Visi Misi Bank BRI: Sejarah, Profil, Produk Terbaik


Beben.id – Ketangguhan bank BRI yang masih eksis dan tidak pernah ditinggalkan nasabah, tentunya sangat dipengaruhi oleh kinerjanya. Cara kerja tersebut tentunya harus sesuai dengan visi misi bank BRI, yang sudah ada sejak puluhan tahun lalu hingga sekarang.

Visi dan misi bank BRI telah berhasil membawa lembaga keuangan milik negara tersebut mampu tetap berdiri kokoh, di tengah derasnya persaingan perbankan saat ini. Hingga sekarang, BRI telah memiliki banyak kantor cabang yang tersebar merata di seluruh wilayah Indonesia.

BRI memiliki 18 kantor wilayah, 450 kantor cabang, 588 kantor cabang pembantu, 1 kantor cabang utama, 1 kantor pusat audit intern dan 18 kantor wilayah audit intern. Tidak hanya di dalam negeri saja, BRI juga membuka kantor cabang pembantu di luar negeri sebanyak 3 buah.

Sejarah Singkat Bank BRI

Kalau ada bank yang memiliki ikatan emosional yang kuat dengan masyarakat berbagai kalangan, mungkin hanya BRI. Bank BUMN tersebut telah berdiri sejak ratusan tahun yang lalu, tepatnya pada 16 Desember 1895.

Pendiri bank BRI adalah Raden Bei Aria Wirjaatmadja, yang merupakan kelahiran Purwokerto, Jawa Tengah. Menurut sejarah, dulu bank BRI namanya diambil dari bahasa Belanda yang kurang lebih berarti bank simpanan milik kaum priyayi yang ada di Purwokerto.

Setelah mengalami beberapa kali perubahan nama, ditetapkan nama Bank Rakyat Indonesia atau disingkat dengan BRI, sejak tanggal 16 Desember 1968. Sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu, BRI mampu berkembang mengikuti perkembangan zaman.

Visi Misi Bank BRI

Keberhasilan BRI tetap berdiri kokoh hingga sekarang tentunya membutuhkan perjuangan yang tidak mudah. BRI yang dulunya identik dengan bank-nya rakyat biasa, kini makin besar dengan nasabah dari berbagai kalangan.

Baca Juga:  BSI Internet Banking: Pengertian, Fitur, Cara Aktivasi

Di saat banyak lembaga perbankan yang mengalami resesi dan harus tutup, BRI justru semakin kokoh berdiri. Keberhasilan BRI bisa bertahan di segala zaman tentunya tidak terlepas dari apa yang menjadi visi dan misinya.

Apa saja visi dan misi BRI? Simak penjelasan singkat berikut ini.

1. Visi Bank BRI

Bank BRI memiliki visi yaitu menjadi bank komersial terkemuka di Indonesia dan Asia Tenggara yang selalu bertujuan untuk memberikan kepuasaan kepada nasabah. Jadi, agar sesuai dengan visi bank BRI, lembaga keuangan ini menyediakan berbagai produk perbankan yang variatif untuk nasabah.

2. Misi Bank BRI

Lalu, apakah misi bank BRI itu? Misi BRI terdiri dari tiga hal, yaitu:

  • Melakukan kegiatan perbankan terbaik bagi nasabah dengan mengutamakan pelayanan terhadap UMKM, guna menunjang tercapainya peningkatan ekonomi masyarakat.
  • Memberikan pelayanan yang terbaik dan prima kepada semua nasabah, melalui jaringan kerja bank BRI yang tersebar secara luas, dengan dukungan sepenuhnya dari SDM profesional, yang dilakukan dengan prinsip Good Corporate Governance.
  • Memberikan keuntungan dan manfaat secara optimal pada semua pihak yang berkepentingan.

Visi misi bank BRI ini menjadi pedoman dalam melaksanakan kegiatan operasionalnya dan melayani masyarakat sebagai nasabahnya.

Motto Bank BRI

Selain visi dan misi, yang tidak kalah penting adalah motto bank BRI, yang dapat menjadi salah satu faktor tumbuh dan berkembangnya bank tertua tersebut. BRI memiliki motto yang mungkin sudah tidak asing bagi masyarakat.

Motto adalah informasi yang sifatnya himbauan, motivasi ataupun slogan untuk mempengaruhi orang lain. Motto bank BRI adalah “Melayani Setulus Hati”, karena kepuasaan nasabah adalah segalanya.

Ini sesuai dengan misi BRI yaitu menjadi bank komersial yang terkemuka dan selalu mengutamakan kepuasan nasabah.

Apa Tujuan dari Bank BRI?

Visi misi bank BRI tidak akan ada artinya jika tidak ditunjang dengan tujuan yang jelas. Bank BRI memiliki tujuan tertentu dalam melaksanakan kegiatan operasionalnya. Apa tujuan bank BRI itu? BRI adalah bank BUMN yang memiliki tujuan tidak jauh dari kehidupan masyarakat.

Baca Juga:  3 Cara Mengatasi Lupa PIN Internet Banking Mandiri

BRI bertujuan untuk menghimpun dana milik masyarakat yang akan dikelola dalam bentuk tabungan, serta menyalurkan kembali dana tersebut dalam kredit dan produk keuangan lainnya kepada masyarakat.

Bank BRI juga memiliki tujuan untuk dapat memberikan manfaat kepada semua lapisan masyarakat Indonesia dan membentuk kepercayaan penuh dari masyarakat berdasarkan visi dan misi BRI. Tujuan bank BRI tersebut mencakup segi pelayanan dan produk dari bank BUMN tertua itu.

Fungsi Bank BRI

Sebagai lembaga keuangan terkemuka sekaligus tertua di Indonesia, bank BRI mempunyai fungsi penting dalam kehidupan masyarakat. Bank BRI memiliki fungsi yang dapat dilihat secara umum dan secara spesifik.

Fungsi umum bank BRI yaitu sebagai alat pemerintah dalam rangka menjaga stabilitas ekonomi moneter dan keuangan. Sedangkan fungsi khusus bank BRI yaitu alat penarik uang kartal dan giral milik masyarakat serta menyalurkan kembali dana dalam bentuk kredit dan lainnya.

Jenis Produk Perbankan Bank BRI

Sebagai bank tertua dan telah dipercaya oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia, BRI terus berbenah agar sesuai dengan tuntutan zaman. Sesuai dengan visinya yaitu memberikan kepuasan kepada nasabah, BRI menyediakan berbagai produk perbankan untuk masyarakat.

Jenis produk perbankan BRI yang khusus dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan nasabah, antara lain:

1. Tabungan Simpedes BRI

Simpedes adalah singkatan Simpanan Pedesaan, yang telah lama hadir ditengah masyarakat. Simpedes adalah jenis simpanan BRI untuk nasabah individu dan UMKM. Dimana bisa membuka rekening Simpedes BRI? nasabah bisa langsung datang ke KC, KCP, Teras BRI dan kantor kas.

Jumlah setoran tidak ditentukan besarnya, sehingga nasabah dari semua kalangan dapat membuka rekening Simpedes. Ini adalah cara untuk mewujudkan visi misi bank BRI yaitu memberikan kepuasan bagi nasabah.

Setoran awal Simpedes hanya Rp100 ribu saja, biaya administrasi bulanan Rp5.500 dan saldo mengendap cukup Rp50 ribu. Jenis tabungan Simpedes selain untuk umum juga ada Simpedes TKI dan Simpedes Usaha.

2. BritAma

Produk tabungan bank BRI untuk anak muda yang memiliki banyak fasilitas adalah BritAma. Produk simpanan ini didukung oleh layanan yang canggih seperti e-banking dan real time online. Fasilitas ini membuat nasabah bisa melakukan transaksi perbankan kapanpun dan dari mana saja.

Baca Juga:  Pinjaman Rekening Koran BRI: Cara Daftar, Syarat, Bunga

Khusus untuk nasabah anak muda, BRI menyediakan tabungan BritAma X yang memiliki kartu debit dengan desain khusus. BritAma X ditujukan kepada nasabah usia muda, yaitu dari usia 17 tahun hingga 35 tahun.

Produk lain BritAma adalah BritAma Rencana yang sekaligus berfungsi sebagai investasi dan BritAma Valas yang memudahkan transaksi mata uang asing. Ada juga BritAma Bisnis, bagi nasabah yang ingin mengembangkan usahanya.

3. Tabungan Haji BRI

Bagi nasabah muslim yang ingin melaksanakan ibadah haji ke tanah suci, BRI juga memfasilitasinya melalui tabungan haji. Tabungan Haji BRI terintegrasi langsung dengan Siskohat milik Departemen Agama RI.

Setelah saldo tabungan nasabah mencapai nominal Rp25 juta, maka akan diberikan nomor validasi pendaftaran ibadah haji. Tabungan Haji BRI gratis biaya administrasi dan sudah termasuk asuransi jiwa dan asuransi kecelakaan, yang jumlahnya mencapai Rp50 juta.

Mewujudkan visi misi bank BRI menjadi faktor yang membuat bank BUMN terbesar di Indonesia ini mampu terus berkembang dan tetap kokoh berdiri hingga saat ini. Bank BRI yang memiliki lebih dari 400 kantor cabang pembantu di seluruh wilayah Indonesia yang memudahkan akses masyarakat.

Baca Juga:

error: