2 Tabel Angsuran Gadai BPKB Motor di Bank BRI 2024

Beben.id – Jika kamu butuh uang cepat dan punya motor sendiri, memilih menggadaikan BPKB untuk sementara bisa dijadikan solusi. Bank BRI menjadi salah satu yang menyediakan pembiayaan gadai ini dengan tabel angsuran gadai BPKB motor di Bank BRI yang relatif fleksibel.

Ada yang berpikiran kalau meminjam uang ke Bank BRI dengan sistem gadai BPKB itu ribet dan syaratnya rumit. Namun, ternyata hal itu tidak benar. Kamu bisa mendapatkan berbagai kemudahan jika memilih pinjam uang dengan cara ini.

Apa Kelebihan Gadai BPKB Motor di Bank BRI?

Kalau dibandingkan dengan bank lain yang juga menyediakan produk pembiayaan atau pinjaman, Bank BRI memiliki beberapa kelebihan. Hal ini membuat tidak sedikit nasabah terbantu ketika butuh uang untuk berbagai kebutuhan.

1. Pilihan Tenor bisa Disesuaikan dengan Kondisi Keuangan

Ada banyak pilihan tenor atau jangka waktu pengembalian pinjaman, dari yang paling singkat yaitu 12 bulan sampai 36 bulan. Jadi kamu bisa memilih berapa jangka waktunya, sesuai dengan kemampuan pembayaran cicilan.

Faktor yang dijadikan tolak ukur pemilihan tenor diantaranya, pendapatan bulanan yang akan menjadi sumber dana pembayaran cicilan. Kemudian, berapa dana pinjaman yang kamu butuhkan ketika memilih sistem gadai BPKB motor tersebut.

2. Proses Pengajuan Cepat

Proses yang dibutuhkan untuk mengajukan pembiayaan jenis ini tidak butuh waktu lama sepanjang kamu bisa memenuhi semua persyaratan yang diminta. Ada yang hanya butuh waktu beberapa hari saja, namun ada yang lebih lama dari itu.

Baca Juga:  2 Routing Number BCA untuk Transaksi Internasional

3. Syarat Mudah Dilengkapi

Tidak seperti pembiayaan jenis lain yang persyaratannya cukup kompleks, untuk gadai sesuai tabel angsuran gadai BPKB motor di Bank BRI hanya butuh beberapa syarat saja. Bahkan, kamu akan dipandu untuk melengkapi syarat tersebut sampai tuntas oleh pihak BRI.

4. Minim Penipuan

BRI merupakan bank nasional yang profesional dalam menjalankan kegiatannya. Jadi kemungkinan penipuan dalam hal pembiayaan sangat minim. Apalagi langsung diawasi oleh BI dan berbagai lembaga pengawasan keuangan yang ada di Indonesia.

5. Sistem Bayar Bisa Dipilih

Kalau dulu membayar cicilan harus secara tunai dan diserahkan kepada teller perbankan, kini ada banyak sistem pembayaran cicilan yang dapat kamu pilih. Dengan begitu, tidak mengharuskanmu antri di bank.

Tabel Angsuran Gadai BPKB Motor di Bank BRI

Tabel Angsuran Gadai BPKB Motor di Bank BRI

Syarat Utama Pengajuan Pinjaman Sistem Gadai BPKB

Mau tahu apa saja syarat utama untuk mengajukan pinjaman dengan sistem gadai BPKB motor yang disediakan oleh Bank BRI? Berikut ini penjelasannya sehingga kamu bisa langsung mempersiapkannya jika memang ingin mencoba peruntungan meminjam dengan sistem gadai ini.

1. Usia Minimal 21 Tahun

Kamu harus sudah berusia minimal 21 tahun untuk bisa mengajukan pinjaman dengan sistem gadai BPKB motor

2. Warga Negara Indonesia

Harus Warga Negara Indonesia asli, yang ditandai dengan identitas kependudukan yang sah dan masih berlaku

3. BPKB Asli

BPKB asli dari motor yang akan digadaikan, wajib atas nama sendiri dan bukan BPKB milik orang lain

4. KTP dan KK

Menyertakan Kartu Tanda Penduduk asli dan fotokopinya, begitu juga dengan Kartu Keluarga sebagai dokumen identitas dari nasabah. Jika sudah berkeluarga, maka KTP calon nasabah dan pasangannya wajib disertakan. Begitu juga dengan KK dimana di dalamnya ada nama kamu dan pasangan.

5. NPWP

Tidak semua berkas pengajuan pinjaman ini membutuhkan NPWP, tergantung kebijakan pihak Bank BRI. Namun, jika kamu sudah punya Nomor Pokok Wajib Pajak maka tidak ada salahnya menyertakan juga dokumen asli dan fotokopinya.

6. Materai

Materai 10.000 yang akan digunakan untuk penandatanganan berkas kontrak gadai, jika nantinya pengajuan disetujui oleh pihak bank.

Baca Juga:  3 Cara Menaikkan Limit Kartu Kredit Bank Mega 2024

7. Formulir Pengajuan Pinjaman

Kamu juga wajib mengisi formulir pengajuan pinjaman yang sudah disediakan oleh pihak Bank BRI. Isi formulir tersebut dengan informasi yang akurat, dan bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya

8. Dokumen Pendukung

Akan dibutuhkan jika seandainya pihak bank ingin mengetahui lebih detail tentang calon nasabah. Biasanya akan sangat berhubungan dengan informasi di dalam formulir pengajuan.

Cara Pengajuan Pinjaman

Tidak sulit untuk mengajukan pinjaman dengan jaminan BPKB motor di Bank BRI, selama semua persyaratannya sudah lengkap maka kamu tinggal melakukan beberapa tahapan berikut ini:

  • Persiapkan semua dokumen persyaratan dengan lengkap
  • Datang ke kantor Bank BRI terdekat dari tempat domisili kamu saat ini
  • Informasikan kepada petugas jaga di depan kantor tersebut, bahwa kamu ingin mengajukan pinjaman dengan sistem gadai BPKB Motor
  • Mintalah nomor antrian yang sesuai, kemudian tunggu sampai nomor antrian dipanggil
  • Serahkan dokumen persyaratan kepada petugas atau customer service yang melayani
  • Petugas akan memeriksa kelengkapan dokumen, jika ada yang kurang mereka akan menginformasikannya terlebih dahulu supaya kamu bisa segera melengkapinya
  • Jika syarat sudah lengkap, maka kamu tinggal menunggu tahapan survei yang akan dilakukan oleh petugas yang ditunjuk oleh pihak bank
  • Survei akan dilakukan untuk memastikan semua informasi yang sudah kamu berikan memang sesuai. Ada petugas yang akan datang langsung ke alamat kamu untuk memastikan domisili, mengecek motor yang BPKB nya digadaikan, hingga pengecekan finansial
  • Jika proses survei sudah selesai, maka selanjutnya pihak bank akan melakukan verifikasi dan memastikan apakah kamu layak menerima pinjaman atau tidak
  • Seandainya layak, maka kamu akan diinformasikan soal persetujuan pengajuan pinjaman
  • Dana akan diserahkan dengan metode transfer ke rekening BRI atas nama kamu, sehingga mudah untuk ditarik tunai maupun untuk melakukan pembayaran cicilan selama tenor berjalan

Berapa Plafon Pinjaman pada Tabel Angsuran Gadai BPKB Motor di Bank BRI?

Jumlah pinjaman atau plafon yang diberikan oleh pihak BRI, akan disesuaikan dengan hasil survei dan harga dari kendaraan tersebut. Namun tidak akan seratus persen sesuai harga belinya.

Baca Juga:  KTA Bank Mega 2024: Tabel, Syarat dan Angsuran

Sebagai contoh, kamu membeli motor dengan harga Rp10.000.000 maka kemungkinan besar pinjaman yang disetujui maksimal 80-90 persen dari harga tersebut.

Kemudian akan ada bunga yang juga harus dibayar bersamaan dengan pembayaran cicilan bersama dengan biaya administrasi. Biasanya khusus biaya administrasi akan dibayar pada cicilan pertama saja, namun tetap akan disesuaikan dengan hasil verifikasi.

Berdasarkan tabel angsuran gadai BPKB motor di Bank BRI terbaru, plafon pinjaman terendah ada di angka Rp3.000.000 dengan tenor bisa dipilih dari 12-36 bulan. Semakin lama jangka waktu tenor, akan semakin ringan cicilan yang harus dibayar.

Sedangkan plafon tertingginya saat ini ada di angka Rp15.000.000, dengan tenor yang sama yaitu antara 12 bulan sampai 36 bulan.

Beberapa ilustrasi berikut ini, bisa dijadikan acuan ketika kamu ingin mengajukan pinjaman ke Bank BRI berbekal BPKB motor.

  • Pinjaman Rp3.000.000 dengan tenor 12 bulan, cicilan bulanannya adalah Rp340.000
  • Pinjaman Rp3.000.000 dengan tenor 18 bulan, cicilan bulanannya adalah Rp256.000

Jumlah cicilan inilah nantinya yang sudah termasuk dengan cicilan pokok, bunga, dan biaya lainnya. Jadi kamu wajib mempersiapkan jumlah cicilan yang tepat setiap bulannya supaya tidak harus membayar denda atau penalti.

Kalau kamu sudah paham tentang seluk beluk pinjaman berbasis gadai BPKB motor di Bank BRI, maka akan sangat mudah mempersiapkan segala sesuatu ketika ingin mengajukan pinjaman.

Jangan lupa memastikan cek sesuai tabel angsuran gadai BPKB motor di Bank BRI terbaru sebelum menentukan jumlah pinjaman yang ingin diajukan.

Baca Juga:

error: