Biaya Operasi Amandel 2024 Pakai BPJS dan Tanpa BPJS


Beben.id – Siapa saja bisa terkena radang amandel atau tonsilitis karena beberapa faktor penyebabnya. Biasanya alternatif yang baik adalah dengan menjalani operasi. Oleh sebab itu, tidak jarang orang mencari informasi mengenai biaya operasi amandel di rumah sakit.

Apabila amandel mengalami peradangan maka akan mengganggu aktivitas sehari-hari karena merasa tidak nyaman. Radang amandel kerap menyerang orang dengan imun yang sedang turun sehingga membuat tenggorokan terasa sakit.

Jika sudah seperti itu maka dibutuhkan penanganan segera agar bisa terselesaikan untuk penyakit yang sedang diderita. Lantas, berapa biaya operasi yang dikeluarkan untuk radang amandel ini?

Tahapan Pemeriksaan Sebelum Operasi Amandel

Menariknya, pasien yang menderita penyakit amandel ini bisa dicover oleh BPJS. Dengan begitu bisa bernafas lega karena bisa saja tidak mengeluarkan uang sepeser pun. Akan tetapi, jika ingin menggunakan layanan BPJS maka harus mengikuti prosedur yang berlaku.

Sebelum operasi amandel dilakukan, pasien dengan fasilitas BPJS bisa memeriksakan diri terlebih dahulu pada Faskes Tingkat Pertama (FKTP. Kemudian, baru akan dirujuk kepada dokter spesialis sehingga diberikan surat rujukan ke Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL).

Untuk pasien yang menggunakan layanan kesehatan dari BPJS ini akan ditanggung seluruh pembayaran operasi amandel, obat-obatan, serta komponen pada tahapan kontrol setelah melakukan operasi. Akan tetapi harus melalui pemeriksaan terlebih dahulu jika ingin mendapatkan fasilitas ini.

1. Pemeriksaan Kondisi Pasien

Pertama, akan ada pemeriksaan mengenai kondisi pasien sehingga akan dilakukan operasi amandel. Untuk prosedurnya sendiri harus ada indikasi seperti:

  • Adanya abses peritonsil pada amandel.
  • Sudah terjadi radang amandel sampai 3 kali atau lebih dalam jangka waktu setahun, adanya kejang demam, terjadi berulang kali, dan kondisi yang lainnya tetap tidak membaik meskipun sudah dilakukan pengobatan.
  • Amandel terjadi pembesaran sehingga mengakibatkan gangguan pada pernafasan, gangguan tidur, sampai komplikasi paru-paru dan jantung.
  • Amandel sudah membesar dan didiagnosa bisa mengganas.
Baca Juga:  Jam Besuk RS Borromeus Setiap Hari Siang dan Malam 2024

2. Proses Operasi Amandel

Dalam proses operasi ini sebenarnya ada hal yang harus dilakukan sebelum dilakukannya operasi. Hal tersebut yaitu tidak mengkonsumsi obat-obatan, berpuasa 6 jam, dan menyimpan perhiasan yang dikenakan. Barulah operasi akan dilakukan oleh tim medis.

Biasanya operasi ini kerap dilakukan mulai dari anak-anak sampai dewasa dan siapa saja bisa menggunakan layanan BPJS. Dan peradangan tenggorokan ini sendiri bisa diobati dengan menggunakan dua metode operasi.

Biaya Operasi Amandel Ditanggung BPJS

Seperti yang disebutkan mengenai komponen apa saja yang ditanggung sebenarnya sudah cukup jelas. Dan untuk kisarannya sendiri untuk setiap kondisi pasien dan kebijakan masing-masing pastinya berbeda.

Akan tetapi, melihat dari beberapa sumber untuk biaya operasi ini berkisar mulai dari Rp3.700.000 sampai dengan Rp20.000.000 juta. Menariknya, pasien dengan layanan BPJS bisa mendapatkan layanan ini dengan gratis dan tidak mengeluarkan uang sepeser pun.

Biaya Operasi Amandel Untuk Pasien Umum

Jika melihat dari pasien BPJS memang bisa membuat tenang. Akan tetapi, bisa saja untuk pasien BPJS harus mengantri lama dan membutuhkan prosedur yang panjang. Berbeda jika menggunakan layanan untuk pasien umum.

Biasanya untuk tarif operasi amandel cukup beragam karena akan dilihat dari teknik operasi yang dilakukan oleh dokter. Kemudian, biaya yang diperlukan juga ada tambahan lainnya seperti rawat inap, obat-obatan, kunjungan dokter, dan lainnya.

Untuk rumah sakit swasta sudah memberikan patokan harga operasi amandel ini yaitu kisaran Rp15.000.000 sampai dengan Rp20.000.000. Dan setiap rumah sakit pasti memiliki harga yang berbeda dan kebijakan tersendiri sehingga harga sewaktu-waktu bisa berubah.

Baca Juga:  Jam Besuk RSAL Surabaya: Alamat, Fasilitas, Peraturan 2024

Namun, jika ingin melakukan operasi amandel di luar negeri juga bisa seperti di Malaysia. Biaya yang dikeluarkan untuk tindakan operasi ini bisa berkisar mulai dari Rp15.000.000 dan bahkan bisa lebih mahal lagi karena alasan-alasan tertentu.

1. Operasi Amandel di Rumah Sakit Jakarta

Pertama, daerah yang akan dikenalkan adalah Jakarta karena disini banyak rumah sakit unggulan dan menjadi rujukan terbaik. Jika ingin melakukan operasi amandel maka bisa melihat perkiraan biaya di bawah ini pada rumah sakit tertentu, yaitu:

  • Rumah Sakit Umum Firdaus mulai dari Rp802.000.
  • Rumah Sakit Yadika Kebayoran Lama mulai dari Rp610.422.
  • Rumah Sakit Royal Progress mulai dari Rp280.000.
  • RS Khusus THT Bedah KL Proklamasi mulai dari Rp450.000.
  • MRCCC Siloam Hospitals Semanggi mulai dari Rp500.000.
  • Rumah Sakit Premier Jatinegara mulai dari Rp000.000.
  • Siloam Hospitals TB Simatupang mulai dari Rp000.000.
  • RS Brawijaya Duren Tiga mulai dari Rp000.000.
  • Siloam Hospitals Kebon Jeruk mulai dari Rp000.000.
  • RS THT Prof Nizar mulai dari Rp788.000.

2. Operasi Amandel di Rumah Sakit Bandung

Untuk kota selanjutnya adalah Kota Bandung yang sebenarnya cukup bervariasi untuk harga operasi amandel ini sendiri. Contohnya saja pada Rumah Sakit Immanuel mulai dari Rp7.000.000. Fasilitas yang akan didapatkan seperti medical team performing surgical operation in modern operating.

3. Operasi Amandel di Rumah Sakit Surabaya

Di bawah ini juga akan disampaikan mengenai biaya operasi amandel pada daerah Kota Surabaya di beberapa rumah sakit, yaitu:

  • RSAL Dr Ramelan Surabaya mulai dari Rp450.000.
  • RSU Bhakti Rahayu Surabaya mulai dari Rp500.000.
  • Siloam Hospitals Surabaya mulai dari Rp700.000.
  • Mayapada Hospital Surabaya mulai dari Rp775.000.
  • Rumah Sakit Premier Surabaya mulai dari Rp000.000.

Apa Saja Resiko Operasi Amandel?

Sebenarnya, untuk tindakan operasi amandel ini tergolong pada operasi yang aman karena tindakannya bukan operasi besar. Namun, setiap adanya tindakan medis seperti pembedahan ini maka tetap memiliki resiko yang bisa didapatkan oleh orang yang melakukannya.

Baca Juga:  8 Cara Bayar FIF di Tokopedia 100% Anti Ribet

Contohnya saja untuk beberapa komplikasi yang terjadi pada operasi amandel yaitu pendarahan, infeksi, kerusakan gigi, nyeri rahang, nyeri tenggorokan, dehidrasi, perubahan suara, sampai dengan penurunan berat badan.

Oleh sebab itu, pada tindakan operasi ini harus diperhatikan dengan baik seperti sebelum melakukan operasi serta pasca operasi. Jika sudah melakukan operasi amandel maka harus bisa dijaga dengan baik, seperti:

  • Selama dua minggu harus menghindari aktivitas seperti olahraga berat, berlari, bersepeda, dan lainnya.
  • Melakukan bed rest selama beberapa hari.
  • Rutin mengkonsumsi obat yang sudah diresepkan.
  • Banyak mengkonsumsi air putih agar tidak dehidrasi.
  • Konsumsi makanan yang mudah untuk ditelan seperti es krim, yogurt, puding, dan lainnya.
  • Jangan mengkonsumsi makanan yang memiliki sifat tekstur kasar, pedas, maupun asam.

Bagi para penderita radang amandel maka memang harus melakukan tindakan yang tepat jika sudah parah seperti operasi kecil ini. Dengan begitu, maka bisa mengetahui biaya operasi amandel secara mendetail dan pastinya berbeda setiap kota dan daerah.

Biaya ini bisa disiapkan jauh-jauh hari dan direncanakan secara matang. Contohnya seperti apakah ingin menggunakan layanan BPJS atau pasien umum saja maka bisa dipilih sebelum melakukan operasi.

Baca Juga:

error: