Biaya Operasi Gigi Bungsu 2024, Pakai BPJS dan Tanpa BPJS


Beben.id – Permasalahan mengenai gigi bungsu memang bukan hal yang baru, karena jika sudah sakit maka akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Tidak jarang orang menginginkan segera melakukan operasi gigi bungsu. Dan biaya operasi gigi bungsu yang dikeluarkan cukup tinggi loh.

Gigi ini termasuk ke dalam bagian dari gigi geraham atau gigi molar yang tumbuh paling akhir di antara gigi lainnya. Jika sudah sakit maka bisa mengakibatkan perasaan tidak nyaman bahkan dapat membuat komplikasi lainnya.

Jika ingin melakukan proses operasi gigi bungsu maka juga harus mengetahui apa saja prosedurnya? Dan di bawah ini akan dijelaskan mengenai apa saja prosedur operasi, biaya yang harus disiapkan, serta apa saja efek yang ditimbulkan pasca operasi.

Kapan Operasi Gigi Bungsu Harus Dilakukan?

Apakah gigi bungsu mengalami permasalahan? Sayangnya, tidak seluruh permasalahan gigi bungsu harus diselesaikan dengan tindakan operasi. Oleh sebab itu, sebelum benar-benar ingin melakukan operasi harus diobati terlebih dahulu.

Untuk bisa mengobatinya maka bisa melakukan perawatan dan pengawasan pada saat gigi bungsu terasa sakit. Namun, jika timbul keluhan yang disebutkan di bawah ini maka harus segera konsultasi ke dokter, yaitu:

  • Gusi dan rahang terasa nyeri.
  • Sakit gigi bungsu sampai menimbulkan sakit kepala.
  • Gigi terasa sakit saat digunakan untuk menggigit.
  • Sulit membuka mulut bahkan untuk makan.
  • Membengkaknya kelenjar getah bening yang ada di leher.

Lakukan konsultasi dengan dokter karena bisa saja impaksi di atas bisa membuat kondisi semakin parah. Seperti bengkak bernanah atau yang dinamakan abses gigi yaitu penyakit yang mengancam jiwa. Selain itu, gigi bungsu juga berpotensi mengakibatkan tumor rahang atau kista.

Biaya Operasi Gigi Bungsu

Melakukan operasi baik itu kecil atau besar sebenarnya memang memakan banyak biaya. Terlebih hal tersebut juga akan mengganggu finansial keluarga sehingga membutuhkan sebuah asuransi kesehatan. Ya, dengan asuransi kesehatan maka biaya akan lebih terasa ringan.

Baca Juga:  4 Pelunasan Khusus FIF dan Cara Mengajukan 2024

Namun, jika tidak memiliki asuransi kesehatan juga masih bisa melakukan operasi dengan dana pribadi. Berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk bisa operasi gigi bungsu?

1. Menggunakan BPJS

Layanan BPJS Kesehatan ternyata mengcover yang bisa dikatakan tidak murah. Biayanya sendiri bisa berkisar mulai dari Rp1.000.000 sampai dengan Rp5.000.000. Dan pastinya tergantung dengan kesulitan dari operasi itu sendiri.

Akan tetapi, jika ingin menggunakan layanan ini maka harus sudah terdaftar dari jauh-jauh hari sebagai peserta BPJS Kesehatan. Selain itu, untuk BPJS ini juga memiliki prosedur yang cukup panjang agar bisa mendapatkan layanan kesehatan yang dimaksudkan.

Pertama, pasien harus mendapatkan surat rujukan yang didapatkan dari Faskes 1. Biasanya akan didapatkan di puskesmas atau klinik dokter yang melakukan layanan BPJS Kesehatan.

Barulah surat rujukan tersebut akan dibawa ke dokter gigi yang ada di rumah sakit sehingga bisa mendapatkan pemeriksaan yang tepat. Untuk penanganan operasi gigi bungsu didasarkan dari pemeriksaan tersebut.

Menariknya, untuk layanan BPJS ini akan ditanggung 100% sehingga pasien tidak akan diminta untuk menambah biaya. Bahkan untuk keperluan pasca operasi seperti rawat jalan juga ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

2. Menggunakan Biaya Mandiri

Bagi yang tidak memiliki BPJS atau asuransi kesehatan lainnya tetap bisa melakukan operasi gigi bungsu. Akan tetapi, harganya pastinya ditanggung 100% oleh pasien. Nah, untuk biayanya sendiri pastinya berbeda dengan biaya cabut gigi.

Oleh sebab itu, bisa disiapkan untuk biayanya sendiri yang sekitar Rp2.000.000 sampai dengan Rp5.000.000 untuk sekali operasi. Perbedaan biaya tersebut dikarenakan bedanya kondisi setiap orang karena posisi pertumbuhan dari gigi bungsu ini bisa saja miring atau melintang.

Baca Juga:  Biaya Operasi Kuret 2024 Pakai BPJS dan Non BPJS

Kesulitan dari proses operasi ini akan membuat biaya operasi gigi bungsu semakin mahal. Namun, jika tidak memerlukan tindakan operasi maka cukup dengan melakukan pencabutan gigi bungsu pada klinik dokter gigi, puskesmas, atau Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD).

Untuk biayanya akan lebih murah meskipun tanpa menggunakan fasilitas BPJS atau asuransi kesehatan lainnya. Akan tetapi, biaya itu belum termasuk biaya lainnya seperti rontgen gigi panoramik yang biasa dilakukan untuk pencabutan gigi bungsu.

Biaya rontgen gigi bungsu ini sendiri tidak begitu mahal karena hanya berkisar Rp150.000 sampai dengan Rp300.000 per satu kali melakukan rontgen panoramik.

Prosedur Operasi Gigi Bungsu

Jika sudah menyiapkan biaya operasi gigi bungsu maka bisa dilakukan tindakan operasi. Akan tetapi, tetap saja harus melakukan prosedur yang tepat.

  • Pertama, bisa melakukan konsultasi ke dokter spesialis sehingga mendapatkan penanganan yang tepat.
  • Lalu, dilakukan rontgen panoramic atau rontgen gigi sehingga diketahui kondisi serta posisi gigi yang berguna untuk membuat dokter mudah melakukan tindakan.
  • Barulah dilakukan proses pembedahan atau operasi dengan bius total atau bius lokal yang tergantung dengan kondisi pasien.
  • Jika bius lokal maka bisa pulang setelah tindakan berbeda dengan bius total yang memerlukan waktu setidaknya sehari untuk rawat inap.

Efek Samping Operasi Gigi Bungsu

Setelah dilakukan operasi maka pasien akan mengalami masa pemulihan yang terjadi secara bertahap. Dan dari tindakan operasi ini maka akan terjadi efek yang dialami pasien, yaitu:

  • Adanya memar, nyeri, dan bengkak di area mulut yang berdekatan dengan letak gigi bungsu.
  • Pasien bisa saja mengalami masalah seperti sulit membuka mulut.
  • Bius total membuat pasien akan merasa pusing.

Dan untuk mengetahui kapan waktu penyembuhannya? Jawabannya adalah berbeda-beda setiap individu. Akan tetapi, jika dirata-rata maka akan memakan waktu setidaknya 2 minggu. Agar efek samping yang dirasakan tidak begitu menyakitkan maka bisa istirahat total selama 2 sampai 3 hari.

Masa Penyembuhan Pasca Operasi Gigi Bungsu

Gigi geraham yang sudah dioperasi maka akan mengalami tahapan penyembuhan sehingga pasien harus bersabar sampai sembuh. Untuk masa penyembuhannya sendiri, yaitu:

  • Hari pertama yaitu pembekuan darah yang terjadi di daerah gigi bungsu.
  • Hari ke-2 dan ke-3 adanya pembengkakan pada pipi dan mulut yang mulai membaik.
  • Hari ke-7 harus melakukan kontrol ke dokter agar bisa melihat kondisi bekas operasi.
  • Hari ke-7 dan ke-10 pasien akan merasakan rasa nyeri dan rahang kaku yang segera pulih.
  • Hari ke-14 akan sembuh total.
Baca Juga:  Biaya Balik Nama Motor 2024 untuk Semua Jenis Motor

Untuk bisa mendapatkan proses penyembuhan yang cepat maka bisa mengkonsumsi makanan yang mudah masuk ke dalam tubuh seperti bubur. Dan obat yang sudah diresepkan oleh dokter harus dikonsumsi dengan rutin dan mematuhi setiap perintah dari dokter.

Dengan mengetahui informasi mengenai penyakit gigi bungsu ini maka pasien akan lebih siap untuk menyiapkan semuanya. Contohnya saja untuk biaya operasi gigi bungsu ternyata bisa dicover 100% oleh layanan BPJS sehingga bisa digunakan dengan maksimal.

Akan tetapi, jika tidak memiliki asuransi kesehatan bisa menggunakan biaya pribadi dan memang cukup tinggi. Oleh sebab itu, pentingnya memiliki layanan asuransi kesehatan untuk hal-hal yang tidak bisa diprediksi seperti operasi gigi bungsu ini.

Baca Juga:

error: