa Digit? Cek Disini

Beben.id – Nomor rekening Bank Permata sebenarnya sangat mudah ditemui pada buku tabungan. Hanya saja, dapat dikatakan bahwa bank tersebut mempunyai nomor rekening yang lumayan sulit diingat. Sementara itu, jika melakukan transaksi, online ataupun offline, dibutuhkan nomor rekening.

Dimana letak nomor rekening bank? Umumnya, nomor rekening bank tercantum pada buku tabungan nasabah. Nomor rekening juga dapat dilihat melalui aplikasi mobile banking dari bank tersebut, begitu juga dengan Bank Permata.

Karena nomor rekening dipakai untuk berbagai transaksi keuangan, maka nasabah atau pemilik rekening sebaiknya tidak memberitahukannya kepada siapapun yang tidak berkepentingan. Memberikan nomor rekening secara sembarangan dapat menyebabkan terjadinya kejahatan.

Apa Pengertian Nomor Rekening Itu?

Sering disebut-sebut dan digunakan, apakah yang dimaksud nomor rekening itu? Pengertian nomor rekening adalah beberapa digit angka yang berguna saat melakukan transaksi keuangan. Nomor rekening merupakan nomor akun bank yang harus disertakan dalam transaksi apapun.

Nomor rekening terdiri dari deretan angka yang unik dan akan selalu berbeda antara satu nasabah dengan nasabah lainnya. Fungsi nomor rekening bagi nasabah sangat penting, diantaranya syarat untuk melakukan aktivitas perbankan.

6 Cara Mengetahui Berapa Nomor Rekening Bank Permata

Nomor rekening Bank Permata terdiri dari 9 digit angka yang tertulis di buku tabungan. Bagaimana kalau tidak membawa buku tabungan, tapi harus menuliskan nomor rekening? Jangan panik, karena ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk melihat nomor rekening dari Bank Permata.

Cara untuk mengetahui nomor rekening tersebut yaitu sebagai berikut:

1. Melalui Buku Tabungan Permata

Cara yang paling mudah untuk melihat nomor rekening yaitu dengan membuka buku tabungan Bank Permata. Buka buku tabungan pada halaman pertama, lalu lihat di sebalik halaman sampul depan buku tabungan.

Baca Juga:  3 Cara Cek Bukti Transfer OCBC NISP Terbaru 2024

Jika menemukan deretan angka yang terdiri dari 9 digit, itulah nomor rekening tabungan Bank Permata.

2. Melalui Mesin ATM

Cara yang lainnya adalah mengecek nomor rekening melalui mesin ATM. Cara ini dapat dilakukan ketika sedang tidak membawa buku tabungan Bank Permata. Jika tidak ditemukan mesin ATM Bank Permata, nasabah bisa mengakses lewat mesin ATM Bersama atau ATM ALTO.

Untuk melihat berapa nomor rekening tabungan Permata, silahkan pilih menu “Mutasi Rekening” saat transaksi lewat mesin ATM. Kemudian layar akan menampilkan berapa nomor rekening yang ingin dilihat tersebut.

3. Melalui Mobile Banking

Seringkali kita harus melakukan transaksi secara mendadak dan membutuhkan nomor rekening. Masalahnya, tidak mungkin membawa buku tabungan kemanapun dan belum tentu ada mesin ATM di tempat tersebut.

Bagaimana solusinya? Gunakan aplikasi mobile banking Bank Permata untuk mengetahui nomor rekening. Tentu saja, cara ini hanya bisa digunakan kalau nasabah sudah mengunduh dan memasang aplikasi Permata Mobile X di HP.

Cara melihat nomor rekening melalui aplikasi Permata Mobile X yaitu dengan masuk pada menu “Informasi Akun/Rekening”. Nomor rekening akan ditampilkan pada layar setelah nasabah mengklik pada menu tersebut.

4. Melalui Internet Banking

Bagi nasabah yang tidak memiliki aplikasi Permata Mobile X pada HP-nya, dapat menggunakan internet banking untuk mengetahui berapa nomor rekening Bank Permata. Cara melihat nomor rekening dengan internet banking yaitu:

  • Akses website com melalui HP atau PC.
  • Login memakai user ID, kata kunci (password) dan kode huruf.
  • Masuk ke halaman utama dan pilih menu “Informasi Rekening” dan nomor rekening akan ditampilkan pada layar.

5. Melalui Call Center

Cara melihat nomor rekening tabungan Bank Permata selanjutnya adalah melalui Call Center. Langsung saja tekan nomor 1500111 pada telepon dan jika sudah tersambung, tanyakan berapa nomor rekening yang dimaksud.

Baca Juga:  Kode Swift BRI: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja 2024

Untuk dapat menghubungi Call Center Bank Permata, pastikan bahwa ada pulsa yang cukup pada HP agar tidak terputus sebelum selesai.

6. Datang ke Kantor Cabang Bank Permata

Masih ada satu cara lagi untuk mengetahui nomor rekening, yaitu dengan langsung datang ke Kantor Cabang Bank Permata. Datang saja ke Kantor Cabang Bank Permata terdekat dan langsung menuju bagian customer service (CS).

Biasanya, nasabah akan diminta untuk mengambil nomor antrian CS lebih dulu dan menunggu hingga dipanggil. Setelah dipanggil dan berada di depan petugas CS, langsung utarakan bahwa datang ke bank untuk bertanya berapa nomor rekening tabungan Bank Permata.

CS akan menanyakan beberapa informasi terkait nasabah, seperti nama lengkap, alamat, nama ibu kandung dan sebagainya. Jawab semua pertanyaan yang disampaikan petugas CS dengan baik, dan jika dirasa sudah cukup barulah nomor rekening akan disebutkan.

Pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh CS kepada nasabah adalah cara untuk memastikan bahwa nasabah tersebut benar-benar pemilik rekening yang dimaksud. Seperti yang sudah dijelaskan pada bagian awal, nomor rekening tidak boleh diberikan secara sembarangan.

Fungsi Nomor Rekening Bank Permata

Nomor rekening dicantumkan pada buku tabungan dan hanya diketahui oleh pemilik rekening tersebut. Nomor rekening tidak boleh diberikan kepada sembarang orang, mengingat fungsinya yang sangat penting.

Apa saja fungsi nomor rekening Bank Permata? Berikut ini penjelasannya.

1. Alat Pembayaran

Sekarang ini makin banyak orang yang melakukan pembayaran non tunai, seperti transfer, QRIS dan sebagainya saat melakukan transaksi. Nomor rekening harus dicantumkan ketika melakukan pembayaran tersebut.

Jika ada kekeliruan pada nomor rekening, seperti salah menuliskan angka misalnya, transaksi akan gagal atau bisa saja salah masuk ke rekening orang lain.

2. Syarat Mengajukan Pinjaman

Nomor rekening juga dibutuhkan saat nasabah mengajukan pinjaman, baik secara online ataupun lewat bank. Jika nasabah ingin mendaftar dan mengajukan pinjaman online melalui aplikasi p2p lending, maka wajib mendaftarkan nomor rekeningnya saat membuat akun.

Baca Juga:  4 Cara Mengatasi Lupa PIN ATM Permata Bank 2024

3. Untuk Membuat Akun Mobile Banking

Mobile banking dari bank manapun, termasuk Bank Permata selalu mewajibkan nasabah untuk memasukkan nomor rekeningnya saat membuat akun. Kalau nomor rekening yang dimasukkan salah, maka mobile banking tidak akan dapat diakses.

Ada beberapa bank yang selalu mewajibkan pengguna untuk memasukkan nomor rekening ketika akan membuka aplikasi mobile banking. Jadi, jangan sampai keliru menuliskan nomor rekening agar mobile banking tidak diblokir.

4. Media Transaksi Keuangan

Nomor rekening juga bermanfaat sebagai media berbagai transaksi keuangan, misalnya pembayaran, pembelian, pengajuan pinjaman, transfer, menarik dana dan lain-lain. Biasanya, nomor rekening bank harus dicantumkan pada bagian sumber pendanaan transaksi.

Jangan sampai salah menuliskan satu saja angka pada nomor rekening, karena bisa mendatangkan akibat yang cukup fatal. Cek lagi nomor rekening sebelum melakukan transaksi supaya tidak salah kirim ke rekening milik orang lain.

Menuliskan nomor rekening Bank Permata harus tepat dan benar supaya tidak terjadi salah kirim pada tabungan orang lain yang dapat menyebabkan kerugian. Cek kembali nomor rekening yang dituliskan, kalau perlu hitung berapa jumlah digit angkanya untuk meyakinkan

Nomor rekening tabungan Bank Permata terdiri dari sembilan digit angka yang tertulis pada bagian dalam sampul depan buku tabungan. Jika tidak membawa buku tabungan ataupun buku hilang, nasabah dapat mengetahui nomor rekening dengan beberapa cara.

Baca Juga:

error: