Biaya Tambal Gigi di Semua Rumah Sakit dan Klinik

Beben.id – Kesehatan gigi sangat penting diperhatikan dan dijaga. Gigi yang tidak pernah dijaga kebersihannya tentu akan menyebabkan gigi berlubang dan akhirnya harus ditambal. Lantas berapa biaya tambal gigi pada umumnya?

Biaya yang dibutuhkan untuk tambal gigi biasanya tidak menentu karena tergantung dari tingkat kemarahan gigi tersebut. Biaya ini juga tergantung dimana tempat tambal giginya. Umumnya biaya di RS, puskesmas, dan dokter spesialis gigi, punya perbedaan yang cukup signifikan.

Kisaran Biaya Tambal Gigi di Beberapa Tempat

Sebagaimana yang dijelaskan di atas, tambal gigi di setiap tempat kemungkinan punya perbedaan harga. Baik itu nama tempatnya ataupun kota tempat tambal gigi tersebut. Biasanya di kota besar yang padat penduduk akan punya kisaran harga yang lebih mahal.

Namun hal tersebut juga bisa dipengaruhi oleh faktor keahlian dokter dan alat yang disediakan. Agar tak penasaran, berikut ini beberapa kisaran biaya di beberapa kota yang berbeda untuk tambal gigi:

1. Tambal Gigi di Klinik

Kisaran biaya yang ada di klinik untuk tindakan tambal gigi, umumnya memiliki perbedaan yang disesuaikan dengan fasilitas dan kebijakan klinik tersebut. Setiap kota punya perbedaannya. Berikut ini beberapa kisaran harga dari beberapa kota:

  • Klinik di Kota Surabaya kisaran biayanya sekitar Rp100.000,-.
  • Klinik di Bekasi estimasi biayanya Rp130.000,-.
  • Klinik di Kota Jakarta dan Bali punya estimasi yang hampir sama, yakni Rp150.000,-.
  • Di Depok berbeda lagi dengan Jakarta dan Bekasi. Estimasi di klinik Depok bisa mencapai Rp200.000,-.
  • Klinik di Tangerang Selatan kisaran biaya untuk tambal giginya Rp350.000,-.

Meskipun kisaran biaya di atas berlaku untuk sebagian besar klinik di Kota tersebut, namun tentu saja biaya tersebut bisa saja berubah dan tidak sama sesuai kebijakan klinik tersebut.

Baca Juga:  Jam Besuk RS Panti Wilasa Citarum Semarang Update 2024

2. Tambal Gigi di Puskesmas

Secara umum, tambah gigi di Puskesmas punya kisaran biaya yang jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan biaya di klinik atau rumah sakit. Umumnya untuk satu gigi saja yang ditambal, pasien hanya perlu mengeluarkan uang sekitar 30 ribu rupiah saja.

Namun jika ingin mengganti gigi yang lebih permanen, maka biaya kisarannya bisa mencapai 100 ribu rupiah. Lantas apakah bisa mendapatkan keringanan lain saat tambal gigi di Puskesmas? Dalam hal ini Anda bisa memanfaatkan BPJS.

Ketika Anda punya kartu BPJS, kartu tersebut bisa digunakan saat ingin tambal gigi di Puskesmas. Adapun keringanannya berupa kebebasan biaya. Jadi Anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk tambal gigi.

3. Biaya Tambal Gigi di Rumah Sakit

Berbeda dengan di Puskesmas, biaya tambal gigi yang dilakukan di rumah sakit umumnya jauh lebih mahal. Hal ini karena fasilitas dan layanan yang disediakan biasanya juga lebih lengkap. Meski begitu, setiap rumah sakit juga pasti punya kebijakan sendiri dalam menentukan harga.

Jadi satu rumah sakit dengan rumah sakit lainnya punya estimasi yang berbeda untuk harga tambal gigi. Berikut ini beberapa kisaran harga di beberapa rumah sakit kota:

  • Biaya di rumah sakit Yogyakarta untuk tambal gigi estimasinya Rp75.000,-.
  • Di rumah sakit yang ada di Bandung kisaran harga tambal giginya Rp80.000,-.
  • Di beberapa rumah sakit kota seperti Makassar, Semarang, dan Cirebon, kisaran biayanya Rp100.000,- untuk sekali tambal gigi.
  • Selanjutnya di Depok estimasi harganya bisa mencapai Rp110.000,-.
  • Rumah sakit di Surabaya dan Bogor punya kisaran biaya untuk tambal gigi sekitar Rp250.000,-.
  • Di Jakarta dan Tangerang, estimasi tambal gigi nya lebih mahal, yaitu Rp350.000,-.
  • Estimasi paling mahal ada di rumah sakit yang di Pekanbaru, yaitu mencapai Rp390.000,-.
Baca Juga:  5 Cara Cek Nomor Kontrak Adira 100% Mudah

Yang namanya estimasi tentu bisa lebih murah atau bahkan lebih mahal. Namun kisaran estimasi di atas adalah rata-rata harga yang diberlakukan di rumah sakit kota tersebut. Jika kebijakan rumah sakit berubah, harga bisa saja mengalami perubahan juga.

Estimasi Harga Tambal Gigi Berdasarkan Tingkat Keparahan

Semakin jarang gigi dirawat kebersihannya, maka biasanya semakin parah juga tingkat keparahan lubang gigi. Pasalnya bakteri atau kuman yang membuat gigi berlubang pun akan semakin berkembang. Maka sebenarnya jika sudah tampak tanda-tanda gigi berlubang sebaiknya langsung ditangani.

Namun kebanyakan orang menganggap tanda gigi berlubang ini remeh sehingga malas pergi ke klinik atau Puskesmas untuk melakukan tindakan gigi tersebut. Alhasil gigi berlubang jadi semakin parah. Biaya tambal gigi umumnya juga dipengaruhi oleh tingkat keparahan gigi tersebut.

Semakin parah akan semakin mahal biayanya. Bagi Anda yang ingin melakukan penanganan tambal gigi, ketahui dulu estimasi biayanya berdasarkan tingkat keparahan gigi tersebut. Berikut ini kisaran harganya secara umum:

1. Tingkat Ringan

Sepertinya dijelaskan sekilas di atas, memang ada kondisi yang mana gigi mengalami tanda-tanda berlubang sebelum akhirnya benar-benar berlubang parah. Saat baru muncul tanda-tanda inilah maka bisa dibilang masih dalam tahap atau level ringan.

Biaya tambal gigi yang levelnya masih ringan ini juga masih terjangkau. Biasanya estimasi biaya sekitar Rp150.000,- hingga Rp300.000,- per giginya.

Dengan tingkat keparahan yang masih ringan, maka prosedurnya juga tidak memerlukan bahan atau fasilitas yang berat. Tak heran jika harga kisarannya juga masih rendah.

2. Tingkat Sedang

Tingkat gigi berlubang yang masih sedang ini paling sering dialami oleh kebanyakan orang. Pasalnya gigi berlubang pada tingkat ini sudah menimbulkan rasa sakit saat gigi digunakan beraktivitas. Itulah mengapa pasien memilih untuk segera datang untuk penanganan.

Untuk penanganan gigi berlubang yang levelnya sedang ini terdapat pilihan penanganan ringan atau berat dengan bahan yang rendah atau tinggi. Para pasien biasanya diberikan kebebasan untuk memilih tindakan berdasarkan bahan tambal gigi sedang ini.

Baca Juga:  Biaya Balik Nama Motor 2024 untuk Semua Jenis Motor

Maka harga yang dibandrol juga biasanya tergantung dari pilihan pasien tersebut. Untuk estimasi atau perkiraan biaya dalam level sedang ini adalah antara Rp400.000,- hingga Rp600.000,- tiap giginya.

3. Tingkat Gigi Berlubang Paling Parah

Setelah mengalami fase sedang, gigi berlubang bisa meningkat menjadi lebih parah. Jika sudah parah biasanya akan dilakukan tindakan tambal gigi menggunakan bahan penyanggah aktivitas kunyah paling bagus.

Bagaimana tidak, gigi berlubang yang sudah parah ini biasanya sudah tidak bisa berfungsi menopang aktivitas mengunyah. Mala mau tidak mau dokter akan menggunakan bahan terbaik dalam penanganannya. Pasien pun tidak punya pilihan lain untuk hal tersebut.

Jika sudah begini, biaya yang harus dibayarkan pasien pun semakin tinggi. Estimasi biayanya bisa mencapai Rp700.000,- hingga Rp1.000.000,- tiap giginya. Sangat mahal bukan?

Biaya penanganan gigi berlubang memang rata-rata cukup mahal, apalagi memang gigi adalah organ yang sangat penting di dalam mulut. Faktor yang mempengaruhi biaya tersebut biasanya adalah dari bahan tambal, fasilitas, tingkat keparahan, dan lain-lain-lain.

Biaya tambal gigi yang sudah disebutkan di atas bisa menjadi referensi Anda sebelum melakukan tindakan penanganan terhadap gigi berlubang. Setelah mengetahuinya, kini Anda juga bisa lebih termotivasi untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan gigi.

Baca Juga:

error: