2 Cara Membatalkan Pinjaman di Tunaiku Terbaru 2024

Beben.id – Dalam situasi tertentu, kita mungkin perlu mengambil pinjaman online untuk memenuhi kebutuhan mendesak. Salah satu pilihan yang populer adalah Tunaiku, yang menawarkan proses cepat dan mudah. Namun, terkadang ada perubahan keputusan dan kita ingin membatalkan pinjaman yang telah diajukan. Bagaimana sebenarnya cara membatalkan pinjaman di Tunaiku? Artikel ini akan membahas langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk membatalkan pinjaman di Tunaiku.

Alasan Membatalkan Pinjaman

Cara Membatalkan Pinjaman Tunaiku

Sebelum kita membahas langkah-langkah untuk membatalkan pinjaman di Tunaiku, ada baiknya kita mengetahui beberapa alasan umum mengapa seseorang memilih untuk membatalkan pinjaman yang telah diajukan sebelumnya. Beberapa alasan yang mungkin termasuk:

1. Bunga yang Terlalu Besar

Beberapa orang mungkin tidak menyadari bahwa suku bunga untuk pinjaman online bisa cukup tinggi. Hal ini bisa menjadi alasan bagi mereka yang merasa terbebani dengan besaran suku bunga tersebut dan memilih untuk membatalkan pinjaman.

2. Salah dalam Menentukan Pinjaman

Kesalahan dalam menentukan jumlah pinjaman adalah alasan lain yang mungkin membuat seseorang membatalkan pinjaman. Terkadang, seseorang mungkin khawatir bahwa mereka tidak akan mampu membayar bunga dan jumlah pokok pinjaman yang terlalu besar. Hal ini mendorong mereka untuk membatalkan pinjaman yang telah diajukan.

Baca Juga:  Kode Referal Kredivo 100% Aprove, Limit 10 Juta

3. Sudah Mendapatkan Pinjaman Lain

Terakhir, seseorang mungkin membatalkan pinjaman karena mereka telah mendapatkan pinjaman dari sumber lain yang menawarkan suku bunga yang lebih rendah. Dalam situasi ini, membatalkan pinjaman di Tunaiku merupakan keputusan yang bijak untuk menghindari memiliki beberapa pinjaman yang harus dilunasi.

Persyaratan untuk Membatalkan Pinjaman di Tunaiku

Sebelum kita melangkah ke langkah-langkah untuk membatalkan pinjaman di Tunaiku, ada beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi. Pastikan Anda memenuhi persyaratan berikut sebelum memulai proses pembatalan:

Pinjaman belum disetujui: Pastikan pinjaman Anda masih dalam tahap verifikasi dan belum disetujui oleh Tunaiku.

Cara Membatalkan Pinjaman di Tunaiku Sebelum Dana Cair

Jika Anda ingin membatalkan pinjaman di Tunaiku sebelum dana cair, berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti:

Langkah 1: Hubungi Call Center Tunaiku

  • Anda dapat menghubungi call center Tunaiku melalui nomor (021) 4000 5859 selama jam operasional, yaitu mulai dari hari Senin sampai Jumat pukul 08.00 WIB – 00 WIB.
  • Anda juga dapat menghubungi Tunaiku melalui email [email protected], akun Facebook @tunaikucom, atau akun Instagram @tunaikucom.

Langkah 2: Ajukan Pembatalan Pinjaman

  • Setelah terhubung dengan customer service Tunaiku, ajukan permohonan pembatalan pinjaman Anda.
  • Customer service akan memberikan instruksi mengenai prosedur yang perlu Anda ikuti.
  • Mungkin Anda diminta untuk mengunjungi salah satu kantor cabang Amar Bank yang merupakan pemilik Tunaiku, atau proses pembatalan dapat dilakukan melalui call center.
Baca Juga:  Berapa Bunga Kredivo? Simulasi Pinjaman Kredivo

Langkah 3: Persiapkan Dokumen yang Diperlukan

  • Pastikan Anda telah menyiapkan dokumen-dokumen seperti KTP dan KK asli, serta perangkat ponsel yang telah terinstal dengan aplikasi Tunaiku.
  • Jika Anda diminta untuk datang langsung ke kantor Amar Bank, kunjungi kantor cabang terdekat dan bawa dokumen yang diperlukan.

Langkah 4: Ajukan Surat Pernyataan Pembatalan Pinjaman

  • Buat surat pernyataan mengenai pengajuan pembatalan pinjaman kepada pihak Tunaiku, yang dilampiri dengan materai.
  • Surat tersebut harus mencantumkan informasi tentang jenis pinjaman yang dibatalkan, alasan pembatalan, tanggal pinjaman, tagihan, plafon, dan tenor.

Langkah 5: Tunggu Persetujuan Pembatalan

  • Jika permohonan pembatalan pinjaman Anda disetujui, pihak Amar Bank selaku pemilik Tunaiku akan membatalkan pinjaman tersebut.

Cara Membatalkan Pinjaman di Tunaiku setelah Dana Cair

Jika pinjaman Anda sudah cair, membatalkan pinjaman akan sedikit lebih sulit. Namun, jika Anda masih ingin membatalkannya, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Kunjungi Kantor Cabang Amar Bank

  • Silakan kunjungi kantor cabang Amar Bank terdekat.
  • Alamat kantor pusat Amar Bank terletak di gedung Graha Niaga Thamrin Lantai 1 Area, Jalan KH. Mas Mansyur No. 2 RT. 2/ RW. 8, Kb. Kacang, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Langkah 2: Konsultasikan Pembatalan Pinjaman kepada Customer Service

  • Ajukan pembatalan pinjaman kepada customer service dan jelaskan alasan yang logis.
  • Ikuti prosedur pembatalan atau pelunasan yang dipercepat sesuai dengan petunjuk yang diberikan oleh customer service.
Baca Juga:  8 DC Pinjol Apa Saja yang Datang ke Rumah 2024

Langkah 3: Siapkan Dana untuk Pelunasan Hutang

  • Ketika membatalkan pinjaman setelah dana cair, Anda perlu mempersiapkan dana untuk membayar denda pelunasan yang dipercepat dan bunga berjalan.
  • Besaran denda yang dikenakan biasanya tidak lebih dari 5% dari sisa pinjaman yang diajukan sebelumnya.

Kesimpulan

Mengajukan pinjaman online bisa menjadi solusi praktis untuk kebutuhan mendesak. Namun, penting untuk bijak dalam mengambil keputusan dan mempertimbangkan kemampuan finansial kita. Jika Anda ingin membatalkan pinjaman di Tunaiku, pastikan Anda memenuhi persyaratan dan ikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas. Selalu ingat untuk membaca dan memahami syarat dan ketentuan sebelum mengajukan pinjaman.

Baca Juga:

error: