Visi Misi Bank BNI: Sejarah, Profil, Produk Terbaik


Beben.id – Bank BNI atau dulunya dikenal dengan nama BNI 46 adalah bank BUMN yang diminati anak muda dan para mahasiswa. Bukan hanya karena jaringannya yang luas, visi misi bank BNI juga dianggap mampu mengikuti perkembangan zaman.

Bank BNI cukup dikenal luas oleh masyarakat, termasuk para mahasiswa dari berbagai kampus. BNI biasanya ada di setiap kampus perguruan tinggi negeri ataupun swasta, sehingga tidak heran kalau memiliki nasabah dari kalangan anak muda.

Bank BNI mempunyai jaringan yang cukup luas, kantor cabangnya ada di hampir seluruh daerah di Indonesia. Bahkan, kantor kas Bank BNI banyak tersebar hingga ke pelosok desa yang mungkin belum terjamah oleh layanan perbankan dari bank lainnya.

Visi Misi Bank BNI

Tidak dapat dipungkiri bahwa Bank BNI yang hadir hingga ke daerah pedesaan semakin memudahkan masyarakat untuk mendapatkan layanan perbankan. Tanpa harus pergi ke kota, masyarakat desa sudah bisa melakukan transaksi lewat jaringan yang dimiliki BNI.

Layanan BNI yang semakin luas kepada nasabah dimanapun tersebut, sesuai dengan visi dan misi BNI. Apa visi dan misi bank BNI yang belum banyak diketahui oleh nasabahnya tersebut?

1. Visi BNI

Bank Negara Indonesia, Tbk atau disebut dengan BNI adalah bank BUMN yang melayani berbagai kebutuhan finansial masyarakat. Dalam melaksanakan tugasnya tersebut, BNI selalu berpegang pada apa yang menjadi visinya.

Visi bank BNI yang dimaksud yaitu menjadi lembaga finansial yang terunggul dalam hal memberikan pelayanan dan kinerja yang dilakukan secara berkesinambungan.

2. Misi BNI

BNI memiliki beberapa misi yang bertujuan untuk mewujudkan visi yang telah ditetapkan. Misi bank BNI terdiri dari:

  • Memberikan pelayanan perbankan yang prima dan solusi digital yang ditujukan kepada seluruh nasabah serta mitra bisnis.
  • Meningkatkan kekuatan dalam pelayanan internasional guna mendukung kebutuhan perbankan dari mitra bisnis global.
  • Meningkatkan nilai investasi yang unggul untuk para investor.
  • Menciptakan kondisi kerja terbaik bagi seluruh karyawan sekaligus menjadi tempat berkarya yang membanggakan.
  • Meningkatkan kepedulian serta tanggung jawab BNI terhadap masyarakat dan lingkungan.
  • Menjadi acuan terbaik dalam hal kepatuhan dan tata kelola perusahaan bagi industri.
Baca Juga:  5 Jenis Kartu Kredit BNI (Limit, Bunga dan Syarat)

Visi misi bank BNI harus dipegang teguh oleh seluruh jaringan bank BNI di Indonesia supaya dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Sejarah Singkat BNI

BNI menyertakan angka 46 pada namanya, apakah itu berarti berdiri pada tahun 1946? Untuk mengetahui jawabannya, tidak ada salahnya kalau menengok sebentar sejarah berdirinya BNI. Pada awalnya, BNI didirikan sebagai bank sentral berdasarkan Perppu No. 2 tanggal 5 Juli 1946.

Pada tahun 1968, BNI ditetapkan dan diubah namanya dari Bank Negara Indonesia menjadi Bank Negara Indonesia 1946 dengan status sebagai BUMN. Sejak tahun 1992, BNI menjadi bentuk Persero dan tahun 1996 sahamnya go publik melalui Bursa Efek Surabaya.

Sejak saat itu, bank BNI menjadi perusahaan terbuka, dan dituliskan sebagai Bank Negara Indonesia 46, Tbk. Jadi, memang benar adanya bahwa bank BNI berdiri pada tahun 1946.

Profil Bank BNI

Menurut sejarah yang ada, bank BNI menjadi bank resmi pertama yang dimiliki oleh pemerintah. BNI telah mengalami perkembangan, mulai dari bank sentral hingga menjadi bank publik yang sahamnya diperjualbelikan seperti saat ini.

Tahun 2012 lalu, saham BNI yang dimiliki oleh pemerintah mencapai 80% dan sisanya yang 20% dimiliki oleh publik. Siapa pemegang saham publik BNI tersebut? Pemegang saham publik BNI terdiri dari beberapa kalangan, mulai dari individu hingga korporasi.

Bukan hanya berasal dari dalam negeri saja, saham publik bank BNI juga dibeli oleh kalangan dari luar negeri. Ini tentu saja membuat BNI berdiri semakin kokoh dan berhasil menjadi bank terbesar di Indonesia menduduki peringkat empat.

Total nilai aset BNI mencapai Rp333,3 triliun dan bisa terus bertambah dari tahun ke tahun, seiring dengan perkembangannya.

Baca Juga:  5 Cara Bayar Kartu Kredit BNI 100% Mudah 2024

Produk Unggulan BNI

Guna mewujudkan visi misi bank BNI, bank BUMN yang satu ini meluncurkan produk-produk unggulan yang dapat dinikmati secara optimal oleh nasabahnya. Dari sekian banyak produk perbankan BNI, ada beberapa yang menjadi unggulan dan sebaiknya dimiliki oleh masyarakat.

Produk terpopuler dan terbaik bank BNI diantaranya sebagai berikut:

1. Tabunganku

Tabunganku adalah bentuk simpanan BNI yang dikeluarkan oleh BNI berkat kerjasamanya dengan Bank Indonesia. Tabunganku BNI merupakan jenis simpanan yang ditujukan untuk mengkampanyekan program gemar menabung kepada masyarakat.

Karena bertujuan untuk membudayakan kegemaran menabung, nasabah tidak akan dikenakan biaya administrasi bulanan. Setoran awal Tabunganku juga sangat mudah yaitu hanya Rp20 ribu saja. Siapa saja bisa membuka rekening Tabunganku hanya dengan membawa KTP saja.

Transaksi Tabunganku seperti penarikan dan penyetoran dilakukan lewat teller. Pemilik rekening dapat melakukan penarikan dana minimal Rp20 ribu.

2. BNI Taplus Muda

Tabungan BNI yang diberi nama Taplus Muda ditujukan pada anak muda yang berusia 17-35 tahun. Ditujukan untuk anak-anak muda, Taplus BNI ini hanya membebankan biaya administrasi yang relatif kecil.

Begitu juga dengan setoran awalnya yang sangat terjangkau, yaitu hanya Rp100 ribu. Tabungan BNI Taplus Muda ini sangat direkomendasikan kepada nasabah mahasiswa ataupun mereka yang baru saja memasuki dunia kerja.

Apa syarat membuka BNI Taplus Muda? Nasabah hanya perlu datang ke bank BNI terdekat dengan membawa KTP berikut setoran awal sebesar Rp100 ribu. Setoran selanjutnya minimal Rp10 ribu dan biaya administrasi bulanan hanya Rp 5 ribu.

Kalau menginginkan kartu debit, BNI akan membuatkannya untuk nasabah dengan biaya sebesar Rp25 ribu. Jika kartu debit hilang, maka nasabah harus mengganti sebesar Rp25 ribu juga untuk pembuatan kartu yang baru.

3. Tapenas BNI

Selanjutnya ada BNI Tapenas yang ditujukan kepada generasi milenial untuk masa depannya. Tapenas memberikan suku bunga relatif tinggi sehingga cocok dijadikan sebagai simpanan dana pensiun.

Baca Juga:  6 Tabel Angsuran Kredit Pensiunan Terbaru 2024

Tapenas BNI adalah jenis tabungan berjangka dengan tenor yang dapat dipilih nasabah, yaitu 2 tahun sampai dengan 18 tahun. Tingkat suku bunga Tapenas BNI mencapai 4% pertahun, lebih tinggi dari jenis tabungan biasa.

Untuk mendapatkan manfaat sebesar itu, nasabah cukup memberikan setoran awal sebesar Rp100 saja dan maksimal Rp5.000.000. Tapenas tidak hanya menggunakan mata uang rupiah saja, tapi juga tersedia dalam USD.

Nasabah Tapenas adalah mereka yang sudah berusia minimal 17 tahun dan maksimal 65 tahun.

4. Tabungan Prakerja

Tabungan ini disediakan khusus untuk nasabah yang tercatat sebagai penerima intensif prakerja dari pemerintah. Untuk bisa mencairkan intensif tersebut, nasabah harus mengunduh formulirnya dulu melalui eform.bni.co.id.

Setelah diunduh, nasabah harus mengisi formulir tersebut dengan lengkap dan sesuai identitas yang benar. Nasabah juga harus mengisi jadwal kapan akan mengambil intensif prakerja tersebut di kantor cabang BNI yang ditunjuk.

Nasabah BNI prakerja juga dapat melakukan aktivasi mobile banking ataupun kartu debit di kantor cabang BNI terdekat.

Visi misi bank BNI berguna sebagai acuan kinerja supaya bank terbesar keempat di Indonesia tersebut dapat terus berkembang. BNI yang telah ada sejak tahun 1946 menjadi salah satu bank yang populer dan diminati oleh anak muda, sehingga harus selalu melakukan inovasi.

Baca Juga:

error: