4 Tabel Pinjaman Bank Mandiri Taspen Terbaru 2022

Beben.id – Agar lebih mudah dalam merencanakan pinjaman, nasabah dapat menggunakan tabel pinjaman Bank Mandiri Taspen sebelum melakukan pinjaman di bank ini. Tabel ini sangat membantu, terutama untuk perencanaan keuangan dari bisnis yang ingin dibangun menggunakan pinjaman dari Bank Mantap ini.

Langsung saja, simak informasi selengkapnya mengenai tabel pinjaman dan informasi lainnya dari Bank Mandiri Taspen berikut ini:

Mengenal Produk Kredit Mandiri Taspen

Bank Mandiri Taspen, atau yang juga biasa disebut dengan Bank Mantap, merupakan bank yang memiliki layanan khusus untuk pembiayaan dan pembukaan pensiunan. Kelebihan Bank Mandiri Taspen adalah layanan yang ditawarkan cocok dengan berbagai kebutuhan dari para pensiunan.

Pensiunan yang dapat menikmati manfaat dari Bank Mantap adalah pensiunan dari PNS, TNI, dan Polri. Baru-baru ini, bank yang merupakan salah satu anak perusahaan dari Bank Mandiri ini mengembangkan beberapa produk pinjaman.

Saat ini, Bank Mantap menawarkan 3 produk pinjaman yang dapat digunakan oleh masyarakat, yaitu:

Kredit Retail Mantap

Kredit Retail dari Bank Mantap merupakan produk layanan kredit untuk usaha perorangan atau badan usaha. Dana kredit ini dapat digunakan oleh pengusaha untuk membiayai berbagai macam kebutuhan bisnis, seperti kebutuhan investasi, modal kerja, maupun konsumtif.

Kredit Retail Mantap (KMP) menggunakan agunan berupa objek yang dibiayai dan agunan kebendaan. Nasabah dapat menggunakan produk ini untuk mendapatkan kredit dengan limit di atas 200 juta rupiah. Produk Kredit Retail memiliki beberapa kelebihan, antara lain:

  • Dana yang dapat ditarik sekaligus atau sewaktu-waktu.
  • Pilihan untuk melakukan pembayaran angsuran pokok bulanan secara tetap atau menurun.
  • Pilihan pembayaran bunga bulanan secara tetap atau menurun.

Kredit Mikro Mantap

Kredit Serbaguna Mikro atau Kredit Mikro Mantap (KMM) merupakan produk dari Bank Mantap untuk perorangan maupun badan usaha. Seperti namanya, program dari Bank Mantap ini dapat digunakan untuk banyak kegunaan, baik untuk bisnis maupun untuk kebutuhan pribadi.

Baca juga:  5 Cara Cek Sisa Angsuran KUR BRI Terbaru 2022

Dengan plafon maksimal sebesar 350 juta rupiah dan tenor maksimal selama 15 tahun, Kredit Mikro dapat memberikan fasilitas kredit dengan bunga yang kompetitif, persyaratan yang mudah, dan pelayanan yang cepat.

Kredit Mantap Pensiun

Produk Kredit Mantap Pensiun merupakan produk dari Mandiri Taspen yang diberikan khusus untuk pensiunan PNS, TNI, POLRI, BUMN, dan BUMD. Ini merupakan produk kredit unggulan dari Bank Mantap.

Program yang disingkat dengan nama KMP ini merupakan produk kredit pensiun murah yang dapat membantu para pensiunan dalam memulai usaha.

Selain untuk modal usaha, KMP dapat digunakan oleh para pensiunan untuk kebutuhan konsumtif seperti renovasi rumah, pendidikan, kebutuhan keagamaan, dan lain sebagainya. KMP memberikan fasilitas kredit dengan persentase bunga yang kompetitif.

Selain itu, persyaratan pendaftaran juga terbilang mudah dan pelayanan diberikan dengan cepat. Program ini sangat membantu pensiunan, karena memiliki plafon maksimal sebesar 500 juta rupiah dan tenor maksimal selama 15 tahun.

Tabel Pinjaman Bank Mandiri Taspen

Tabel kredit pensiunan Bank Mantap yang ditampilkan di bawah ini sesuai dengan deskripsi produk yang sebelumnya dibahas. Bank untuk pensiunan ini mampu memberikan pinjaman dengan tenor mulai dari 1 hingga 15 tahun.

Selengkapnya, tabel pinjaman Bank Mandiri Taspen adalah sebagai berikut:

1. Tabel Kredit Pinjaman Mandiri Taspen 

Tabel Pinjaman Bank Mandiri Taspen

2. Tabel Pinjaman Mikro Mandiri Taspen

Tabel Pinjaman Bank Mandiri Taspen 2

3. Tabel Angsuran Kredit Retail Bank Mandiri Taspen

Tabel Pinjaman Bank Mandiri Taspen Terbaru

4. Tabel Kredit Pra Pensiun Mandiri Taspen Terbaru

Tabel Pinjaman Mandiri Taspen

Tabel tersebut dapat digunakan untuk memberikan gambaran terkait berapa nominal cicilan yang perlu dibayar setiap bulan pada setiap opsi plafon dan tenor yang Bank Mantap tawarkan. Dari tabel dapat dilihat bahwa setiap produk memiliki bunga pinjaman yang berbeda-beda.

Baca juga:  4 Cara Mengatasi Lupa PIN ATM Permata Bank

Bunga pinjaman Bank Mandiri Taspen pada setiap produk adalah sebagai berikut:

  • KRM = 12,39% per tahun
  • KMM = 16,09% per tahun
  • KMP = 13,24% per tahun

Simulasi Kredit Mandiri Taspen

Sebelum membahas simulasi, ada informasi yang perlu untuk diketahui nasabah, yaitu tentang biaya pinjaman pada setiap produk. KMP memiliki biaya administrasi yang gratis. Hal tersebut berbeda dengan KMM dan KRM yang memiliki biaya maksimal sebesar 100 ribu rupiah.

Untuk biaya provisi, semua program kredit dari Bank Mantap memiliki biaya yang sama, yaitu sebesar 1% dari plafon. Biaya asuransi ketiganya juga sama, yaitu disesuaikan dengan usia penerima manfaat.

Sedangkan untuk biaya notaris, nasabah yang menggunakan produk KMM dan KRM perlu untuk membayar biaya ini sebesar 1 juta rupiah. KMP bebas dari biaya ini. Setelah mengetahui keempat jenis biaya ini, barulah simulasi kredit bisa dilakukan.

Simulasi kredit Mandiri Taspen ini dapat membantu nasabah yang kebingungan untuk menafsirkan tabel kredit pensiunan Bank Mantap. Contoh simulasinya adalah sebagai berikut:

Diketahui:

  • Pak Budi sebagai pensiunan TNI mengikuti program KMP dari Bank Mantap untuk memulai usaha warung sate.
  • Pak Budi melakukan pinjaman dengan plafon 100 juta rupiah dan tenor 5 tahun.

Pertanyaan:

Berapa biaya pinjaman dan nominal cicilan KMP tanpa biaya asuransi yang perlu dibayarkan oleh Pak Budi?

Jawab:

Biaya provisi:

1% x total pinjaman = 1% x Rp100.000.000 = Rp1.000.000

Bunga

13,24% x total pinjaman x tenor = 13,24% x Rp100.000.000 x 5 = Rp66.200.000

Pengembalian = bunga + total pinjaman

Rp66.200.000 + Rp100.000.000 = Rp166.200.000

Cicilan / bulan = pengembalian : tenor (bulan)

Baca juga:  3 Pinjaman BRI Syariah Jaminan Sertifikat Rumah

Rp166.200.000 : 60 = Rp2.770.000

Jadi, biaya pinjaman dan biaya cicilan per bulan yang perlu dibayarkan oleh Pak Budi yaitu Rp2.770.000,00 dan Rp.1.000.000,00. Pada bulan pertama, Pak Budi perlu untuk membayar cicilan plus biaya provisi sebesar Rp3.770.000,00.

Pada bulan ke-2 hingga ke-60, Pak Budi hanya perlu untuk membayar cicilan dengan nominal sebesar Rp2.770.000,00 saja.

Syarat Pinjaman Mandiri Taspen

Agar bisa menggunakan program pinjaman yang disediakan, nasabah perlu untuk memperhatikan syarat pinjaman Mandiri Taspen. Berikut syarat pinjaman dari ketiga program Bank Mantap:

KRM dan KMM

Persyaratan untuk badan usaha:

  • Legalitas usaha, seperti surat keterangan usaha dari kelurahan, SIUP, TDP, SITU, atau NPWP.
  • Fotokopi rekening koran/tabungan/deposito.
  • Bukti pembayaran PBB tahun terakhir.
  • Fotokopi faktur dan kuitansi mesin.
  • Fotokopi Surat Ijin Praktek.
  • Fotokopi akta pendirian.
  • Fotokopi perubahan terakhir akta.

Persyaratan untuk perorangan:

  • Fotokopi KTP pemohon
  • Fotokopi NPWP
  • Fotokopi Kartu Keluarga
  • Fotokopi Surat Keterangan Menikah
  • Fotokopi Surat Keterangan Usaha
  • Dokumen kepemilikan los/kios
  • Ijazah anak

KMP

Syarat pinjaman pada program Kredit Mantap Pensiun berbeda dengan kedua produk layanan kredit lainnya. Syarat dari KMP, antara lain:

  • SK Pensiun Asli
  • Kartu Identitas Pensiun
  • Usia maksimal 75 tahun pada saat kredit berakhir
  • Fotokopi KTP suami/istri
  • Fotokopi Surat Keterangan Menikah
  • Fotokopi Kartu Keluarga
  • Fotokopi NPWP

Tabel pinjaman Bank Mandiri Taspen memiliki data yang cukup detail, yang mencakup plafon dari 5 juta rupiah hingga 350 juta rupiah dan tenor dari 1 hingga 5 tahun.

Gunakan tabel tersebut untuk mendapatkan mempermudah nasabah proses pemilihan opsi pinjaman yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan!

Baca Juga:

error: