Biaya Operasi Kista Ganglion Pakai BPJS dan Tanpa BPJS

Beben.id – Ganglion merupakan sebuah jenis kista dengan bentuk seperti benjolan yang tumbuh pada area sendi pergelangan tangan atau tendon. Cara pengobatan dari kondisi ini yaitu melalui tindakan operasi. Sebelum itu, pastikan untuk mengetahui kisaran biaya operasi kista ganglion.

Jadi bisa menyiapkan sejumlah dana yang dibutuhkan untuk menjalani tindakan pengobatan tersebut. Pasalnya jenis operasi ini tidak bisa dibilang murah, biaya yang diperlukan cukup menguras tabungan apalagi jika kondisi yang diderita sudah semakin parah.

Walaupun kista ganglion dinilai tidak terlalu berbahaya, namun keberadaannya tentu bisa mengganggu dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Rasa nyeri sering kali timbul pada area ganglion terutama pada saat digerakkan, selain itu penderita kerap kali merasa kesemutan pada area tersebut.

Apa Itu Kista Ganglion?

Kista ganglion ini biasanya terletak pada sendi atau pergelangan tangan atau kaki dalam bentuk benjolan. Namun kista ini bukan termasuk ke dalam jenis kanker. Jadi jenis kista ini tidak terlalu berbahaya untuk tubuh.

Walaupun demikian karena letaknya berada pada sendi, jadi keberadaan dari kista ini cukup mengganggu pergerakan tubuh. Terutama jika benjolan tersebut berada pada lokasi yang banyak mengalami gesekan atau gerakan.

Karena jika bagian saraf di sekitarnya tertekan bisa menimbulkan rasa sakit yang parah bagi penderitanya. Penderita dari kista ganglion ini bisa dari berbagai kalangan usia dengan umur sekitar 20 hingga 40 tahun.

Selain itu, wanita memiliki resiko tinggi terkena kista ganglion ini jika dibandingkan dengan laki-laki. Sebenarnya kista ganglion ini tanpa melakukan pengobatan bisa hilang secara otomatis, karena ini bukan termasuk jenis kanker.

Tapi apabila dengan adanya kista ini mengganggu aktivitas sehari-hari, sebaiknya kista tersebut segera diangkat melalui tindakan operasi. Hal ini bisa langsung dikonsultasikan kepada dokter spesialis untuk penanganan yang harus diambil, serta biaya operasi kista ganglion.

Gejala Kista Ganglion

Beberapa gejala dari kista ganglion yang harus diketahui diantaranya yaitu sebagai berikut:

1. Perhatikan bentuk dan ukurannya

Umumnya bentuk dari kista ganglion ini yaitu bulat atau oval. Ukuran dari kista ini mirip seperti kacang polong yang kecil dengan diameter sebesar 2,5 cm (untuk yang besar). Di dalam kista ini terdapat cairan yang teksturnya mirip seperti jeli.

Ukuran dari kista ini juga bisa dipengaruhi oleh seberapa sering sendi tersebut digunakan untuk bergerak. Jadi apabila gerakan di sendi meningkat, maka ukuran dari kista juga akan terdampak.

2. Lokasi dari kista ganglion

Berdasarkan pada lokasinya, kista ganglion sering muncul pada area sendi atau tendon pada pergelangan tangan atau kaki. Selain itu, sendi-sendi bagian lainnya juga memiliki resiko yang sama bisa mengalami jenis kista ini, namun tergantung juga pada kondisinya.

3. Rasa sakit

Kista ganglion ini umumnya tidak disertai dengan timbulnya rasa sakit. Walaupun demikian, pada saat kista tersebut menekan pada saraf yang terdapat di sekitarnya bisa menimbulkan rasa nyeri, mati rasa, kesemutan hingga otot yang terasa lemah.

Besar kecilnya ukuran dari kista tetap bisa dirasakan efeknya apabila terdapat bagian saraf yang terkena tekanan atau gesekan dari kista tersebut.

Penanganan Kista Ganglion

Walaupun kista ganglion ini bukan termasuk ke dalam golongan kanker yang tidak terlalu membahayakan tubuh, namun apabila benjolan tersebut sudah mengganggu aktivitas sehari-hari hingga timbul rasa sakit, maka perlu dilakukan penanganan segera.

Bahkan kista ganglion ini juga bisa mengganggu bagian tubuh hingga tidak berfungsi dengan normal, baik itu terjadi pada tangan atau pergelangan tangan, ataupun kaki atau pergelangan kaki. Sehingga penderita lebih baik untuk segera dilakukan pemeriksaan oleh dokter.

Berdasarkan pada hasil pemeriksaan yang tersebutlah dokter bisa menentukan mengenai penanganan yang tepat. Namun hingga saat ini, sebagian besar lebih banyak menganjurkan untuk melakukan tindakan medis dengan menggunakan metode operasi bedah.

Operasi kista ganglion ini termasuk ke dalam operasi kecil, namun untuk lama proses operasi ini tergantung dari tingkat kesulitan dan keparahan yang dialami oleh pasien. Tapi perkiraan waktu yang dibutuhkan dalam proses operasi ini yaitu berkisar antara 1-2 jam.

Sedangkan untuk bius yang dilakukan biasanya hanya menggunakan bius lokal, namun tidak menutup kemungkinan diperlukan bius total, karena hal ini juga tergantung dari kondisi masing-masing pasien.

Biaya Operasi Kista Ganglion di Rumah Sakit

Biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan operasi kista ganglion ini sangat bervariasi. Hal tersebut disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya yaitu ada kebijakan dari masing-masing rumah sakit, gejala pasien, biaya untuk konsultasi kepada dokter spesialis serta perawatan medis lainnya.

Bagi yang membutuhkan informasi mengenai biaya untuk operasi kista ganglion, sebagai perkiraan dalam menyiapkan dana yang dibutuhkan untuk melakukan operasi tersebut, berikut ini merupakan daftar harga operasi ganglion di berbagai rumah sakit di Indonesia:

1. Harga operasi kista ganglion di Bekasi

  • Rumah Sakit Harapan Mulia Bekasi: harga yaitu mulai dari Rp800.000.
  • Rumah Sakit Permata Bekasi: harga yaitu mulai dari Rp240.000.

2. Harga operasi kista ganglion di Depok

  • RSUD Depok: harga yaitu mulai dari Rp000.000 hingga Rp7.000.000.
  • Rumah Sakit Medika Depok: harga yaitu mulai dari Rp9.000.

3. Harga operasi kista ganglion di Semarang

  • RS Pantiwilasa Citarum:┬áharga yaitu mulai dari Rp4 juta sampai Rp6.000.000.

4. Harga operasi kista ganglion di Surabaya

  • Rumah Sakit Bedah Surabaya: harga yaitu berkisar antara Rp8.000.000 hingga Rp10.000.000.
  • Rumah Sakit Premier Surabaya: harga yaitu mulai dari Rp50.000.000.

5. Harga operasi ganglion di Makassar

  • Rumah Sakit Sitti Khadijah III Makassar: harga yaitu mulai dari Rp12.000.000.
  • RSKD Ibu dan Anak Pertiwi Makassar: harga yaitu mulai dari Rp5.000.

6. Harga operasi kista ganglion di Subang

  • RSU Karisma: harga yaitu mulai dari Rp14.000.

Harga perkiraan mengenai biaya operasi kista ganglion di rumah sakit tersebut sangatlah bervariasi, setiap rumah sakit memiliki ketentuan harga yang berbeda-beda.

Sehingga untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas, bisa langsung menanyakannya ke fasilitas kesehatan terdekat. Sehingga bisa diketahui untuk harga pasti yang harus dibayar beserta rinciannya, karena bisa saja harga tersebut masih belum termasuk untuk biaya perawatan dan obat.

Selain itu, walaupun biaya untuk tindakan operasi kista ganglion ini terbilang cukup mahal, namun apabila pasien menjadi anggota BPJS Kesehatan, maka biaya operasi bisa gratis atau nol rupiah. Jadi tidak perlu pusing-pusing lagi memikirkan mengenai biaya rumah sakit.

Informasi mengenai biaya operasi kista ganglion di beberapa rumah sakit di Indonesia, bisa menjadi perkiraan untuk menyiapkan dana yang dibutuhkan sebelum melakukan operasi. Walaupun demikian, bagi yang tidak memiliki banyak dana tentu tidak perlu khawatir lagi.

Pasalnya biaya dari operasi ini juga bisa ditanggung oleh BPJS Kesehatan, jadi bagi yang menjadi anggota dari asuransi kesehatan tersebut biayanya bisa ditanggung bahkan bisa menjadi gratis atau nol rupiah.

Baca Juga:

error: