DC Home Credit Datang ke Rumah! Telat 14 Hari

Home Credit populer sebagai penyedia layanan kredit untuk berbagai jenis barang. Home Credit juga menyediakan dana pinjaman tanpa jaminan dengan plafon mulai Rp 3 juta hingga Rp 25 juta. Namun yang perlu diingat, seperti pemberi pinjaman lainnya, jika terlambat siap-siap ditagih DC Home Credit.

Jika selama ini Anda mempercayakan kredit barang di Home Credit Indonesia (HCI), maka Anda juga bisa memanfaatkan layanan pinjaman dana dari HCI. Ya, perusahaan multifinance ini memang menyediakan dana pinjaman bagi Anda yang membutuhkan.

Layanan pembiayaan dari HCI sendiri tersedia dalam bentuk online dan offline sehingga memudahkan Anda untuk mengaksesnya sesuai kebutuhan. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai apa itu HCI termasuk bagaimana sistem penagihan DC Home Credit, berikut ini penjelasan lengkapnya.

Sekilas Tentang Home Credit dan Layanannya

Ancaman DC Home Credit

Home Credit Indonesia atau sering disebut dengan HCI merupakan sebuah perusahaan multifinance yang telah berdiri sejak tahun 2013 di Jakarta. Dalam perkembangannya, bisnis ini juga merambah ke beberapa daerah lainnya di luar Jabodetabek.

Seperti Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Denpasar, Palembang, Batam, Banjarmasin, Pontianak, Balikpapan, Manado, Makassar, dan kota lainnya. Adapun untuk jenis pembiayaannya sendiri meliputi tiga kategori, yaitu:

1. Pembiayaan di Toko

Yang dimaksud dengan pembiayaan di toko adalah pembiayaan non tunai langsung di tempat atau toko. Yaitu untuk keperluan membeli berbagai macam produk alat rumah tangga, elektronik, furniture, dan handphone.

2. Pembiayaan Multiguna

Pembiayaan multiguna yang disediakan oleh Home Credit merupakan dana tunai yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Seperti misalnya biaya pendidikan, renovasi rumah, modal usaha bahkan liburan.

Baca juga:  Praktis! 2 Cara Membatalkan Pinjaman di Tunaiku

3. Kartu Kredit

Produk layanan dari Home Credit ini menawarkan fasilitas kredit untuk keperluan belanja dengan fasilitas cashback 5% hingga Rp 100 ribu setiap bulannya. Baik untuk keperluan belanja di supermarket, minimarket maupun transaksi online.

Dalam hal ini kartu kredit memberikan 0% cicilan selama 6, 9 ataupun 12 bulan tenor di berbagai tempat atau merchant yang terpilih.

Dengan beragam produk layanan yang disediakan tersebut, legalitas Home Credit tidak perlu diragukan lagi. HCI sendiri telah terdaftar di OJK secara resmi dengan nomor berlisensi sebagai perusahaan pembiayaan pada tanggal 9 November 2012.

Pembiayaan Multiguna dari Home Credit

HCI menyediakan dana pinjaman bagi Anda yang membutuhkan, namun dengan catatan tujuan peminjaman dana harus jelas. Itulah mengapa dalam formulir pengajuan pinjaman yang harus diisi pertama kali adalah tujuan peminjaman uang tersebut.

Adapun syarat yang diajukan untuk mendapatkan dana pinjaman dari Home Credit cukup mudah, yaitu WNI dengan usia minimal 21 atau 19 tahun jika sudah menikah hingga maksimal 55 tahun. Memiliki KTP yang valid dan masih berlaku, memiliki pekerjaan tetap serta rekening bank yang aktif.

Untuk rekening bank, maka harus atas nama pemohon sesuai dengan identitas yang tertera di dalam KTP. Jika tidak maka pengajuan pinjaman akan ditolak.

Keterlambatan Pembayaran Home Credit

Bagi Anda yang sudah berhasil mengajukan pinjaman dan mendapatkan dana tunai sesuai yang diajukan maka berkewajiban membayar angsuran pinjaman secara tepat waktu. Jika pembayaran terlambat, maka Anda akan dikenakan sanksi berupa denda keterlambatan.

Untuk mengantisipasi agar pembayaran bisa tepat waktu dan terhindar dari penagihan oleh DC Home Credit, maka Anda bisa melihat informasi tanggal pembayaran. Informasi tersebut bisa dilihat di kontrak perjanjian yang ada di Aplikasi My Home Credit.

Baca juga:  7 Cara Agar Pinjol Tidak Sebar Data! Awas di Teror

Selain itu, Anda juga akan mendapatkan notifikasi melalui SMS, telepon maupun mobile apps yang akan mengingatkan waktu pembayaran sehingga bisa tepat waktu dan tidak melewati masa jatuh tempo.

Prosedur Penagihan DC Home Credit

Bagi Anda yang memanfaatkan layanan dari Home Credit, baik untuk pembelian barang secara kredit maupun pinjaman dana sebaiknya melakukan pembayaran angsuran secara tertib dan tepat waktu. Hal ini sangat penting agar terhindar dari sanksi denda serta tidak berurusan dengan DC Home Credit.

Pihak Home Credit sendiri senantiasa mengingatkan para nasabah untuk membayar tagihan tepat waktu dan tidak melewati tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan beberapa hal seperti berikut:

  • Anda bisa melakukan pengecekan secara mandiri mengenai tanggal pembayaran, jumlah angsuran yang harus dibayar serta nomor kontrak milik Anda melalui aplikasi My Home Credit. Yaitu pada menu Informasi Data Kontrak.
  • Setiap bulannya Anda akan mendapatkan pemberitahuan melalui SMS, telepon atau aplikasi My Home Credit yang mengingatkan untuk membayar tagihan tepat waktu.
  • Oleh karena itu pastikan untuk selalu melakukan pembayaran tepat waktu sesuai dengan tanggal jatuh tempo yang telah disepakati bersama.
  • Adapun untuk keterlambatan pembayaran angsuran, maka akan dikenakan denda keterlambatan pembayaran sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  • Jika sampai tanggal jatuh tempo Anda tidak kunjung melakukan pembayaran tagihan maka pihak Home Credit akan melakukan penagihan melalui telepon serta mengirimkan petugas DC Home Credit ke alamat Anda untuk proses pengecekan dan penagihan.
  • Jika Anda sebagai peminjam tidak bisa dihubungi maka tim DC akan melakukan penagihan melalui nomor referensi yang telah didaftarkan sebelumnya, baik keluarga maupun
  • Jika kemudian ada pengajuan keluhan maupun klaim perlindungan, maka sangat disarankan agar Anda tetap melakukan pembayaran tagihan sesuai tanggal jatuh tempo hingga proses penyelesaian pengajuan keluhan selesai.
Baca juga:  DC Kredit Pintar: 5 Ancaman Teror, 3 Sanksi Tagihan

Melalui prosedur yang telah ditetapkan tersebut, pihak Home Credit juga menghimbau kepada para nasabah yang mendapatkan perlakuan kurang baik dari tim DC untuk segera melaporkan informasi tersebut kepada pihak customer care HCI.

Sudah Membayar Namun Mendapatkan Telepon Penagihan

Biasanya pihak HCI selalu melakukan konfirmasi untuk mengingatkan waktu pembayaran, baik melalui SMS maupun telepon. Namun jika Anda sudah melakukan pembayaran dan masih tetap mendapatkan telepon penagihan maka perlu melakukan beberapa langkah seperti berikut:

  1. Pastikan bahwa Anda telah melakukan pembayaran angsuran sesuai dengan nomor kontrak milik Anda. Lakukan pengecekan kembali untuk memastikan nomor kontrak tersebut.
  2. Silahkan simpan bukti pembayaran yang telah dilakukan.
  3. Biasanya pembayaran yang dilakukan membutuhkan waktu setidaknya 2×24 jam untuk masuk ke dalam sistem HCI.
  4. Jangan lupa untuk menginformasikan kepada penagih bahwa Anda sudah melakukan pembayaran, lengkap dengan tanggal, nominal serta cara pembayarannya.
  5. Jika Anda masih mengalami kendala dengan hal tersebut, maka silahkan melakukan pelaporan ke email [email protected] dengan Subject: Klaim Pembayaran[Nomor Kontrak]. Jangan lupa sertakan bukti pembayaran yang telah dilakukan.

Bagi Anda yang ingin membeli barang secara kredit atau mengajukan pinjaman dana di Home Credit, maka sebaiknya sudah memahami syarat dan ketentuan yang berlaku pada layanan tersebut. Pastikan pembayaran cicilan Anda lancar dan tepat waktu sesuai tanggal jatuh tempo yang telah disepakati.

Mengapa harus tepat waktu? Tentu saja agar Anda tidak dikenakan sanksi denda keterlambatan yang akan terus menumpuk jika pembayaran selalu terlambat. Selain itu, dengan pembayaran yang lancar maka Anda juga akan terhindar dari resiko penagihan oleh DC Home Credit.

error:
close