4 Cara Mudah Tarik Tunai e-Money di Indomaret 2024

Beben.id – Perkembangan keuangan digital di Indonesia saat ini sudah sangat maju. Kini ketika berpergian kamu tidak perlu lagi membawa dompet atau uang tunai untuk keperluan apapun. Kamu bisa menggunakan uang digital atau e-Money, tahukah kamu cara tarik tunai e-Money di Indomaret?

Saat ini sudah banyak masyarakat Indonesia terutama para kaum muda yang menggunakan fasilitas kartu e-Money ini. Selain lebih mudah dibawa, kartu e-Money juga bisa digunakan untuk berbagai keperluan salah satunya adalah berbelanja di berbagai tempat.

Dengan kartu ini kamu bisa berbelanja di Indomaret, Alfamart, Gramedia, berbagai toko online, bahkan kamu bisa menggunakannya ketika di halte Transjakarta.Tapi apakah e-Money bisa dijadikan menjadi tunai? Supaya kamu tidak bingung, yuk simak penjelasan di bawah ini.

Apa itu e-Money?

Sebelum membahas mengenai tarik tunai e-Money di Indomaret, kamu harus tahu dulu apa sebenarnya e-Money itu. Jadi e-Money merupakan suatu alat pembayaran digital yang berupa uang dan disimpan dalam suatu media elektronik tertentu. Biasanya ada dalam sistem perbankan.

Kamu bisa melakukan transaksi elektronik dengan kartu E-Money karena adanya chip yang ditanamkan pada kartu tersebut. e-Money ini bisa kamu gunakan untuk membayar tagihan, melakukan transfer, transaksi jual beli, membayar pajak atau gaji, dan berbagai transaksi lainnya.

Di masa modern seperti saat ini, banyak toko yang sudah menerapkan sistem pembayaran menggunakan e-Money. Toko yang seperti ini biasanya lebih cepat melayani pembelian, karena tidak perlu menyediakan atau mencari uang kembalian untuk pembeli.

Baca Juga:  Biaya Operasi Polip Hidung di Semua Rumah Sakit 2024

Bagaimana Cara Tarik Tunai e-Money di Indomaret

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, e-Money bisa digunakan untuk pembayaran di berbagai gerai seperti Indomaret, Alfamart, Gramedia, dan banyak lagi. Sekarang kami akan menjelaskan tentang bagaimana cara tarik tunai E Money di Indomaret, simak penjelasan berikut.

1. Gunakan Fasilitas Dompet Digital

Langkah pertama yang harus kamu lakukan supaya saldo e-Money bisa ditarik tunai adalah dengan memanfaatkan dompet digital.

  • Kamu bisa menggunakan aplikasi Shopee.
  • Kemudian masuk ke menu Shopeepay dan pilih top up saldo.
  • Kamu bisa memilih berapa saldo yang ingin kamu tunaikan, mulai dari Rp20.000 hingga Rp10.000.000. Tapi perlu diingat hal ini hanya bisa dilakukan jika akun Shopee milikmu sudah terverifikasi.
  • Selanjutnya pilih metode pembayaran Indomaret atau i.saku.

2. Kunjungi Indomaret Terdekat

Setelah memilih metode pembayaran Indomaret, nantinya akan muncul kode pembayaran yang harus ditunjukkan pada kasir Indomaret. Jadi sembari menunggu munculnya kode pembayaran, kamu bisa langsung menuju gerai Indomaret terdekat.

Setelah kode muncul ambil gambar layar kode tersebut supaya kamu bisa melakukan pembayaran top up saldo Shopeepay. Untuk pembayaran ini kamu bisa menggunakan kartu e-Money, tapi pastikan saldonya cukup dan sesuai dengan nominal top up Shopeepay.

3. Berikan Kode Pembayaran pada Kasir

Setibanya kamu di Indomaret, berikan kode pembayaran dan kartu e-Money kepada kasir. Setelah itu, kasir akan segera melakukan transaksi top up saldo Shopeepay. Tunggu beberapa menit selama kasir memproses, jika sudah selesai kamu akan mendapatkan 2 struk.

Struk yang pertama adalah struk yang berasal dari Indomaret, sedangkan struk yang kedua adalah struk transaksi e-Money. Perlu kamu ketahui bahwa setiap transaksi top up saldo Shopeepy yang dilakukan di Indomaret akan ditarik biaya admin Rp2.500.

4. Lakukan Tarik Dana dari Shopeepay

Setelah melakukan top up di Indomaret, kamu harus memastikan terlebih dahulu bahwa saldonya sudah masuk. Jika saldo sudah ada buka menu Shopeepay, pilih tarik dana kemudian tentukan rekening tujuan yang ingin kamu gunakan.

Baca Juga:  4 Biaya Operasi Caesar 2024 Pakai BPJS dan Non BPJS

Masukkan jumlah saldo yang ingin kamu pindah ke rekening tersebut sesuai dengan keinginanmu. Setelah itu, masukkan PIN Shopeepay, pastikan PIN benar karena jika salah lebih dari 3 kali kemungkinan akunmu akan bermasalah.

Terakhir tunggu dalam waktu 1×24 jam sampai saldo Shopeepay masuk ke dalam rekeningmu. Selesai, hanya dengan 4 langkah mudah ini kamu sudah bisa melakukan tarik tunai e-Money di Indomaret dengan bantuan dompet digital.

Setelah melalui keempat tahapan di atas, maka saldo e-Money milikmu akan berpindah ke rekening. Jadi kamu bisa mengambilnya kapan saja ketika membutuhkan, kamu hanya perlu pergi ke ATM untuk melakukan tarik tunai.

Kenapa Tarik Tunai e-Money Tidak Bisa Dilakukan Secara Langsung di Indomaret?

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, untuk melakukan tarik tunai saldo e-Money, kamu harus menggunakan bantuan dompet digital. Contoh dompet digital yang bisa digunakan di antaranya adalah Shopeepay, Gopay, OVO, Dana, dan lain sebagainya.

e-Money tidak bisa digunakan untuk tarik tunai langsung karena pada dasarnya kartu ini berfungsi untuk pengisian saldo atau berbelanja. Jadi untuk melakukan penarikan dana, seharusnya kamu langsung datang ke kantor cabang Bank Mandiri terdekat.

Tapi untuk berkunjung ke Kantor Bank Mandiri tentu kamu membutuhkan waktu yang lebih lama. Apalagi keberadaan kantor bank ini juga tidak terlalu banyak. Jadi cara yang paling mudah untuk mencairkan dana e-Money adalah dengan bantuan dompet digital di Indomaret.

Memang secara sekilas cara ini terlihat sedikit ribet dan membingungkan, tetapi sebenarnya cara ini jauh lebih efektif dan efisien. Hanya dengan bermodalkan gadget dan pergi ke gerai Indomaret terdekat, kamu sudah bisa melakukan tarik tunai saldo e-Money.

Keunggulan e-Money yang Wajib Kamu Ketahui

Sekarang tentu kamu sudah tahu bagaimana tarik tunai e-Money di Indomaret secara rinci. Tapi tahukah kamu tentang berbagai keunggulan kartu e-Money? Berikut 3 alasan kenapa kamu harus menggunakan e-Money mulai dari sekarang.

Baca Juga:  Jam Besuk RS Muhammadiyah Lamongan Terbaru 2024

1. Mudah Digunakan

Keunggulan pertama dari e-Money adalah fleksibel dan sangat mudah digunakan kapan saja serta di mana saja. Ketika sudah menggunakan kartu ini, kamu tidak perlu lagi menggunakan kartu ATM atau perangkat lain untuk melakukan pembayaran.

2. Lebih Mudah Dibawa

Selain mudah digunakan, keunggulan lain dari kartu e-Money adalah lebih mudah dibawa. Karena bobotnya yang ringan dan ukurannya kecil, maka kartu ini tidak akan menghabiskan banyak ruang di dompetmu. Di sisi lain, kamu juga tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah banyak.

Selama saldo pada e-Money terisi, kamu bisa melakukan pembelian apapun dengan menggunakan kartu ini. Jadi sekarang kamu tidak akan merasa repot atau risih karena dompet yang terlalu tebal dan berat ketika dibawa.

3. Tidak Membutuhkan PIN

Terakhir keunggulan kartu e-Money adalah tidak membutuhkan pin ketika akan melakukan transaksi. Kamu hanya perlu menempelkan kartu tersebut ke mesin pembaca saat melaksanakan pembelian. Hal ini tentu jauh lebih mudah jika dibandingkan dengan penggunaan kartu ATM.

Kesimpulannya tarik tunai e-Money di Indomaret saat ini bisa dilakukan dengan mudah. Selain itu, juga ada banyak sekali alasan kenapa kamu harus menggunakan e-Money mulai dari sekarang karena ada berbagai kemudahan yang bisa kamu dapat dengan menggunakan kartu ini.

Baca Juga:

error: