DC JULO 2022 Ancam Sebar KTP dan Foto Wajah

Aplikasi pinjaman online seperti Julo banyak dimanfaatkan untuk mendapatkan dana tunai secara cepat ketika terdesak kebutuhan. Namun tentunya ada kewajiban membayar cicilan yang harus dipenuhi bagi Anda yang mendapatkan pinjaman di Julo. Jika tidak maka siap-siap ditagih DC Julo.

Tidak dipungkiri bahwa kehadiran Julo sebagai salah satu aplikasi pemberi pinjaman online mampu memberikan solusi cepat untuk mendapatkan uang tunai. Kemudahan dalam mengakses pinjaman serta kecepatan dalam pencairan dana memang menjadi daya tarik tersendiri dari aplikasi pinjol Julo.

Tidak heran jika banyak yang kemudian mengakses aplikasi ini dan mengajukan pinjaman untuk berbagai macam keperluan. Seperti membayar sekolah, modal usaha, kebutuhan sehari-hari dan lain sebagainya. Untuk tahu lebih jauh mengenai Julo, berikut ini ulasan lengkapnya.

Sekilas Tentang Julo dan Keunggulannya

Julo merupakan salah satu aplikasi pinjaman online yang resmi dan telah terdaftar di OJK sehingga legalitasnya jelas dan bisa dipertanggungjawabkan. Julo sendiri sudah berdiri sejak tahun 2016 dan secara aktif memberikan pinjaman bagi masyarakat yang membutuhkan.

Selain sudah resmi dan legal, Julo juga menawarkan beberapa keunggulan seperti berikut ini:

1. Suku Bunga Rendah

Dalam mengatur pinjaman online di Indonesia, OJK telah menetapkan besaran bunga yang diperbolehkan yaitu maksimal sebesar 0,8% per hari. Pada aplikasi Julo sendiri besaran bunga yang ditetapkan sebesar 6-10% per bulan sehingga cukup rendah.

Dengan besaran bunga yang rendah tersebut, maka pembayaran cicilan untuk pinjaman Anda jadi lebih ringan sehingga tidak begitu membebani anggaran keuangan bulanan. Meski begitu pastikan untuk selalu tepat waktu dalam membayar agar terhindar dari denda keterlambatan.

2. Limit Pinjaman Cukup Besar

Bagi Anda yang membutuhkan pinjaman dana dalam jumlah yang besar bisa mengajukan pinjaman ke Julo dengan limit hingga Rp 8 juta. Besaran limit ini bahkan sudah berlaku untuk pengajuan pinjaman pertama kali.

Baca juga:  3 Cara Gestun Indodana 100% Aman Pasti Cair

3. Tenor Hingga 8 Bulan

Julo juga menawarkan tenor pinjaman hingga 8 bulan sehingga besaran cicilan yang harus dibayarkan akan cenderung lebih ringan. Hal ini tentu memberikan keuntungan tersendiri bagi Anda, terutama jika dana pinjaman digunakan sebagai modal usaha.

4. Bisa Digunakan untuk Berbagai Macam Transaksi

Aplikasi Julo rupanya tidak terbatas hanya untuk pinjaman online saja, di dalamnya juga terdapat berbagai macam fitur yang bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan. Mulai dari pembelian pulsa, membayar tagihan listrik, hingga membayar iuran BPJS Kesehatan.

5. Data Nasabah Aman

Pada saat pengajuan pinjaman di aplikasi Julo, maka Anda akan diminta untuk memasukkan data diri secara lengkap. Julo sendiri telah memberikan jaminan bahwa data Anda akan aman sehingga tidak perlu khawatir akan disalahgunakan.

Resiko dan Konsekuensi Terlambat Bayar di Julo

Ancaman DC JULO

Bagi Anda yang terlambat membayar cicilan pinjaman di pinjol legal maupun lembaga perbankan lainnya tentu harus bersiap menghadapi resiko dan konsekuensi tertentu karena hal itu sudah termasuk melanggar perjanjian.

Oleh karena itu, sebelum mengajukan pinjaman ke aplikasi Julo maka pastikan Anda memiliki kemampuan untuk membayar cicilan secara tepat waktu dan lancar. Tujuannya semata-mata agar pinjaman Anda lunas tepat waktu dan terhindar dari resiko yang tidak diinginkan.

Seperti di pinjaman online lainnya, berikut ini adalah beberapa resiko dan konsekuensi yang harus dihadapi ketika terlambat bayar cicilan di Julo:

1. Denda dan Bunga Membengkak

Julo menetapkan denda keterlambatan sebesar 5% dari total pinjaman. Dalam hal ini Anda akan diberikan kesempatan untuk melakukan pembayaran dalam waktu 4 hari, dan setelah hari ke-5 maka denda keterlambatan akan diterapkan.

Nominal denda akan terus bertambah persentasenya jika keterlambatan dalam membayar semakin lama. Bahkan untuk keterlambatan 30 hari nominal denda akan sama dengan bunga pinjamannya, sehingga Anda harus benar-benar memperhatikan resiko tersebut.

Baca juga:  Berapa Bunga Easycash? Wajib Tahu Sebelum Meminjam

Sementara untuk bunganya sendiri ditetapkan sebesar 6-10% per bulan. Jika Anda terlambat dalam melakukan pembayaran maka akan dikenakan denda keterlambatan sesuai ketentuan yang berlaku. Semakin lama keterlambatannya maka semakin besar pula yang harus dibayar.

2. Intimidasi DC Julo

Resiko lainnya yang harus dihadapi ketika terlambat membayar cicilan adalah ditagih oleh tim debt collector. Tidak jarang debt collector melakukan penagihan dengan cara dan ucapan yang dianggap kurang sopan sehingga cukup mengganggu dan membuat tidak nyaman.

Sementara untuk prosedur penagihannya sendiri sudah diatur oleh AFPI ( Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia). Yaitu untuk proses penagihan dilakukan maksimal 90 hari sejak jatuh tempo. Di luar batas maksimal tersebut maka tidak ada lagi penagihan DC Julo.

3. Diblacklist oleh Aplikasi Pinjol dan SLIK OJK

Resiko selanjutnya yang harus dihadapi jika Anda terlambat atau bahkan gagal membayar cicilan adalah masuk dalam daftar blacklist platform pinjaman online. Perlu diketahui bahwa saat ini sudah ada 138 platform pinjol yang tergabung dalam  FDC (Fintech Data Center).

Dalam data center tersebut setidaknya ada lebih dari 6 juta data nasabah yang meminjam di aplikasi pinjaman online. Berdasarkan data tersebut, jika ada salah satu nasabah yang terkena blacklist maka platform lainnya tidak akan menyalurkan pinjaman kepada yang bersangkutan.

Selain di-blacklist oleh aplikasi pinjaman online, data nasabah juga akan diserahkan kepada OJK dan dimasukkan ke dalam Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) OJK. Jika sudah begitu maka Anda pun akan kesulitan untuk mengajukan pinjaman di lembaga perbankan.

4. Aplikasi Diblokir

Selain ditagih DC Julo dan masuk daftar blacklist SLIK OJK, resiko lainnya yang harus dihadapi adalah aplikasi akan diblokir. Jika akun Julo Anda diblokir maka tidak bisa mengakses aplikasi tersebut. Namun selama akun diblokir, Anda tetap berkewajiban untuk membayar.

Baca juga:  7 Resiko Tidak Bayar Pinjaman Online! Kontak di Teror

Selain itu, jika skor kredit Anda rendah akibat keterlambatan dalam membayar cicilan maka hal itu akan mempersulit untuk mengajukan pinjaman kembali. Padahal dengan skor kredit yang baik maka akan lebih mudah mengajukan pinjaman lagi dengan bunga yang lebih rendah pula.

Pentingnya Membayar Tepat Waktu di Julo

Bagi Anda yang mendapatkan pinjaman dana dari Julo maka sangat disarankan untuk melakukan pembayaran cicilan tepat waktu. Selain untuk menghindari resiko yang telah dijelaskan sebelumnya, membayar cicilan tepat waktu di Julo juga akan memberikan manfaat seperti berikut:

Kesempatan untuk Mengajukan Pinjaman Kembali

Daripada Anda ditagih terus-terusan oleh DC Julo akan lebih baik jika melakukan pembayaran secara tepat waktu setiap bulannya. Hal ini akan membuat kredit skor Anda bagus sehingga memiliki kesempatan untuk mengajukan pinjaman berikutnya dengan bunga rendah.

Bonus Cashback Menarik

Bagi Anda yang melakukan pembayaran secara tepat waktu sebelum tanggal jatuh tempo maka tersedia bonus cashback menarik sebagai bentuk apresiasi atas ketepatan waktu dalam mengembalikan pinjaman. Cashback tersebut bisa Anda cairkan setelah pinjaman lunas.

Bagaimana, sudah lebih paham kan mengenai aplikasi Julo dan apa saja resikonya jika terlambat atau bahkan gagal bayar di aplikasi ini? Agar terhindar dari resiko ditagih DC Julo serta di-blacklist perbankan, pastikan untuk selalu membayar tepat waktu dan gunakan pinjaman Anda dengan bijak.

Baca Juga:

error: