Praktis! 2 Cara Membatalkan Pinjaman di Tunaiku

Berbagai macam kebutuhan yang mendesak sering membuat seseorang mengambil jalan pintas dengan mengajukan pinjaman online seperti di Tunaiku. Namun ada juga yang kemudian berubah pikiran dan ingin membatalkan pinjaman. Lantas bagaimana cara membatalkan pinjaman di Tunaiku?

Mungkin pertanyaan ini juga pernah singgah di benak Anda, terutama ketika masih ragu-ragu untuk mengajukan pinjaman online di Tunaiku. Pinjaman online sendiri dianggap mampu memberikan solusi yang paling cepat ketika terdesak dengan berbagai macam kebutuhan.

Hal itu tidak terlepas dari daya tarik pinjaman online yang menawarkan pinjaman dana tidak lebih dari 24 jam tanpa perlu syarat yang rumit. Sementara untuk Tunaiku sendiri, Anda masih bisa membatalkan pinjaman selama memenuhi beberapa syarat. Untuk lebih jelasnya akan dibahas pada ulasan berikut.

Syarat Membatalkan Pinjaman di Tunaiku

Selain mengetahui cara membatalkan pinjaman di Tunaiku, Anda juga perlu mengetahui persyaratan untuk pengajuan pembatalan. Hal ini sangat penting agar Anda bisa mempersiapkan persyaratan yang diperlukan. Syarat utama untuk membatalkan pinjaman di Tunaiku adalah pinjaman belum disetujui.

Biasanya sebelum ada persetujuan dari pihak pinjaman online, akan ada tahap verifikasi yang memakan waktu sekitar 5 – 20 menit. Agar proses pembatalan mudah, maka Anda bisa menggunakan rentang waktu tersebut untuk mengajukan pembatalan pinjaman.

Alasan Membatalkan Pinjaman

Cara Membatalkan Pinjaman Tunaiku

Tentunya ada beragam alasan mengapa seseorang membatalkan pinjaman di Tunaiku setelah mengajukan pinjaman sebelumnya. Mungkin alasan ini pula yang membuat Anda ingin membatalkan pinjaman yang telah diajukan. Adapun alasan pembatalan pinjaman biasanya adalah:

Baca juga:  Indodana Pinjaman Online Cepat Cair Bayar Bulanan

1. Bunga yang Terlalu Besar

Mungkin sebelumnya Anda tidak begitu menyadari jika suku bunga yang ditetapkan untuk pinjaman online cukup besar sehingga terlanjur mengajukan pinjaman. Ya, suku bunga yang terlalu besar menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang membatalkan pinjaman.

Meskipun dari segi suku bunga sebenarnya terbilang standar untuk jenis layanan pinjaman online, namun tidak sedikit yang merasa keberatan dengan besaran suku bunga tersebut. Sehingga lebih memilih untuk membatalkan pinjaman yang telah diajukan.

2. Salah dalam Menentukan Pinjaman

Alasan lainnya yang membuat peminjam membatalkan pinjaman adalah adanya kesalahan dalam menentukan pinjaman. Sekedar informasi, untuk Tunaiku sendiri menyediakan pinjaman online dengan besaran kredit antara Rp 2 juta hingga Rp 12 juta.

Ada kalanya peminjam salah dalam menentukan pinjaman sehingga khawatir tidak mampu membayar bunga dan pinjaman pokok yang terlalu besar. Hal inilah yang kemudian mendorong peminjam untuk mengajukan pembatalan daripada terlilit hutang yang besar.

3. Sudah Mendapatkan Pinjaman lain

Alasan terakhir mengapa peminjam membatalkan pinjaman adalah karena sudah mendapatkan pinjaman lain yang mungkin bunganya lebih ringan. Hal ini tentu menjadi keputusan yang tepat agar tidak terjebak dalam beberapa jenis pinjaman.

Cara Membatalkan Pinjaman di Tunaiku

Jika Anda sudah mengajukan pinjaman di Tunaiku kemudian ingin membatalkan pinjaman karena beberapa alasan. Seperti bunga yang terlalu besar atau sudah mendapatkan pinjaman lainnya, maka bisa saja mengajukan pembatalan pinjaman online di Tunaiku.

Adapun cara membatalkan pinjaman di Tunaiku adalah seperti berikut:

1. Membatalkan Pinjaman di Tunaiku Sebelum Dana Cair

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, proses pembatalan pinjaman sebelum dana cair atau ketika masih dalam proses verifikasi akan jauh lebih mudah jika dibandingkan setelah dana cair. Caranya adalah:

  • Pertama silahkan menghubungi call center Tunaiku seperti berikut:
  • Di nomor (021) 4000 5859 pada jam operasional, yaitu mulai hari Senin sampai Jumat (08.00 WIB – 00 WIB).
  • Email [email protected]
  • Facebook @tunaikucom.
  • Instagram @tunaikucom.
  • Jika sudah terhubung maka bisa langsung mengajukan pembatalan pinjaman, nantinya pihak customer service akan menjelaskan prosedur yang perlu dilakukan.
  • Akan dijelaskan pula apakah prosedur pembatalan bisa melalui call center atau harus datang ke Amar Bank yang merupakan pemilik layanan pinjaman online Tunaiku.
  • Biasanya untuk proses pembatalan dibutuhkan beberapa dokumen seperti KTP dan KK asli serta perangkat ponsel yang telah terinstal aplikasi Tunaiku.
  • Jika diharuskan untuk datang secara langsung ke kantor Amar Bank maka bisa langsung mendatangi kantor cabang terdekat dengan membawa dokumen yang diperlukan.
  • Selanjutnya silahkan ajukan pembatalan pinjaman dengan menyertakan alasan yang masuk akal mengapa pinjaman harus dibatalkan.
  • Jika sudah maka Anda juga perlu membuat surat pernyataan mengenai pengajuan pembatalan pinjaman kepada pihak Tunaiku dengan disertai materai.
  • Untuk surat permohonan pembatalan pinjaman di dalamnya memuat informasi tentang jenis pinjaman yang dibatalkan, alasan pembatalan pinjaman lengkap dengan tanggal, tagihan, plafon dan juga tenor.
  • Apabila permohonan untuk pembatalan pinjaman di Tunaiku disetujui maka pihak Amar Bank selaku pemilik produk pinjaman online akan membatalkan pinjaman tersebut.
Baca juga:  Bunga Indodana Paylater dan Pinjaman Tunai 2022

2. Membatalkan Pinjaman di Tunaiku setelah Dana Cair

Pada dasarnya, untuk jenis pinjaman yang dananya sudah cair akan lebih sulit untuk dibatalkan. Tidak heran jika banyak yang gagal mengajukan pembatalan pinjaman online setelah dana cair.

Hal itu disebabkan karena pembatalan akan melanggar kontrak pinjaman yang telah disetujui dan juga tagihan yang sudah berjalan. Kalaupun pengajuan pembatalan disetujui, maka prosedurnya bukanlah berupa pembatalan pinjaman tetapi pelunasan yang dipercepat.

Pada prosedur tersebut maka Anda sebagai peminjam akan dikenakan sanksi administrasi yang terdiri dari denda pelunasan yang dipercepat serta bunga berjalan. Adapun untuk besaran denda yang dikenakan tidak lebih dari 5% dari sisa pinjaman yang diajukan sebelumnya.

Jadi bagi Anda yang ingin membatalkan pinjaman setelah dana cair, maka perlu mempersiapkan sejumlah dana untuk membayar denda  dan bunga berjalan. Adapun cara membatalkan pinjaman di Tunaiku setelah dana cair adalah seperti berikut:

  • Silahkan datang langsung ke kantor cabang Amar Bank terdekat. Untuk alamat kantor pusat Amar Bank sendiri ada di gedung Graha Niaga Thamrin Lantai 1 Area. Yaitu di Jalan KH. Mas Mansyur No. 2 RT. 2/ RW. 8, Kb. Kacang, Tanah Abang, Jakarta Pusat.
  • Konsultasikan pembatalan pinjaman kepada customer service beserta alasan yang logis.
  • Lakukan prosedur pembatalan atau pelunasan yang dipercepat sesuai dengan informasi yang diberikan customer service.
  • Dalam hal ini yang terpenting Anda sudah menyiapkan dana untuk pelunasan hutang yang dipercepat serta biaya lainnya untuk keperluan denda dan bunga berjalan.
  • Siapkan pula beberapa dokumen yang diperlukan untuk keperluan pembatalan atau pelunasan yang dipercepat.
Baca juga:  7 Resiko Tidak Bayar Akulaku! Hati-hati di Penjara

Mengajukan pinjaman online memang dianggap sebagai solusi yang paling praktis dan cepat untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan yang sifatnya mendesak. Perasaan tidak enak atau sungkan untuk meminjam uang ke saudara atau kerabat menjadi salah satu alasan mengajukan pinjaman online.

Meski begitu, dalam mengajukan pinjaman online pun harus bijak dan disesuaikan dengan kebutuhan. Selain itu, penting juga mempertimbangkan kemampuan diri dalam membayar angsuran pinjaman. Jika memang tidak memiliki kemampuan finansial yang cukup maka sebaiknya tidak mengajukan pinjaman.

Karena dikhawatirkan hal itu justru akan membuat keadaan semakin sulit dan terlilit banyak hutang. Jika memang sudah terlanjur mengajukan pinjaman di Tunaiku dan berubah pikiran, maka Anda bisa melakukan cara membatalkan pinjaman di Tunaiku seperti yang telah dijelaskan di atas.

Baca Juga:

error:
close