Biaya Operasi Sinusitis 2024 Pakai BPJS dan Tanpa BPJS


Beben.id – Meski sebagian besar penyakit sinusitis bisa sembuh sendiri, namun dalam kondisi parah tetap butuh operasi. Adapun biaya operasi sinusitis sendiri bervariasi, tergantung dari rumah sakit yang dipilih dan kelas perawatan. Infeksi radang dinding sinus ini juga bisa sembuh dengan antibiotik.

Namun, penggunaan antibiotik hanya bisa dilakukan jika penyebab utamanya adalah bakteri. Jika sinusitis sudah terinfeksi cukup parah, maka obat-obatan bukan lagi solusi. Pasien membutuhkan prosedur operasi agar penyakit tersebut bisa teratasi dengan baik.

Apa Itu Sinusitis?

Sinusitis menyebabkan kesulitan bernapas pada penderitanya karena adanya peradangan. Terutama pada bagian rongga dalam tengkorak tepat di bagian depan wajah, mata, dan hidung. Pada dasarnya, mayoritas kasus sinusitis bisa sembuh sendiri dengan obat-obatan.

Terlebih jika peradangan tersebut terjadi karena infeksi bakteri. Namun, pada beberapa kasus membutuhkan prosedur operasi sinusitis agar tidak semakin memburuk. Banyak yang mencari tahu tentang biaya terapi sinusitis yang sebenarnya cukup bervariasi di masing-masing rumah sakit.

Pasien yang mengalami radang sekitar hidung, mata, dan tengkorak depan wajah maka sebaiknya segera melakukan jenis operasi ini.

Hal-Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Operasi Sinusitis

Sinusitis kronis atau yang berlangsung lama membutuhkan prosedur operasi di rumah sakit. Tindakan medis ini perlu diambil apabila gejala radang sekitar hidung tersebut tidak kunjung membaik. Tak jarang hal ini bisa terjadi, padahal pengobatan sudah memadai dan memenuhi syarat.

Lalu, hal-hal apa saja yang perlu dilakukan sebelum melakukan operasi sinusitis? Berikut diantaranya.

Baca Juga:  Jam Besuk RS Moewardi Surakarta: Jadwal dan Aturan

1. Pemindaian CT Scan

Tidak jauh berbeda dibanding jenis operasi lainnya, dokter juga akan menyarankan pemeriksaan terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk memastikan apakah kondisi tubuh pasien layak menjalankan operasi atau tidak. Salah satu pemeriksaan tersebut adalah CT Scan.

Proses ini dilakukan untuk mengevaluasi kondisi saluran hidung sebelum operasi radang ini dijalani pasien.

2. Berhenti Merokok

Bagi pasien sinusitis yang merokok, maka kebiasaan perlu dihentikan setidaknya 3 minggu sebelum pembedahan. Mengingat aktivitas merokok berpotensi besar memperburuk gejala sinus.

3. Tidak Meminum Aspirin

Tidak sedikit orang yang memiliki kebiasaan mengonsumsi aspirin ketika merasa pusing. Namun, kebiasaan tersebut sebaiknya dihindari terlebih dahulu oleh pasien sinusitis. Setidaknya tujuh hari sebelum operasi sinus dijalankan.

Hal ini penting dilakukan mengingat zat yang terkandung dalam obat tersebut bisa meningkatkan pendarahan. Baik terjadi selama operasi sinus maupun setelahnya.

4. Tidak Makan dan Minum Sebelum Operasi

Operasi sinus menggunakan anestesi seperti jenis operasi lain pada umumnya. Oleh sebab itu, pasien akan diarahkan dokter untuk tidak makan maupun minum setelah tengah malam di hari operasi sinusitis.

5. Tidak Mengemudi Sementara Waktu

Hal lainnya yang perlu diperhatikan sebelum melakukan tindakan operasi adalah tidak mengemudi sementara waktu. Setidaknya selama 24 jam setelah operasi sinus dilakukan di rumah sakit. Dengan demikian, datanglah ke RS saat operasi bersama keluarga, kerabat, atau teman.

Biaya Operasi Sinusitis Rumah Sakit di Indonesia

Jika gejala sinusitis sudah semakin parah, maka penggunaan obat-obatan mungkin tidak lagi membantu. Tindakan medis berupa operasi perlu dilakukan agar peradangan bisa dihentikan.

Tidak sedikit yang ingin mengetahui berapa biaya operasi sinusitis rumah sakit di Indonesia, berikut referensinya.

1. Rumah Sakit Medirossa Cikarang

Radang sinus bisa semakin parah jika tidak diobati sejak awal. Namun jika kondisinya tidak kunjung membaik dan masih sulit bernapas maka prosedur operasi adalah jawabannya. Tindakan medis ini bisa dilakukan di RS Medirosa Cikarang dengan kisaran harga Rp6.500.000.

2. RSU Sylvani Binjai

Prosedur operasi sinusitis membutuhkan beberapa rangkaian tes terlebih dahulu yang harus dijalani pasien. Jenis operasi ini bisa dilakukan salah satunya di RSU Sylvani Binjai yang berada di Binjai Utara.

Baca Juga:  3 Tabel Angsuran BFI Finance: Cara Daftar dan Syarat

Biaya operasi radang sinus ini mulai dari Rp11.300.000 dan usahakan menyiapkan lebih dari itu karena bisa membengkak 10%-30%.

3. Rumah Sakit Siloam TB Simatupang

Rumah sakit yang berada di Cilandak, Jakarta ini kerap kali menerima pasien sinusitis. Biaya minimal yang harus dikeluarkan sekitar Rp27.000.000 dengan potensi melebar karena belum termasuk administrasi. Begitu pula dengan jenis anestesi dan obat-obatan yang perlu ditebus nantinya.

4. Rumah Sakit EMC Sentul

Bagi yang tinggal di Bogor dan membutuhkan rekomendasi RS untuk operasi sinus, maka bisa mengunjungi RS EMC Sentul. Biaya operasi sinusitis di rumah sakit yang terletak di Sentul ini yakni sekitar Rp21.000.000. Tarif tersebut belum termasuk biaya konsultasi dan obat-obatan pasca operasi.

5. RS Budi Asih Cikarang

Referensi berikutnya bagi yang mencari biaya operasi sinusitis adalah di RS Budi Asih Cikarang. RS yang berada di Cikarang Selatan ini mematok biaya sekitar Rp10.000.000 untuk kelas standar. Biaya tersebut belum termasuk jasa konsultasi, tes kesehatan, dan tebus obat.

3 Jenis Prosedur Operasi Sinusitis di RS

Sebenarnya, prosedur operasi sinus yang harus dijalani pasien tergantung dari tingkat keparahan radang yang dialami. Adapun beberapa prosedur operasi radang sekitar hidung ini yaitu sebagai berikut.

1. Functional Endoscopic Sinus Surgery (FESS)

Bedah sinus endoskopi fungsional ini merupakan prosedur yang paling umum dijalani pasien sinusitis. Target operasi ini adalah memperlebar saluran drainase antara hidung dan sinus sehingga pasien bisa bernapas dengan baik.

Prosedur operasi ini biasanya berlangsung sekitar satu sampai tiga jam oleh dokter bedah. Operasi sinus FESS dilakukan melalui lubang hidung sehingga tidak mengakibatkan bekas luka di area wajah. Tidak hanya itu, tindakan operasi ini juga tidak mengubah bentuk luar hidung.

2. Balloon Sinuplasty

Prosedur operasi sinus ini satu tingkat lebih parah dibandingkan FESS. Peradangan sinus parah dianjurkan dokter bedah untuk menjalani balloon sinuplasty. Dokter akan memberikan pasien jenis anestesi lokal terlebih dahulu ke dalam jaringan hidung.

Baca Juga:  5 Cara Cek Nomor Kontrak Adira 100% Mudah

Setelah itu, peralatan berupa endoskop dan kateter balon kecil dimasukkan ke area hidung. Disebut kateter balon karena alat sedot sinusitis ini akan mengembang seperti balon. Penggunaan jenis kateter tersebut adalah untuk mengalirkan cairan yang sulit keluar dari penderita sinus.

Proses ini juga akan membersihkan area sinus yang tersumbat sehingga radang bisa segera diatasi. Setelah operasi dilakukan, dokter akan mengeluarkan kateter balon dari hidung penderita sinusitis.

3. Caldwell Luc Surgery

Sebenarnya, jenis operasi sinus ini termasuk yang sangat jarang dilakukan pada berbagai kasus radang sinus. Prosedur operasi ini bisa dibilang jalan terakhir ketika dokter tidak dapat mengobati kondisi sinus pasien.

Tindakan medis ini dimulai dengan pembuatan lubang kecil antara gusi dan bibir atas. Proses ini dilakukan agar dapat menjangkau rongga sinus yang paling lebar (sinus maksilaris). Dengan demikian, lendir dapat mengalir dari rongga sinus dan peradangan dapat diatasi.

Dengan menjalani prosedur operasi sinus, maka peradangan yang menyebabkan sulit bernapas tersebut bisa segera diatasi. Biaya operasi sinusitis biasanya belum termasuk berbagai macam tes yang harus dilakukan dokter di laboratorium.

Oleh sebab itu, menyiapkan dananya dengan baik merupakan tindakan bijak. Jika prosedur operasi sudah selesai dilakukan, aktivitas pasien tergantung dari jenis anestesi yang disuntikkan. Biasanya jika menggunakan anestesi lokal proses penyembuhannya lebih cepat dan pasien bisa segera pulang.

Baca Juga:

error: