3 Cara Reprint EDC BCA (Tutorial+Gambar) 2024

Beben.id – Di zaman sekarang ini, metode pembayaran yang dihadirkan semakin beragam. Tidak hanya bisa melakukan pembayaran dengan uang cash saja, namun menggunakan e-wallet dan kartu juga bisa dilakukan. Pelaku usaha tentu perlu mengetahui cara reprint EDC BCA untuk kelancaran transaksi.

Kemudahan akses diberikan untuk dapat mempermudah dan mempercepat transaksi yang dilakukan. Hal ini dapat secara efektif meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap pelayanan yang diberikan dan mempercepat antrian saat bertransaksi.

Tentang Mesin EDC

EDC adalah mesin elektronik yang fungsinya mencatat transaksi jual beli yang dilakukan. Alat ini mampu menerima pembayaran yang dihubungkan secara langsung dengan rekening bank pemilik toko.

Mesin ini menjadi perantara yang akan menghubungkan rekening pelanggan dan pemilik toko sehingga transaksi bisa dilakukan secara lebih mudah. Tata cara menggunakannya cukup mudah, pelanggan hanya perlu menggesek kartu pada mesin EDC.

Pelanggan perlu input nomor PIN untuk keperluan validasi. Nantinya secara otomatis saldo pada rekening pelanggan akan berkurang sesuai dengan nilai transaksi yang dilakukan. Dana pembayaran akan langsung masuk ke rekening pemilik toko.

Mesin EDC BCA diberikan kepada pihak toko setelah perjanjian atau kerjasama antara bank dan toko dilakukan. Terdapat dua tipe kartu yang bisa digunakan untuk bertransaksi di mesin EDC, yaitu debit dan kredit.

Setiap mesin EDC akan terkoneksi secara otomatis dengan server perbankan dan akan mencetak struk ketika transaksi berhasil dilakukan.

Selain memahami cara bertransaksi, pemilik toko juga harus memahami langkah-langkah reprint EDC BCA sesuai kebutuhan agar dapat memiliki bukti dari setiap transaksi yang dilakukan.

Baca Juga:  2 Cara Cek Bukti Transfer Bukopin via SMS dan ATM

Tutorial Cara Reprint EDC BCA Untuk Berbagai Transaksi

Cara reprint EDC BCA tentu harus dipahami oleh pelaku usaha dan juga orang yang bekerja di kasir. EDC merupakan mesin elektronik yang bisa saja mengalami kendala saat digunakan, seperti kertas tidak keluar.

Beberapa faktor bisa saja menjadi penyebabnya, seperti kertas habis dan lain sebagainya. Untuk itu penting memahami bagaimana cara melakukan reprint sesuai dengan kebutuhan. Inilah beberapa cara yang bisa dilakukan:

1. Reprint EDC BCA Transaksi Lama atau yang Sudah Lewat

Untuk toko yang menyediakan metode pembayaran non tunai, tentu sudah tidak asing dengan alat EDC BCA. Banyak sekali pelanggan yang sering melakukan transaksi dengan menggunakan EDC BCA.

Agar bisa mencetak struk yang dibutuhkan, kasir tentu harus memahami bagaimana cara menggunakan mesin EDC.

Akibat berbagai hal, pemilik toko mungkin perlu menerapkan cara reprint EDC BCA yang sudah terlewat. Hal tersebut bisa dilakukan secara mudah dengan mengikuti panduan berikut ini:

  • Siapkan mesin EDC dan pastikan masih memiliki kertas untuk dapat mencetak struk.
  • Pilih Tombol Hijau yang ada pada mesin EDC.
  • Klik Tombol Panah.
  • Tekan opsi menu Batch, Pilih Ok.
  • Pilih bagian menu Review, lanjutkan dengan menekan Ok.
  • Pilih Transaksi yang struknya akan dicetak ulang. Pastikan untuk memilihnya dengan benar.
  • Tekan Print untuk mencetak.
  • Secara otomatis mesin akan mencetak ulang struk transaksi yang dipilih.
  • Lakukan langkah yang sama untuk reprint struk transaksi lainnya.

2. Reprint EDC BCA Transaksi Terakhir

Maraknya transaksi non tunai membuat penggunaan mesin EDC semakin digemari. Hal ini membuat banyak toko saat ini tidak hanya menerima pembayaran secara tunai saja.

Namun, juga menerima pembayaran cashless. Bagaimana cara reprint EDC BCA yang baru sesuai dengan transaksi terakhir. Ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Periksa kertas struk di mesin EDC terlebih dahulu. Pastikan masih tersedia.
  • Tekan bagian tombol Navigasi ke Bawah.
  • Pilih tombol Function (F).
  • Pada bagian layar EDC akan muncul sebuah perintah yang menanyakan terkait “number”.
  • Input angka 73 untuk melanjutkan.
  • Mesin akan mencetak ulang struk untuk transaksi yang terakhir.
  • Tunggu hingga bukti transaksi tercetak.
  • Silahkan simpan struk yang sudah dicetak ulang.
Baca Juga:  Nomor Rekening Bank Permata Berapa Digit? Cek Disini

3. Reprint EDC BCA Berdasarkan Invoice Number

Reprint EDC BCA tidak hanya bisa dilakukan untuk transaksi terbaru maupun yang telah terlewat saja. Namun kamu juga bisa mencetak ulang dengan menggunakan invoice number.

Setiap transaksi memiliki invoice number yang berbeda sehingga proses identifikasi bisa dilakukan secara lebih mudah dan struk pun bisa dicetak ulang. Bagaimana cara reprint EDC BCA dengan invoice number? Perhatikan panduan di bawah ini.

  • Tekan Tombol Hijau di mesin EDC.
  • Gunakan Tombol Navigasi atas bawah untuk mengakses menu pilih.
  • Tekan opsi menu Batch.
  • Pilih fitur Find yang tersedia.
  • Input Invoice Number untuk transaksi yang akan dicetak ulang.
  • Periksa kembali nomor invoice yang diinput agar tidak terjadi kesalahan.
  • Pilih Print. Struk transaksi akan keluar.

Keuntungan Penggunaan Mesin EDC Untuk Pelaku Usaha

Perkembangan teknologi mengharuskan pelaku usaha untuk dapat senantiasa melakukan inovasi sehingga mampu memberikan layanan yang mudah dan nyaman. Salah satunya adalah menyediakan metode pembayaran yang beragam.

Terdapat beberapa keuntungan yang bisa didapatkan oleh pelaku usaha jika menggunakan mesin EDC. Berikut di antaranya:

1. Menyediakan Pembayaran Cashless

Dengan menggunakan mesin EDC, pelaku usaha dapat menyediakan metode pembayaran yang lebih beragam untuk pelanggan.

Tersedianya pembayaran cashless membuat pelanggan merasa lebih nyaman dan senang melakukan transaksi. Tidak perlu lagi repot membayar uang tunai. Hal ini bisa jadi elemen yang mampu menarik pelanggan untuk bertransaksi.

2. Mempercepat Transaksi

Penggunaan EDC dapat secara efektif mempercepat proses transaksi sehingga dapat mengurangi antrian. Perhitungan pembayaran dengan EDC BCA dilakukan secara otomatis sehingga pihak kasir tidak perlu menghitung uang kembalian dengan cara manual lagi.

Pencatatan transaksi pun akan dilakukan dengan lebih cepat sehingga tidak merepotkan. Dengan begitu pelanggan tidak perlu lagi menunggu lama saat ingin bertransaksi.

3. Log Transaksi Jelas

Transaksi yang dilakukan melalui mesin EDC akan tercatat secara otomatis sehingga riwayatnya dapat tersimpan dengan lebih jelas dan lengkap. Dengan begitu, pelaku usaha tidak perlu repot lagi mencatat setiap transaksi yang dilakukan.

Baca Juga:  9 Cara Tarik Tunai Kartu Kredit BRI di ATM Terdekat

4. Meminimalisir Tindak Kecurangan

Keuntungan lain saat pelaku usaha menggunakan mesin EDC adalah dapat meminimalisir terjadinya tindak kecurangan atau kesalahan yang dilakukan oleh karyawan. EDC beroperasi secara otomatis dengan mengikuti pola sistem yang sudah ada, sehingga karyawan tidak bisa melakukan kecurangan.

Selain itu, kesalahan perhitungan dapat diminimalisir jika transaksi dilakukan melalui EDC karena sudah menerapkan sistem secara otomatis. Dengan begitu usaha yang dikelola bisa berjalan secara baik dan terstruktur.

5. Cetak Bukti Transaksi Secara Instan

Saat melakukan transaksi, pihak toko harus mengeluarkan bukti valid yang diberikan kepada pelanggan. Dengan menggunakan mesin EDC, proses cetak bukti transaksi bisa dilakukan secara instan.

Ketika pembayaran akan transaksi yang dilakukan telah berhasil, secara otomatis mesin akan mencetak bukti. Bahkan ketika transaksi sudah terlewat, mesin EDC juga bisa mencetak ulang struk jika dibutuhkan.

Penggunaan mesin EDC akan membuat toko terlihat lebih profesional sehingga membuat pelanggan nyaman berbelanja.

Cara reprint EDC BCA tidaklah sulit untuk dilakukan. Tentukan terlebih dahulu kebutuhannya dan ikuti panduan yang diberikan. Dengan begitu, tidak perlu lagi bingung untuk mencetak ulang struk transaksi yang dibutuhkan. Struk merupakan bukti transaksi yang valid sehingga perlu disimpan.

Baca Juga:

error: