Biaya Operasi Mata Minus Pakai BPJS dan Tanpa BPJS

Beben.id – Jika ingin terlepas dari alat bantu baca, operasi Laser-Assisted in Situ Keratomileusis (LASIK) adalah jawabannya. Tidak sedikit penderita miopia yang mencari tahu biaya operasi mata minus di rumah sakit. Jenis operasi ini menggunakan teknologi laser untuk memperbaiki kelainan penglihatan.

Biaya operasi LASIK begitu beragam tergantung tingkat keparahan, rumah sakit, dan kelas yang dipilih. Tidak hanya itu, jenis operasi ini juga kerap kali tersedia di klinik mata yang cukup besar. Bagi yang berencana menjalani operasi kelainan refraksi mata ini, simak ulasannya sebagai berikut.

Apa Itu Operasi LASIK?

LASIK merupakan prosedur operasi yang bertujuan memperbaiki kelainan refraksi pada penderita hipermetropi, miopia, dan astigmatisma. Dengan demikian, penderita mata minus bisa menjalani operasi ini agar bisa terlepas dari alat bantu baca.

Mengingat tidak sedikit penderita miopia yang sangat ketergantungan dengan kacamata dan lensa kontak. Beberapa orang lebih suka melepaskannya dan mengeluarkan biaya operasi mata minus.

Namun, perlu diingat bahwa tingkat keberhasilan operasi LASIK tergantung kondisi individu penderita refraksi mata. Setiap pasien pastinya memiliki kondisi medis yang berbeda satu sama lain.

Referensi Biaya Operasi Mata Minus Klinik Mata dan RS di Indonesia

Menyiapkan biaya operasi untuk penyembuhan mata minus dengan baik memang penting dilakukan. Namun, perlu diingat bahwa operasi LASIK tidak selalu menjamin pasien akan lepas selamanya dari alat bantu baca. Bagi yang berminat menjalani operasi mata minus, berikut beberapa referensi biayanya.

1. Ciputra SMG Eye Clinic (CSEC)

Klinik mata yang berada di Jalan Setiabudi, Jakarta ini menyediakan operasi LASIK untuk berbagai permasalahan penglihatan. Salah satunya adalah miopia atau mata minus agar tidak ketergantungan dengan kacamata.

Baca Juga:  Koperasi Online Alfamart: Syarat, Bunga, Pencairan

Meski demikian, hasil akhir operasi sendiri tergantung dari tingkat keparahan minus mata pasien. Biaya operasi untuk mata minus di klinik ini mulai dari Rp13.000.000 dan belum termasuk biaya konsultasi di dalamnya.

2. Ciputra SMG Lasik Center Surabaya

Bagi yang tinggal di Surabaya dan sedang mencari referensi biaya LASIK, maka bisa mendatangi klinik mata ini. Pada dasarnya, operasi LASIK yang disediakan tidak memberikan jaminan 100% pasien tidak akan menggunakan kacamata selamanya.

Mengingat kualitas kesehatan mata memang menurun seiring berjalannya waktu. Namun bagi penderita miopia yang ingin melakukan operasi, maka klinik ini menyediakannya. Harga yang dibanderol mulai dari Rp15.500.000 dan belum termasuk biaya administrasi.

3. KMN EyeCare Semarang

Tidak sedikit yang beranggapan bahwa biaya operasi mata minus itu sangat mahal. Padahal, jika minus termasuk ringan dan memilih rumah sakit yang tepat, maka harga yang didapat akan wajar. Jika tinggal di Semarang, Anda bisa menjalani LASIK salah satunya di KMN EyeCare.

Biaya operasi kelainan refraksi mata di tempat ini mulai dari Rp13.500.000. Ada baiknya menyiapkan dana lebih 10%-30% agar tidak bingung jika terdapat biaya tambahan.

4. RS Bhayangkara POLDA D.I Yogyakarta

Dengan memahami manfaat LASIK dengan baik, hal ini bisa menjadi pertimbangan apakah operasi tersebut worth it atau tidak. Mengingat tidak semua orang cocok menjalani operasi ini sehingga perlu konsultasi terlebih dahulu.

Salah satu rumah sakit yang menyediakan layanan LASIK adalah RS Bhayangkara POLDA yang berada di Yogyakarta ini. Biaya operasi mata minus di tempat ini mulai dari Rp11.000.000 dan belum termasuk biaya tambahan lainnya.

5. RS Mata Bandung Eye Center

Untuk menjalani operasi LASIK, memang lebih disarankan di klinik khusus mata atau RS yang memiliki eye center. Salah satunya adalah RS yang berada di Lengkong, Bandung ini. Operasi LASIK dibanderol mulai dari Rp18.700.000 dan belum termasuk biaya konsultasi ke dokter mata.

Baca Juga:  Biaya Tambal Gigi di Semua Rumah Sakit dan Klinik

6. Surabaya Eye Clinic

Banyaknya klinik mata yang bermunculan membuat banyak orang ingin tahu biaya operasi mata minus terkini. Pastikan klinik yang dipilih memang kredibel dan memiliki izin resmi. Salah satunya di Surabaya Eye Clinic yang menyediakan layanan operasi LASIK bagi penderita kelainan refraksi mata.

Biaya LASIK di tempat ini sekitar Rp11.000.000 dan jumlah tersebut termasuk standar. Namun, belum termasuk jasa konsultasi dengan dokter mata dan biaya administrasi.

7. KMN EyeCare Kebon Jeruk

Di ibukota sebenarnya sudah cukup banyak klinik yang menyediakan operasi LASIK yang bagus dengan harga standar. Contohnya di klinik mata yang berada di Kebon Jeruk, Jakarta ini. Operasi untuk penderita miopia dibanderol mulai dari Rp13.000.000.

8. KMN EyeCare Jakarta Selatan

Tidak sedikit yang mencari tahu apakah operasi LASIK ditanggung BPJS atau tidak. Sayangnya, operasi kelainan penglihatan ini tidak tercover sehingga harus membayar secara mandiri.

Itulah yang menjadi sebab bahwa Anda perlu mencari referensi biaya operasi LASIK mata minus sebanyak-banyaknya. Jika tinggal di Jakarta Selatan, maka bisa menjalani operasi ini di KMN EyeCare dengan biaya sekitar Rp14.000.000.

9. Klinik Utama Mata JEC Cibubur

Sebelum memutuskan untuk LASIK, maka konsultasi dengan dokter mata merupakan hal wajib. Hal ini dilakukan agar bisa memperoleh informasi yang akurat, lengkap, dan tidak ambigu mengenai LASIK. Konsultasi dan operasi mata minus bisa dilakukan di klinik mata JEC Cibubur.

Biaya LASIK di klinik mata yang berpusat di Jakarta ini sekitar Rp8.000.000. Hal ini tergantung dari tingkat keparahan mata minus yang diderita.

10. Klinik Mata Utama JEC Bekasi

Klinik JEC memang memiliki beberapa cabang dan semuanya menyediakan operasi LASIK. Salah satunya klinik JEC yang berada di kota Bekasi ini membanderol operasi LASIK sekitar Rp8.500.000. Biaya bisa membengkak jika mata minus yang dialami cukup parah.

11. SILC Eye Center

Rekomendasi berikutnya bagi yang ingin menjalani prosedur LASIK adalah di SILC Eye Center. Sesuai dengan namanya eye center ini juga menyediakan layanan LASIK dengan biaya cukup terjangkau. Dibanderol mulai dari Rp7.000.000, Anda sudah bisa menjalani operasi mata minus di klinik ini.

Baca Juga:  Biaya Operasi Patah Tulang 2024 Pakai BPJS/Non BPJS

Risiko Menjalani Operasi LASIK

Operasi LASIK bukan tanpa risiko sehingga harus dipahami dengan baik efek samping dan kemungkinan komplikasi di dalamnya. Untuk menambah wawasan, berikut beberapa risiko menjalani operasi LASIK.

1. Dislokasi Flap Kornea

Risiko dislokasi flap kornea bisa saja terjadi karena terbentuk saat operasi LASIK berlangsung. Jika mengalaminya, sebaiknya segera konsultasi agar dapat ditentukan bahwa keadaan tersebut sudah termasuk komplikasi atau belum.

Jika sampai komplikasi, maka butuh penanganan khusus oleh dokter mata. Jangan sampai membiarkan risiko LASIK ini begitu saja karena bisa membahayakan.

2. Mata Kering

Bisa dibilang risiko ini memang terdengar ringan, persentase kemungkinan terjadinya juga tinggi. Hampir setiap pasien operasi LASIK mengalaminya tidak perlu khawatir berlebihan. Jika dokter memberikan obat untuk mata kering, maka Anda bisa menggunakannya secara rutin sampai mata pulih.

3. Mata Terasa Silau

Efek samping lain dari operasi LASIK adalah pandangan seperti silau dan tampak ada lingkaran cahaya. Tidak perlu khawatir, kondisi seperti ini biasanya akan menghilang dengan sendirinya selama beberapa minggu.

Biaya operasi mata minus memang berbeda-beda tergantung klinik mata dan rumah sakit yang dipilih. Selain itu, tingkat keparahan miopi juga berpengaruh terhadap biaya yang harus dibayarkan. Jenis operasi ini menimbulkan risiko tersendiri seperti yang telah disebutkan di atas.

Hal yang perlu diingat adalah tidak semua operasi LASIK memberikan jaminan penglihatan selalu normal. Bahkan beberapa orang tetap harus menggunakan kacamata di momen tertentu. Hal ini biasanya karena mata minus yang diderita sudah terlampau parah.

Baca Juga:

error: