8 Cara Menggunakan Limit Kredit Akulaku 2022

Beben.id – Sebagai pembiayaan online terbaik dan sudah terdaftar di OJK, penggunaan Akulaku tentu sangat aman. Setiap pengguna yang baru bergabung di aplikasi ini, tentu akan langsung mendapatkan limit kredit. Lalu bagaimana cara menggunakan limit kredit Akulaku?

Caranya sendiri tak cukup sulit dilakukan, dimana tujuan diberikan limit kredit ini adalah untuk memudahkan pengguna dalam berbelanja dengan sistem cicilan. Hal ini berarti bahwa setiap bulannya harus membayar cicilan yang ada di Akulaku, berdasarkan tenor pembayaran yang sudah dipilih.

Oleh karena itulah, pada artikel kali ini akan dibahas secara lengkap mulai dari cara mendapatkan hingga menggunakan limit kredit yang dimiliki.

Memahami Limit Kredit Akulaku

Sebelum bahas cara menggunakan limit kredit Akulaku, penting sekali untuk mengetahui info tentang limit kredit. Limit kredit Akulaku merupakan jumlah maksimal kredit yang dapat diajukan oleh pengguna, dimana limit ini sudah ditetapkan oleh pihak penyedia kredit.

Nilai limit kredit yang diberikan cukup bervariasi, namun yang paling tinggi bisa mencapai Rp15.000.000. Tenornya juga cukup panjang yaitu 12 bulan sehingga tidak akan memberatkan.

Sedangkan untuk plafon pinjamannya tergantung dari skor kredit yang dimiliki. Jika skor kredit semakin bagus tentu plafon yang bisa diberikan juga lebih besar.

Sebelum akhirnya dapat menggunakan limit tersebut, pengguna diharuskan terlebih dahulu melakukan pengajuan agar bisa mendapatkan limit kredit ketika pendaftaran. Setelah itu, barulah pengajuan limit akan diverifikasi oleh pihak Akulaku. Jika sudah berhasil maka bisa langsung digunakan sampai habis.

Cara Mendapatkan Limit Kredit Akulaku Pengguna Baru

Untuk mendapatkan limit kredit di Akun Akulaku bisa dibilang tidak begitu sulit. Pengguna hanya perlu menyiapkan sebuah KTP beserta akun Facebook yang masih aktif. Jika sudah, maka tinggal melakukan pengajuan limit kredit menggunakan cara seperti ini:

  • Tahapan cara yang pertama adalah dengan mendownload aplikasi Akulaku di Google Play Store ataupun App Store.
  • Lakukan registrasi pendaftaran sebagai pengguna baru dengan memasukkan nomor HP yang digunakan.
  • Setelah berhasil mendaftar, maka pada menu Financial atau Keuangan bisa pilih AkuCicil.
  • Lanjutkan dengan memilih opsi Pengajuan Limit Kredit.
  • Silahkan isi informasi pribadi sekaligus informasi kontak darurat secara lengkap.
  • Jangan lupa juga untuk mengisi tentang informasi pekerjaan. Jika sudah, maka pihak Akulaku akan memberikan limit virtual. Namun harus melampirkan data lengkap lainnya supaya bisa memperoleh limit kredit yang sesungguhnya.
  • Upload foto KTP, kemudian upload juga foto diri dengan cara memegang KTP yang dimiliki. Tak lupa, masukkan NIK dengan baik dan benar.
  • Sekarang bisa mulai melengkapi foto yang dibutuhkan oleh pihak Akulaku. Pastikan juga bahwa data diri yang ditulis sudah tercantum dengan jelas untuk mempermudah dalam pemrosesan data.
  • Lakukan otorisasi akun FB atau bisa juga BPJSTKU. Jika memang dirasa tidak begitu penting, maka langkah ini dapat dilewati.
  • Terakhir, jika semua data sudah diupload dan dikirim maka tinggal menunggu proses pengajuan tersebut apakah diterima atau tidak.
Baca juga:  DC Home Credit datang ke Rumah! Telat 14 Hari

Cara Menggunakan Limit Kredit Akulaku

Limit kredit Akulaku memiliki kegunaan untuk banyak hal, terutama untuk pembelian produk secara mencicil. Caranya sendiri tidak sulit dicoba, karena pengguna hanya perlu memilih salah satu metode Pembayaran Cicilan ketika memesan produk.

Akulaku sendiri memberikan tenor yang cukup panjang, bahkan sampai 12 bulan lamanya. Tenor yang panjang akan membuat angsuran menjadi lebih ringan dan mudah. Sedangkan untuk angsuran yang perlu dibayar tergantung dari nilai produk dan tenor yang sudah dipilih.

Tanpa berlama-lama lagi, inilah cara menggunakan kredit limit Akulaku yang dapat diikuti dengan mudah:

  1. Buka terlebih dahulu aplikasi Akulaku yang sudah terinstall di HP.
  2. Pada halaman utama aplikasi, cari produk atau barang yang akan dibeli pada kolom pencarian paling atas. Namun juga bisa memilih produk rekomendasi yang sudah tersedia di halaman utama.
  3. Jika sudah menentukan produk yang sesuai, silahkan klik menu Beli. Jangan lupa untuk memilih jumlah produk, ukuran, warna, dan lain sebagainya.
  4. Silahkan pilih salah satu sistem pembayaran yang kamu inginkan. Tapi jika ingin memanfaatkan limit kredit, tentu harus memilih opsi Cicilan atau Installment Payment. Pilih juga tenor pinjaman, mulai dari 3 bulan, 6 bulan, 9 bulan, hingga 12 bulan.
  5. Sekarang coba masukkan alamat lengkap beserta nomor dari pihak penerima pinjaman. Pastikan bahwa alamat yang ditulis benar-benar lengkap dan jelas. Isi juga alamat email, bagi yang ingin membeli peralatan elektronik. Tujuannya tentu untuk memperoleh polis asuransi.
  6. Coba lakukan pembayaran, dimana kemudian akan diberikan kode akun virtual.
  7. Setelah pembayaran sudah sesuai maka tinggal menunggu pengiriman barang atau produk yang dipesan.
  8. Jika barang sudah berada di tangan, klik opsi Diterima yang ada di menu Pesananku pada aplikasi Akulaku.
Baca juga:  7 Ciri-ciri Penipuan Akulaku! Hati-hati dan Waspada

Tutorial Cara Menggunakan Limit Kredit Akulaku di Akun Shopee

Penggunaan limit kredit Akulaku ternyata juga bisa untuk marketplace lain seperti Shopee. Inilah cara membeli produk sistem cicilan dengan sistem pembayaran Akulaku.

  1. Silahkan buka aplikasi Shopee yang sudah terpasang di HP.
  2. Sama dengan sebelumnya, cari produk yang diinginkan dengan memanfaatkan kolom pencarian. Jika sudah menemukan produk, klik opsi Masukkan Keranjang agar bisa lanjut ke proses checkout.
  3. Lanjutkan dengan klik Checkout di bagian bawah pojok paling kanan. Sebelum melakukan checkout, pastikan terlebih dahulu bahwa alamat pengiriman yang sudah dimasukkan benar. Lalu pilih salah satu opsi layanan yang ada.
  4. Pada metode pembayaran yang ada, silahkan pilih Akulaku. Selain itu, pilih juga tenor cicilan yang sesuai mulai dari 1 sampai dengan 12 bulan kemudian pilih Konfirmasi.
  5. Usahakan untuk memeriksa lagi pesanan tersebut, mulai dari alamat pengiriman, voucher, hingga metode pembayaran. Jika semuanya sudah sesuai maka tinggal klik Buat Pesanan.
  6. Setelah membuat pesanan, kemudian akan diarahkan menuju aplikasi Akulaku yang berisi tentang detail pesanan.
  7. Pilih lagi tenor cicilan yang sudah dipilih ketika melakukan checkout pada aplikasi Shopee. Jika limit kredit ternyata masih belum mencukupi, maka akan diarahkan untuk membayar secara penuh. Sebaliknya, jika kredit Akulaku mencukupi maka bisa memilih opsi Cicilan.
  8. Sekarang masukkan nomor HP beserta password yang digunakan pada akun Akulaku. Lalu klik Konfirmasi jika ingin melanjutkan ke proses berikutnya.
  9. Konfirmasi ulang pesanan yang dibuat dengan cara klik Konfirmasi.
  10. Jika pembayaran berhasil dan sudah dikonfirmasi oleh pihak Shopee, maka barang yang dipesan secara otomatis muncul pada halaman Pesanan Saya. Jika limit kredit Akulaku yang dimiliki rendah, silahkan lanjutkan dengan membayar DP yang tercantum pada aplikasi.
  11. Setelah semua proses sudah selesai, jangan lupa nantinya untuk mencicil tagihan setiap bulan sampai lunas.
Baca juga:  5 Cara Kredit HP di Kredivo Tanpa DP dan Slip Gaji

Berdasarkan pembahasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa cara menggunakan limit kredit Akulaku tidak hanya bisa dilakukan di akun Akulaku saja. Tapi juga bisa digunakan pada merchant yang sudah menjalin kerja sama dengan Akulaku, contohnya seperti Shopee.

Jangan lupa untuk selalu mencicil tagihan sebelum memasuki tanggal jatuh tempo agar tidak dikenakan denda. Jika misalnya mengalami kendala ketika pembayaran, tak perlu khawatir karena bisa menghubungi langsung Customer Service di nomor telepon 15000920.

Baca Juga:

error: