6 Solusi Tidak Bisa Bayar Pinjaman Online 100% Ampuh

Pinjaman online kini semakin menjamur di Indonesia. Namun, tak menutup kenyataan bahwa masalah pinjaman juga semakin bertambah. Jika sudah begini, Anda perlu mencari solusi tidak bisa bayar pinjaman online yang bisa dilakukan.

Tak sedikit orang yang terlilit hutang dalam jumlah yang cukup besar hingga ratusan juta hanya karena tidak mampu membayar pinjaman. Salah pilih pinjaman online sangat berisiko membuat Anda terjebak dengan utang dan ancaman.

Hal ini sudah dirasakan oleh sebagian besar orang yang mengakut sangat resah dengan aktivitas petugas pinjaman online yang disebut memaksa bahkan berani mengancam menyebarkan data pribadi peminjam.

Tips Mengatur Keuangan Agar Tidak Banyak Meminjam

Solusi Tidak Bisa Bayar Pinjol

Sebetulnya, masyarakat sudah diingatkan untuk tetap waspada memilih tempat sebelum melakukan pinjaman online. Alasannya, tidak sedikit yang ilegal. Modus jebakan yang bisa menjerat peminjam juga bermacam-macam.

Beberapa kasus yang terjadi, orang yang terlilit hutang hingga ratusan juga bisa membuatnya memutuskan untuk bunuh diri. Seperti beberapa waktu yang lalu, ada kasus di mana ada seorang guru yang terlilit hutang pinjaman online ilegal hingga jutaan rupiah sampai harus kehilangan pekerjaan.

Muncul lagi kasus serupa, yang mulanya hanya meminjam sebesar Rp3,7 juta karena terlalu sering terlambat bisa menjadi Rp206,3 juta. Sebelum membahas apa saja solusi tidak bisa bayar pinjaman online Anda perlu mengetahui dulu tips mengatur keuangan agar tidak terlalu banyak meminjam:

1. Memiliki Catatan Keuangan Pribadi

Mulailah dengan mengatur keuangan pribadi karena kegunaannya sangat banyak sekali. Jika Anda melakukan langkah ini dengan konsisten, maka keuangan pribadi akan tetap tidak beraturan dan tidak tercatat dengan baik. Akhirnya berujung berhutang sana sini.

Dengan rajin mencatat keuangan pribadi, Anda bisa melacak kemana saja uang yang gunakan. Anda bisa mengetahui dengan jelas, pengeluaran apa saja yang bisa Anda kurangi dan ditambah nominalnya sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga:  7 Resiko Gagal Bayar Pinjaman Online Legal (Resmi)

Tujuan keuangan akan lebih mudah tercapai dengan membiasakan diri mencatat keuangan pribadi sehingga Anda bisa mengetahui rentang waktu untuk mewujudkan target Anda.

2. Pisahkan Kebutuhan dan Keinginan

Penting sekali memisahkan antara kebutuhan dan keinginan. Sekilas keduanya tampak sama, namun Anda harus benar-benar cermat.

Kebutuhan bisa dibilang sebagai penunjang kehidupan Anda. Sedangkan keinginan biasanya hanya berdasarkan nafsu padahal tak begitu penting.

Solusi Tidak Bisa Bayar Pinjaman Online

Setelah mengetahui bagaimana cara mengatur keuangan, namun Anda sudah terlanjur mengajukan hutang di pinjaman online tapi belum bisa membayar.

Jika sudah begini, berikut kami berikan beberapa solusi bagi yang tidak bisa bayar pinjaman online beserta resikonya:

1. Restrukturisasi Kredit

Apabila Anda mengajukan pinjaman online, biasanya Anda akan diberikan jadwal pembayaran cicilan sesuai kesepakatan di awal. Biasanya, pihak bank akan mengingatkan Anda 3 hari sebelum jatuh tempo entah itu melalui notifikasi email, SMS, atau telepon.

Baca juga: 8 Cara Menghadapi Ancaman Debt Collector Lewat Telepon

Namun jika Anda belum juga bisa membayar pinjaman online, Anda bisa mencoba untuk restrukturisasi kredit, seperti:

  • Memperpanjang waktu cicilan agar lebih lama.
  • Mengurangi suku bunga pinjaman.
  • Mengurangi pokok hutang.
  • Mengganti pinjaman menjadi modal sementara.

Namun, berbeda dengan pinjaman yang ilegal. Umumnya, pinjaman online ilegal tidak ada izin dengan OJK. Sehingga, prosedur penagihannya pun tidak sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan oleh AFPI. Kemungkinan besar, Anda akan diteror setiap hari seperti kasus pinjaman online yang sedang ramai terjadi.

2. Jangan Dipendam Sendiri

Jika Anda tidak merespon sama sekali, bahkan selalu menghindar ketika dihubungi oleh pihak pinjaman online, maka bersiaplah menghadapi mereka. Sebab, penagih pinjaman online tidak akan berhenti begitu saja.

Hal pertama yang akan dilakukan mereka lakukan untuk meneror Anda dengan menghubungi keluarga atau kerabat dekat yang nomornya tertera di dalam pinjaman online.

Sangat mengganggu karena mereka melakukannya tak hanya sekali tapi terus-menerus menghubungi keluarga, kerabat, dan teman Anda. Bahkan, ada beberapa kasus karena pinjaman online seseorang dikeluarkan dari tempatnya bekerja.

Baca juga:  DC Tunaiku 2022 Ancam Sebar KTP & Foto Wajah

Jadi, jika Anda tak sanggup membayar pinjaman online atau terlilit hutang, jangan diam saja memendamnya, ceritakanlah hal yang Anda alami pada keluarga untuk mendapatkan solusi.

3. Mulailah Hidup Hemat

Karena dilakukan secara online, jangan kira pinjaman online akan diam saja jika Anda tidak melakukan pembayaran. Layanan pinjaman online juga akan menggunakan debt collector jika nasabah tidak membayar cicilan setelah jatuh tempo.

Akan tetapi, Anda perlu ketahui bahwa cara penagihan utang pinjaman ilegal dan legal tentunya berbeda. Solusi tidak bisa bayar pinjaman online adalah mulai hidup hemat guna mengurangi pengeluaran berlebihan agar tagihan cicilan dapat terlunasi.

Jadi, tak ada salahnya jika dari sementara waktu Anda menyampingkan keinginan belanja pakaian, tas, sepatu, dan lain-lain selama masih punya angsuran pinjol.

4. Mencari Pekerjaan Sampingan

Debitur yang tidak mampu melunasi utang setelah ditagih oleh debt collector akan segera masuk ke dalam daftar hitam SLIK OJK. Artinya, Anda akan kesulitan atau bahkan tak bisa lagi mengajukan pinjaman di fintech atau bank lainnya.

Tapi hal ini berbeda jika Anda meminjam di pinjaman online ilegal karena mereka akan melakukan cara apapun untuk menagih utang bahkan dengan cara yang melanggar hukum sekalipun.

Maka dari itu, salah satu solusi tidak bisa bayar pinjam online yang bisa dilakukan dengan mencari tambahan dengan melakukan beberapa pekerjaan sampingan.

Misalnya, bekerja sebagai pengemudi ojek online (ojol), penulis lepas, atau seller online shop untuk mendapatkan tambahan penghasilan.

Baca juga:  7 Pinjaman Tanpa Jaminan Surabaya 5 Menit Cair

5. Melakukan Negosiasi

Apabila sudah dilakukan berbagai cara tapi Anda tetap bisa membayar hutang-hutang, tentunya pihak pinjol atau bank tak mau rugi. Mereka akan segera mencari cara lain agar uang yang dipinjamkan kembali. Salah satu caranya dengan menyita harta benda debitur.

Maka dari itu, banyak perusahaan yang gulung tikar atau bangkrut karena rumah atau kantor disita oleh bank. Ini bisa jadi disebabkan karena terlilit utang dengan bunga yang banyak.

Jika Anda mengalami hal demikian, solusi yang dapat dilakukan yakni melakukan negosiasi dengan pihak fintech atau bank untuk menurunkan bunga Anda.

6. Melapor Pada Pihak Berwajib

Solusi terakhir yang dapat Anda lakukan ketika diteror hingga melakukan kekerasan saat melakukan penagihan, dengan melapor pada pihak yang berwajib. Apalagi, saat ini semakin ramai pelecehan nama baik yang dilakukan oleh pinjaman online ilegal.

Biasanya, hal ini disebabkan karena debitur yang tidak mampu melunasi utangnya sesuai perjanjian awal. Sangat disayangkan sekali, masih banyak calon debitur yang belum bijak dalam memilih tempat pinjaman online. Tak heran, jumlah korban pinjol ilegal ini terus-menerus bertambah.

Apabila Anda menerima perlakuan yang memang tidak menyenangkan seperti pelecehan nama baik, terus, dan kekerasan segeralah melapor perlakukan tersebut pada pihak yang berwajib seperti OJK, Bank Indonesia, YLKI, ataupun AFPI.

Itulah beberapa solusi tidak bisa bayar pinjaman online yang bisa Anda coba. Jangan sampai karena pinjaman online yang tidak seberapa menjadi berlipat-lipat karena Anda telat membayar. Belajarlah terus bagaimana cara mengontrol keuangan yang tepat.

Baca Juga:

Artikel Terkait

error: