6 Cara Mengambil Uang dengan Buku Tabungan BRI

Beben.id – BRI merupakan salah satu bank yang memiliki cabang sangat banyak di Indonesia, sehingga jumlah nasabahnya pun sangat banyak. Namun, sangat disayangkan sampai saat ini masih banyak yang bingung tentang cara mengambil uang dengan buku tabungan BRI.

Karena seperti yang kita tahu, kebanyakan orang akan lebih sering menggunakan kartu ATM karena prosesnya yang lebih cepat. Tetapi pengambilan uang di ATM BRI adalah Rp10.000.000, sehingga untuk mengambil nominal lebih besar kamu harus memakai buku tabungan.

Pengambilan uang tunai di Kantor BRI menggunakan buku tabungan ini bisa kamu lakukan di bagian teller. Tapi tidak bisa langsung begitu saja dengan memberikan buku tabungan pada teller. Supaya kamu tidak bingung bagaimana caranya, yuk simak penjelasan di bawah ini.

Cara Mengambil Uang dengan Buku Tabungan BRI Paling Mudah

Perlu kamu ketahui bahwa cara mengambil uang lewat buku tabungan BRI sebenarnya sangat mudah. Apalagi jika kamu mengambil uang dari buku tabungan atau rekening sendiri, nah berikut penjelasannya secara rinci yang bisa kamu ikuti.

1. Kunjungi Kantor Cabang BRI Terdekat

Bagaimana cara ambil uang di bank pakai buku tabungan? Langkah pertama yang harus kamu lakukan jika ingin mengambil uang dari buku tabungan adalah mengunjungi kantor cabang BRI terdekat.

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, saat ini cabang BRI sangat mudah ditemukan di seluruh daerah di Indonesia.

Bahkan dalam satu kota bisa ada beberapa kantor cabang BRI, jadi kamu tinggal memilih mana yang paling dekat. Jika bisa kunjungi kantor cabang BRI di mana kamu membuat buku rekening dahulu.

Baca Juga:  17 Jenis Kartu Kredit BCA (Limit, Bunga dan Syarat)

2. Ambil Nomor Antrian untuk Antri Teller

Setelah datang ke kantor BRI terdekat, kamu bisa langsung masuk dan mengambil nomor antrian untuk ke Teller. Jika kamu kebingungan mana nomor yang harus diambil, kamu bisa meminta bantuan kepada satpam yang bertugas.

Biasanya akan terdapat 2 jenis nomor antrian di BRI yaitu untuk teller dan satunya untuk antrian customer service. Karena kamu ingin mengambil uang dari buku tabungan, maka transaksinya akan ditangani oleh teller.

3. Ambil Slip Penarikan

Berikutnya jangan lupa untuk mengambil slip penarikan dan mengisinya sesuai dengan perintah. Slip penarikan ini biasanya terletak di dekat nomor antrian, di bagian pojok kanan atas terdapat tulisan slip penarikan atau withdrawal slip.

Gunakan pulpen yang tersedia di dekat slip atau kamu juga bisa menggunakan pulpen yang kamu bawa sendiri. Dalam slip tersebut tuliskan jumlah nominal uang yang ingin kamu tarik tunai, jika sudah kamu bisa membawa slip dan nomor antrian.

4. Tunggu Antrian Hingga Dipanggil oleh Teller

Jika kamu sudah selesai mengisi slip dan mendapat nomor antrian, kamu bisa duduk di kursi yang disediakan oleh kantor BRI untuk menunggu. Tunggu selama beberapa saat sampai kamu dipanggil oleh teller yang bertugas.

Di Kantor Cabang BRI biasanya terdapat beberapa teller, setidaknya 2. Nantinya jika namamu dipanggil, kamu bisa langsung datang menuju ke tempat teller yang memanggilmu tadi. Jadi jangan sampai ketika kamu dipanggil oleh teller 1 tapi kamu justru datang ke teller 2.

5. Serahkan Slip, Buku Tabungan dan KTP

Setelah kamu dipanggil oleh petugas atau teller, segera serahkan slip penarikan, buku tabungan, dan KTP. Nantinya teller akan melakukan verifikasi terhadap dokumen-dokumen dan slip yang kamu bawa. Kamu juga akan diminta untuk konfirmasi sebelum melakukan penarikan tunai.

Selama proses ini jika memakan waktu lama, maka kamu akan diminta untuk duduk terlebih dahulu dan menunggu kembali. Tetapi jika prosesnya cepat dan uang yang kamu ambil tidak terlalu banyak, maka kamu bisa menunggu sebentar sambil berdiri.

Baca Juga:  2 Cara Hapus Mutasi Rekening BCA Secara Online 2024

6. Bayar Biaya Admin

Terakhir ketika melakukan penarikan tunai di Kantor Cabang BRI, kamu akan diminta untuk membayar biaya admin Rp10.000. Biaya admin bisa dipotong langsung dari buku tabungan atau kamu bayar secara langsung dengan uang tunai yang kamu bawa sendiri.

Hal penting yang wajib kamu ingat adalah masing-masing jenis tabungan memiliki saldo minimum yang tidak boleh diambil. Misalnya untuk jenis tabungan Britama, kamu harus menyisakan saldo Rp50.000.

Jadi untuk kamu yang ingin mengambil uang dengan buku tabungan BRI, kamu harus melakukan keenam langkah di atas. Proses di atas biasanya akan membutuhkan waktu sekitar 15-30 menit. Tetapi jika jumlah nasabah sedang banyak, mungkin akan membutuhkan waktu yang lebih lama lagi.

Cara Mengisi Slip Penarikan Uang BRI

Salah satu cara mengambil uang dengan buku tabungan BRI adalah dengan mengisi slip penarikan atau withdrawal slip. Perlu kamu ketahui, dalam slip tersebut ada beberapa hal yang harus kamu isi dan tidak boleh di isi. Supaya kamu tidak bingung, berikut penjelasan secara rincinya:

1. Mengisi Tanggal

Pertama kamu harus mengisi keterangan tanggal, bulan, dan tahun yang ada di slip penarikan. Keterangan ini terletak di bagian pojok kanan atas, tepat di bawah tulisan slip penarikan atau withdrawal slip.

2. Pilih Jenis Tabungan yang Digunakan

Selanjutnya kamu juga harus memilih jenis buku tabungan yang kamu gunakan, dengan cara memberikan centang pada kotak tertera. Jenis tabungan yang tersedia di antaranya adalah Britama, Britama Dollar, Simpedes, Simaskot, dan Tabungan Haji.

3. Tulis Nomor Rekening BRI

Berikutnya, di bawah pilihan jenis tabungan terdapat kolom nomor rekening. Tuliskan nomor rekening BRI kamu sesuai dengan yang tertera pada buku tabungan. Pastikan nomor yang kamu tulis benar, karena jika salah maka transaksi penarikan uang tunai akan gagal.

4. Tulis Identitas Sesuai KTP

Cara mengambil uang dengan buku tabungan BRI yang tidak boleh kamu lupakan adalah mengisi identitas sesuai dengan KTP. Identitas yang harus kamu tuliskan hanya nama lengkap dan alamat tempat tinggal.

Baca Juga:  Tabel Pinjaman Bank BPD DIY 2024: Syarat, Limit Kredit

5. Tulis Nominal Penarikan

Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan saat mengisi slip penarikan adalah menuliskan nominal penarikan. Nominal ini harus kamu tulis dalam bentuk angka dan dalam bentuk tulisan atau abjad alfabet.

Misalnya kamu akan mengambil uang Rp1.000.000, maka kamu juga harus menuliskan di bagian terbilang satu juta rupiah. Jika kamu tidak mengisinya, maka teller akan memintamu untuk menulis ketika sudah berada di depan teller.

6. Berikan Tanda Tangan

Terakhir ketika mengisi slip penarikan, kamu harus membubuhkan tanda tangan yang sama seperti di buku tabungan dan KTP. Jika tanda tangan tidak sama, kamu akan diminta untuk terus mengulanginya. Tanda tangan ini terletak di kolom bagian pojok kanan bawah.

Jika salah satu dari keenam langkah di atas ada yang tidak dilaksanakan dengan baik, maka kamu tidak akan bisa ambil uang dengan buku tabungan BRI. Jadi pastikan semua bagian-bagian tersebut sudah terisi dengan baik dan sebelum menyerahkan slip, pastikan nominal yang ditulis sudah benar.

Jadi cara mengambil uang dengan buku tabungan BRI memang sangat mudah. Jangan lupa, pastikan kamu datang ke kantor cabang BRI ketika hari kerja bukan hari libur. Tidak kalah penting, usahakan untuk tidak datang ketika jam istirahat, supaya kamu tidak perlu menunggu terlalu lama.

Baca Juga:

error: