7 Ciri-ciri Penipuan Akulaku! Hati-hati dan Waspada

Beben.id – Maraknya pinjaman online sekarang ini, membuat beberapa oknum memanfaatkan momen ini untuk berbuat tidak baik. Salah satunya yaitu dengan mengatasnamakan dirinya sebagai bagian dari Akulaku. Agar terhindar dari oknum ini, kenali ciri-ciri penipuan Akulaku palsu.

Akulaku menjadi platform yang menyediakan pinjaman online yang sudah terdaftar di OJK. Jadi banyak yang percaya untuk menggunakannya karena platform tersebut legal. Namun bagi beberapa oknum, hal ini menjadi celah untuk melakukan sebuah tindak kejahatan.

Berpura-pura menjadi bagian Akulaku dan menipu para nasabahnya untuk mendapatkan keuntungan sendiri. Hal tersebut tentu sangat meresahkan bagi yang sedang membutuhkan pinjaman online. Walaupun demikian, ada beberapa ciri-ciri untuk mengenali Akulaku yang asli dan palsu.

Ciri-Ciri Penipuan Akulaku

Walaupun banyak oknum yang mengatasnamakan dirinya sebagai pihak dari Akulaku, namun jenis-jenis penipuan ini masih tetap bisa dikenali apabila diteliti lebih dalam. Ciri dari modus penipuan ini biasanya dilakukan melalui SMS, chat whatsapp, maupun link phising.

Korban dari penipuan Akulaku akan dirugikan karena limit kredit yang dimilikinya bisa disalahgunakan oleh pelaku. Limit kredit nantinya bisa digunakan oleh pelaku untuk kepentingan pribadi pelaku. Namun, cicilan tagihan akan dibebankan kepada korban.

Agar terhindar dari penipuan yang berkedok pinjaman online dari Akulaku, berikut merupakan ciri-ciri penipuan Akulaku yang harus diketahui:

1. Proses pinjaman berlangsung sangat mudah

Salah satu ciri dari penipuan pinjaman online yaitu prosesnya yang terlewat mudah untuk bisa mengajukan pinjaman. Biasanya nasabah hanya diminta untuk mendownload aplikasi tertentu saja untuk bisa mengajukan pinjaman, maka pengajuan tersebut bisa langsung disetujui.

Jika mengajukan pinjaman ke platform yang resmi atau legal, nasabah akan diminta menunggu untuk proses verifikasi terlebih dahulu. Jadi tidak semudah dan secepat itu, untuk mendapatkan persetujuan dari pinjaman yang diajukan.

Baca juga:  16 Cara Kredit di Akulaku Tanpa DP Tanpa Slip Gaji

2. Aplikasi tidak memiliki logo OJK

Ciri lain dari penipuan ini yaitu di dalam aplikasi Akulaku tidak terdapat logo OJK. Hal tersebut sudah dipastikan bahwa itu merupakan penipuan dan bukanlah Akulaku yang sebenarnya. Izin dari OJK tidak bisa didapatkan oleh seorang penipu.

3. Bunga yang ditawarkan sangat rendah bahkan hingga 0%

Penawaran pinjaman dengan suku bunga yang rendah bahkan hingga 0% juga salah satu ciri dari penipuan. Biasanya penawaran ini dilakukan melalui SMS, email, atau pesan langsung di media sosial. Pasalnya, pihak dari Akulaku tidak akan menawarkan pinjaman dengan cara-cara seperti ini.

Jenis pinjaman di Akulaku terdapat dua macam, yang masing-masing sudah ada ketentuan mengenai suku bunga yang ditetapkan. Semuanya sudah dijelaskan secara rinci di dalam jenis pinjaman tersebut, hingga untuk biaya administrasi dan lainnya.

Jadi bagi yang ingin meminjam pinjaman online, pastikan untuk mengetahui secara mendetail mengenai rinciannya, mulai dari bunga, biaya admin hingga jumlah cicilan setiap bulannya. Hal tersebut pasti ada bagi pinjaman online yang resmi atau legal.

4. Aplikasi Akulaku meminta akses ke seluruh data pribadi yang ada di HP

Akulaku yang palsu akan meminta akses ke semua data yang terdapat di HP. Hal tersebut tentu berbeda dengan Akulaku yang asli, karena hanya meminta akses untuk beberapa data saja.

Bahkan yang parahnya lagi, aplikasi tersebut bisa mengakses semua data-data penting tanpa izin dari pemilik. Semua data di dalam HP bisa didapatkan termasuk juga phonebook dan data sensitif lainnya. Jadi kebijakan privasi terhadap terhadap data-data tersebut tidak dipenuhi.

Jika semua data bisa diakses termasuk phonebook, bisa menjadi senjata bagi pelaku untuk meneror semua orang yang terdapat di dalamnya. Hal tersebut tentu akan sangat meresahkan dan mengganggu ketenangan hidup dari korban.

Baca juga:  5 Pinjaman Uang Jaminan Sertifikat Rumah 2022

5. Rincian pinjaman yang tidak transparan

Tidak adanya transparansi mengenai rincian dari pinjaman membuat penipu akan bertindak semena-mena saat menagih cicilan pinjaman. Sebelum melakukan pinjaman seharusnya dijelaskan secara menyeluruh rincian-rinciannya.

Rincian tersebut meliputi informasi mengenai bunga cicilan, biaya administrasi, jumlah cicilan yang harus dibayar setiap bulannya hingga biaya denda. Dengan mengetahui segala rincian dengan jelas, maka bisa menjadi bahan pertimbangan untuk kedepannya.

Jadi pastikan untuk melihat rincian pinjaman sebelum mengambil pinjaman online. Cek dengan teliti rincian tersebut, apabila terdapat hal yang mencurigakan lebih baik untuk membatalkan saja pengajuannya.

6. Tidak memiliki layanan customer service

Ciri-ciri penipuan Akulaku lainnya yaitu tidak ada layanan customer service untuk pengaduan. Jadi apabila terdapat masalah atau keluhan nasabah tidak bisa melakukan komplain. Bahkan nasabah juga tidak bisa mendapatkan nomor telepon, email atau kontak WA.

Hal tersebut tentu tidak akan berlaku di pinjaman online yang resmi atau legal, kamu dapat dengan mudah menemukan kontak dari call center yang bisa dihubungi.

Kondisi seperti ini tentu sudah dikondisikan oleh penipu, agar nasabah tidak bisa melacak keberadaanya. Sehingga akan sulit untuk menangkap atau mendatangi pelaku penipuan tersebut.

7. Alamat kantor tidak bisa ditemukan

Penipu tentu tidak akan memberikan secara jelas mengenai alamat kantor yang dimilikinya. Bahkan mungkin mereka tidak memiliki kantor sama sekali. Hal tersebut tentu patut untuk dicurigai, pasalnya Akulaku memiliki kantor dengan alamat yang jelas.

Kamu bisa dengan mudah mencarinya hanya melalui Google Maps. Kantor Akulaku tersebar di beberapa kota-kota besar yang ada di Indonesia.

Cara Menghadapi Penipuan Akulaku

Setelah mengetahui berbagai ciri-ciri penipuan Akulaku, berikut ini merupakan cara untuk menghadapi berbagai penipuan yang mengatasnamakan Akulaku:

Baca juga:  5 Cara Pinjam Uang di Pegadaian 100% Pasti Cair

1. Jangan respon segala bentuk penawaran pinjaman

Jika kamu mendapatkan SMS, chat atau email mengenai pinjaman dengan ciri-ciri seperti di atas, jangan pernah untuk meresponnya, cukup biarkan saja.

Segala bentuk penawaran di Akulaku hanya tersedia di aplikasi Akulaku, jadi pesan-pesan penawaran tersebut sudah dipastikan berasal dari penipu.

2. Ganti nomor HP yang ada di akun Akulaku

Jika kamu sering menerima SMS yang berisi penawaran mengenai pinjaman atau bahkan link phising yang ujungnya berupa penipuan, lebih baik untuk mengganti nomor HP.

Dengan mengganti nomor HP maka tidak akan ada lagi yang mengirim SMS atau link phising ke nomor tersebut.

3. Mengganti password akun Akulaku secara berkala

Mengganti password secara berkala bisa sebagai tindakan preventif agar terhindar dari peretasan akun. Selain melakukan penipuan, sekarang juga banyak para hacker yang mencoba untuk meretas akun keuangan seperti Akulaku ini, sehingga bisa mengancam limit kredit Akulaku pengguna.

4. Menghubungi call center

Jika mengalami indikasi penipuan cara untuk menghadapinya yaitu bisa langsung menghubungi call center Akulaku. Sehingga pihak keamanan dari Akulaku akan mengusut tuntas masalah tersebut.

Mengetahui ciri-ciri penipuan Akulaku bisa membuat kamu terhindar dari perbuatan yang tidak menyenangkan ini. Sebagai platform yang sudah memiliki kepercayaan di masyarakat, karena sudah resmi terdaftar di OJK membuat banyak oknum memanfaatkan hal tersebut untuk berbuat tidak baik.

Banyak yang mengatasnamakan dirinya sebagai salah satu bagian dari pihak Akulaku, untuk melakukan penipuan. Jadi dengan mengetahui ciri-ciri penipuan di atas bisa menjadi tindakan preventif agar terhindar dari perbuatan tersebut.

Baca Juga:

error: