5 Cara Mendapatkan Dana Hibah Gratis dari Luar Negeri 

Beben.id – Dana hibah merupakan salah satu hal yang banyak dicari masyarakat. Berbeda dengan pinjaman yang harus dikembalikan, dana hibah diberikan secara gratis. Tidak heran sekarang banyak masyarakat mencari tahu cara mendapatkan dana hibah gratis dari luar negeri maupun dalam negeri.

Bantuan atau dana hibah ini biasanya diberikan secara percuma oleh suatu organisasi atau perusahaan yang memiliki misi kemanusiaan. Dana ini biasanya akan diberikan untuk orang yang membutuhkan, pengusaha kecil, atau untuk keperluan sosial kemanusiaan lainnya.

Contoh dana hibah yang diberikan untuk keperluan sosial di antaranya mendirikan sekolah gratis, rumah sakit gratis, atau tempat pelestarian hewan. Untuk kamu yang sedang mencari dan ingin mendapat hibah atau bantuan dana gratis dari luar negeri, simak penjelasan di bawah ini.

Apa yang Dimaksud Hibah Gratis dari Luar Negeri?

Sebelum mencari tahu cara mendapatkan dana hibah gratis dari luar negeri, kamu harus tahu pengertiannya terlebih dahulu. Apa itu dana hibah dari luar negeri?

Jadi sederhananya, dana hibah luar negeri merupakan setiap penerimaan negara, bisa berbentuk devisa, devisa yang dirupiahkan, rupiah, maupun barang dan jasa.

Segala hal tersebut didapatkan dari pemberi hibah luar negeri yang tidak perlu dibayar atau dikembalikan nantinya dalam bentuk apapun. Jadi dari sini dapat disimpulkan bahwa hibah tidak hanya berupa bantuan dana seperti devisa maupun devisa yang dirupiahkan.

Sedangkan yang dimaksud dengan dana hibah adalah suatu pemberian berupa uang, barang, maupun jasa yang diberikan oleh satu pihak kepada pihak lainnya. Tujuan diberikannya hibah ini adalah untuk memajukan atau menunjang kesuksesan suatu program yang sedang dilaksanakan.

Baca Juga:  3 Cara Mendapatkan Shopee Pinjam dan Cara Aktivasi 2024

Jadi dana hibah gratis dari luar negeri merupakan dana bantuan yang didapatkan dari luar negeri secara percuma dalam misi kemanusiaan atau sosial. Saat ini di Indonesia juga sudah ada banyak sekali pihak dari luar negeri yang menawarkan dan memberikan dana hibah.

Salah satunya adalah negara Jepang yang saat ini memberikan Bantuan Hibah Grassroots Kebudayaan. Dana hibah ini diberikan secara khusus untuk menjalin kerja sama dengan pemerintah atau NGO yang berada di negara-negara berkembang.

Cara Mendapatkan Dana Hibah Gratis dari Luar Negeri dengan Mudah

Sekarang kamu tentu sudah memahami apa itu hibah dan bantuan dana gratis dari luar negeri. Untuk kamu yang tertarik dan ingin mendapatkan dana bantuan juga, tidak perlu bingung. Saat ini sudah ada dana hibah dari luar negeri yang ditujukan untuk perorangan atau individu.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk mendapatkan hibah dari luar negeri adalah, menyiapkan proposal. Tapi pastikan kamu sudah tahu tentang lembaga atau yayasan dari luar negeri yang menyediakan dana hibah dan ingin kamu kirimi proposal.

Dalam proposal tersebut harus tertera gagasan aktivitas yang ingin kamu lakukan apakah menjalankan suatu usaha atau untuk kesejahteraan. Jelaskan alasan kenapa lembaga atau yayasan tersebut perlu mendanai program individu yang ingin kamu laksanakan.

Jika proposal yang kamu rancang sudah selesai, segera kirim ke email resmi yayasan atau lembaga yang ingin kamu tuju. Untuk mempermudah mendapat persetujuan cairnya dana hibah, kamu bisa menyertakan kegiatan organisasi bermanfaat yang pernah kamu lakukan.

Ketika proposal yang kamu kirim berhasil disetujui, maka kamu akan langsung mendapatkan dana ke dalam rekening secara percuma. Tapi perlu diingat, bantuan dana hibah yang diberikan biasanya hanya terbatas untuk suatu organisasi keagamaan, yayasan, atau organisasi non-pemerintah seperti LSM.

5 Lembaga yang Menyediakan Bantuan Dana Gratis dari Luar Negeri

Sekarang kamu pasti sudah tidak bingung lagi tentang bagaimana cara mendapatkan dana hibah gratis dari luar negeri. Sebelumnya telah disampaikan, sebelum mengirim proposal kamu harus tahu lembaga yang ingin dituju.

Baca Juga:  8 DC Pinjol Apa Saja yang Datang ke Rumah 2024

Nah, berikut 5 lembaga dari luar negeri yang bisa kamu kirimi proposal dana hibah.

1. Ford Foundation

Ford Foundation

Lembaga atau yayasan dana hibah luar negeri pertama yang bisa kamu jadikan pilihan adalah Ford Foundation. Ini merupakan lembaga swasta yang menyediakan hibah atau dana gratis untuk keperluan pendidikan, ilmu pengetahuan, dan kebijakan publik.

Sebelumnya Ford Foundation telah memberikan banyak hibah untuk mendukung program yang berkaitan dengan pendidikan di Indonesia. Selain itu, yayasan ini juga akan memberikan bantuan hibah untuk keperluan ekonomi masyarakat, kebebasan berpendapat, dan lingkungan hidup.

2. Islamic Development Bank

Islamic Development Bank

Selanjutnya ada Islamic Development Bank atau IDB yang juga bisa kamu jadikan pilihan untuk meminta bantuan dana hibah. Perlu kamu ketahui, IDB merupakan lembaga keuangan internasional yang basis utamanya berada di Jeddah Arab Saudi.

Tujuan utama didirikannya lembaga ini adalah untuk mendukung pembangunan ekonomi dan sosial di negara-negara anggotanya. Mayoritas anggota lembaga IDB adalah negara-negara muslim dan Indonesia adalah salah satunya.

Islamic Development Bank akan memberikan bantuan dana gratis dari luar negeri untuk pembangunan masjid, pendidikan, fasilitas kesehatan, dan lain sebagainya. Jika proposal yang diajukan sesuai dengan kebijakan IDB, maka kemungkinan besar dananya akan langsung cair.

3. European Union

European Union

Untuk kamu yang ingin mencari bantuan dana gratis dari luar negeri di sekitar Eropa, European Union atau EU bisa menjadi pilihan. Karena European Union merupakan lembaga pemerintah yang mewakili negara-negara anggota di Eropa yang menyediakan dana hibah gratis.

Tujuan didirikannya lembaga ini adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui dana hibah yang diberikan tersebut. Program dan kegiatan di Indonesia yang didukung oleh EU di antaranya adalah penguatan hak asasi manusia dan pengembangan sektor energi terbarukan.

4. United States Agency For International Development

United States Agency For International Development

Berikutnya ada United States Agency for International Development atau USAID yang juga menyediakan bantuan dana hibah. Lembaga yang satu ini berpusat di Amerika Serikat dan merupakan lembaga yang dijalankan langsung oleh pemerintah.

Baca Juga:  11 Resiko Jika Tidak Membayar Tagihan Akulaku 2024

Tujuan didirikannya lembaga ini adalah untuk memberikan bantuan kemanusiaan dan mendukung sektor pembangunan di seluruh dunia. Sebelumnya USAID juga sudah pernah memberikan dana hibah untuk kegiatan di Indonesia seperti pengembangan ekonomi, pendidikan, dan kesehatan.

5. Qatar Charity

Qatar Charity

Terakhir lembaga yang bisa memberikan dana hibah gratis adalah Qatar Charity yang basisnya berada di Doha, Qatar. Organisasi ini fokus memberikan dana hibah untuk bidang sosial dan kemanusiaan seperti kesehatan, pendidikan, dan bantuan darurat.

Lembaga Qatar Charity akan memberikan dana hibah dan bantuan teknis dengan mudah, jika kamu mengajukan proposal yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Tapi sebelum mengirim proposal, pastikan kamu tahu persyaratan dan prioritas penyedia dana hibah.

Untuk itu kamu harus tahu program apa saja yang pernah didanai oleh lembaga Qatar Charity sebelumnya. Selain itu, kamu juga bisa menunjukkan proses dari program yang kamu laksanakan saat ini. Jangan lupa jelaskan alasan kenapa lembaga tersebut harus mendanai program tersebut.

Cara mendapatkan dana hibah gratis dari luar negeri sebenarnya cukup sederhana. Tetapi tidak bisa dibilang mudah, karena kamu harus menyiapkan proposal yang benar-benar matang. Selain itu, dana hibah akan lebih diutamakan untuk kepentingan dan kesejahteraan bersama.

Baca Juga:

error: