Biaya Operasi Katarak 2024 Pakai BPJS dan Tanpa BPJS

Beben.id – Mata adalah bagian terpenting dari tubuh manusia karena digunakan sebagai penglihatan. Namun, bisa saja mengalami penyakit yang bernama katarak sehingga harus dilakukan operasi. Biaya operasi katarak sebenarnya cukup tinggi namun juga bisa ditanggung oleh BPJS.

Katarak sendiri merupakan penyakit karena lensa mata sudah kabur dan membran transparan pada mata telah menghalangi cahaya masuk ke dalam mata. Biasanya hal ini dikarenakan adanya selaput yang berwarna keruh dan berawan.

Jika sudah terlalu parah seperti gejala yang dirasakan yaitu pandangan samar, kabur, dan berkabut maka harus segera dikonsultasikan ke dokter. Dan seluruh rangkaian pemeriksaan harus dilalui sehingga bisa melakukan prosedur operasi katarak di rumah sakit.

Biaya Operasi Katarak dengan Layanan BPJS

Biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan tindakan operasi katarak bisa terbilang cukup tinggi. Bisa saja berkisar mulai dari belasan juta rupiah sampai dengan puluhan juta rupiah. Dan ternyata, jika gejala ini dirasakan sudah cukup lama maka BPJS bisa menanggung biayanya.

Oleh sebab itu, jika tidak menggunakan asuransi kesehatan maka bisa dirasa memberatkan keuangan keluarga. Kabar baik bagi pemilik BPJS karena terdapat hal untuk melakukan operasi katarak dengan menggunakan layanan BPJS.

Jika ditanggung oleh BPJS maka biaya operasinya gratis 100% asalkan melalui prosedur yang ditetapkan. Untuk prosedurnya sendiri harus mendapatkan surat rujukan dari fasilitas kesehatan (Faskes) tingkat 1 dan melakukan pemeriksaan pada dokter spesialis mata.

Dokter mata akan melakukan diagnosis pada pasien apakah membutuhkan operasi katarak atau tidak. Jika dokter mendiagnosis harus melakukan operasi maka layanan BPJS bisa mengcover seluruh biaya tersebut. Berbeda jika pasien yang meminta maka pihak BPJS bisa menolak permintaan operasi.

Baca Juga:  3 Tabel Kredit NMAX 2024 Cicilan mulai 300 Ribuan

Biaya Operasi Katarak untuk Pasien Umum

Setiap rumah sakit akan memiliki kebijakan dan peraturan yang berbeda seperti metode, teknis operasi, lensa yang digunakan, dan jenis dari obat bius. Sebenarnya untuk kisaran biaya operasi ini pada rumah sakit swasta sekitar Rp6.500.000 sampai dengan Rp16.000.000 untuk satu mata.

Bisa dilihat bukan, kisaran biaya di atas untuk satu mata saja dan jika untuk dua mata maka tinggal dikalikan 2 saja. Terdapat beberapa rincian yang bisa dijadikan patokan dari beberapa sumber, seperti:

  • Rumah sakit di daerah Jakarta Pusat mulai dari Rp890.700 sampai dengan Rp19.700.000.
  • Rumah sakit di daerah Jakarta Barat mulai dari Rp700.000.
  • Rumah sakit di daerah Jakarta Timur mulai dari Rp000.000.
  • Rumah sakit di daerah Jakarta Selatan mulai dari Rp750.000 sampai dengan Rp19.700.000.
  • Rumah sakit di daerah Jakarta Utara mulai dari Rp460.000 sampai dengan Rp10.700.000.
  • Rumah sakit di daerah Bogor mulai dari Rp000.000 sampai dengan Rp12.000.000.
  • Rumah sakit di daerah Depok mulai dari Rp860.000 sampai dengan Rp11.500.000.
  • Rumah sakit di daerah Tangerang mulai dari Rp323.000 sampai dengan Rp8.850.000.
  • Rumah sakit di daerah Bekasi mulai dari Rp046.000 sampai dengan Rp9.699.999.
  • Rumah sakit di daerah Bandung mulai dari Rp000.000 sampai dengan Rp14.500.000.
  • Rumah sakit di daerah Surabaya mulai dari Rp000.000 sampai dengan Rp14.000.000.
  • Rumah sakit di daerah Semarang mulai dari Rp700.000.
  • Rumah sakit di daerah Yogyakarta mulai dari Rp125.000 sampai dengan Rp11.000.000.
  • Rumah sakit di daerah Medan mulai dari Rp500.000 sampai dengan Rp9.500.000.
  • Rumah sakit di daerah Padang mulai dari Rp500.000.
  • Rumah sakit di daerah Pekanbaru mulai dari Ep. 3.750.000 sampai dengan Rp000.000.
  • Rumah sakit di daerah Makassar mulai dari Rp220.000 sampai dengan Rp9.062.000.
  • Rumah sakit di daerah Bali mulai dari Rp735.000.
Baca Juga:  Biaya Operasi Varikokel 2024, Pakai BPJS dan Tanpa BPJS

Lensa yang Digunakan Operasi Katarak dan Biayanya

Biaya operasi katarak ternyata juga bisa dilihat dari penggunaan dari lensa yang akan dipasangkan pada mata yang telah mengalami katarak. Bisa dikatakan bahwa pilihan lensa juga bisa diberikan untuk layanan yang didapatkan pasien, dan beberapa lensa tersebut adalah:

1. Lensa Monofokal

Yang pertama adalah lensa monofokal yang sering dipilih oleh para pasien katarak. Lensa ini termasuk pada jenis lensa intraokular dan menjadi lensa yang sangat populer.

Banyak dari asuransi kesehatan yang mengklaim biaya untuk jenis pemilihan lensa ini jika harus melakukan operasi katarak. Fitur pada lensa monofokal ternyata bisa memperbaiki penglihatan dari jarak dekat sampai dengan jarak jauh.

Dengan artian bahwa pemilihan fitur ini dikaitkan pada kondisi mata pasien. Harus memilih salah satu yaitu untuk rabun dekat atau rabun jauh yang ingin diperbaiki.

2. Lensa Asferis

Selanjutnya, biaya operasi katarak bisa dikaitkan dengan lensa yang digunakan salah satunya adalah lensa asferis. Lensa ini hadir dengan bentuk lekukan pada kedua sisi yang tidak sama rata dan ternyata bentuk tersebut sangat akurat dan menyerupai lensa mata alami.

Dibandingkan dengan lensa sebelumnya, lensa asferis memiliki keunggulan yaitu pandangan yang dihasilkan akan lebih tajam. Baik dalam kondisi cahaya terang ataupun redup, penglihatan pasien setelah melakukan operasi dengan lensa asferis akan menjadi lebih baik lagi.

Untuk biayanya sendiri sebenarnya bisa dikatakan tinggi karena untuk satu mata saja harganya mulai dari Rp17.500.000. Tidak seluruh rumah sakit memiliki paket lensa asferis sehingga harus dikonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter.

3. Lensa Toric

Bagi pasien katarak dan memiliki gangguan mata silindris atau astigmatisme maka akan sangat cocok jika menggunakan lensa toric. Hal tersebut dikarenakan orang dengan kondisi astigmatisme akan kesulitan memfokuskan penglihatan serta mudah terdistorsi.

Baca Juga:  6 Tanda-tanda Kredit Motor di ACC Bank atau Leasing

Dan jika menggunakan lensa ini untuk operasi katarak maka tidak membutuhkan kacamata silindris lagi. Biaya yang dikeluarkan bisa saja sangat tinggi yaitu mulai dari Rp30.000.000 per satu mata.

4. Lensa Multifokal

Jika ingin menggunakan lensa canggih maka bisa memilih lensa multilokal. Lensa ini dianggap paling canggih karena setelah melakukan operasi katarak maka pasien tidak perlu lagi menggunakan kacamata apapun untuk membantu penglihatan.

Bagi pasien yang ingin menggunakan lensa multilokal maka bisa disesuaikan ingin bisa melihat jarak dekat atau jarak jauh. Sebenarnya, untuk penggunaan dari lensa multilokal sendiri sudah mendukung seluruh jarak penglihatan baik itu jarak dekat maupun jarak jauh.

Untuk bisa menggunakan pilihan tawaran ini maka dapat menyiapkan dana sebesar Rp34.300.000 per mata yang ingin dioperasi. Biasanya jenis lensa multilokal yang digunakan yaitu ReSTOR Natural (Single Plece) dan Acrysof.

Sangat penting diketahui bahwa biaya operasi katarak memang cukup mahal dan bisa membuat keuangan keluarga menjadi bengkak. Oleh sebab itu, perlu diperhatikan baik-baik dan harus disiapkan jauh-jauh hari.

Dengan begitu maka bisa saja untuk pasien memiliki asuransi kesehatan agar bisa menanggung seluruh biaya operasi katarak di rumah sakit. Bahkan, biaya di luar operasi juga harus diperhatikan seperti biaya rawat jalan, rawat inap, obat-obatan, kunjungan dokter, dan lainnya.

Baca Juga:

error: