Tabel Angsuran Gadai HP di Pegadaian dan Syaratnya

Beben.id – Pegadaian sudah dikenal lama sebagai salah satu tempat terbaik untuk memperoleh pinjaman dana segar secara cepat. Ada banyak barang yang bisa digadaikan di Pegadaian, termasuk HP. Nah, jika ingin menggadaikan HP di Pegadaian, maka ketahui terlebih dahulu tabel angsuran gadai HP di Pegadaian.

Dengan mengetahui simulasi tabel angsuran Pegadaian tersebut, maka kamu akan bisa menentukan apakah mampu membayar angsuran pinjaman itu setiap bulannya. Tenang saja, melakukan pinjaman di Pegadaian aman untuk dilakukan karena itu merupakan lembaga keuangan resmi dan milik negara.

Oleh karena itu, artikel ini sangat membantu orang-orang yang ingin memperoleh informasi tentang cara gadai HP di Pegadaian beserta syarat dan angsurannya. Simak semuanya hingga akhir untuk bisa yakin dalam melakukan gadai HP di Pegadaian nantinya.

Seperti Apa Gadai HP di Pegadaian?

Pegadaian merupakan lembaga keuangan milik negara yang sudah berizin resmi dan diawasi oleh OJK. Pegadaian mempunyai banyak pilihan gadai, termasuk KCA. Itu merupakan gadai barang elektronik yang bisa menjadi pilihan terbaik termasuk untuk gadai HP.

KCA adalah singkatan dari Kredit Cepat Aman. Jadi, nantinya HP-mu akan menjadi jaminan atau agunan untuk digadaikan ke Pegadaian agar kamu bisa mendapatkan dana segar dengan cepat. Nominal dana yang diperoleh tergantung dari nilai HP tersebut.

Jadi, semakin bagus HP itu maka semakin besar juga pinjaman yang diperoleh. Apalagi sekarang banyak orang yang mempunyai gadget atau HP, sehingga melakukan KCA di Pegadaian akan sangat mudah untuk dilakukan.

Calon peminjam hanya perlu memberikan ponsel yang akan digadaikan, identitas diri, dan mengisi formulir. Setelah itu, dana cair akan bisa diperoleh. Sangat mudah, bukan?

Baca Juga:  Jam Besuk Eka Hospital BSD 2024 Buka Siang - Malam

Berapa pinjaman yang diperoleh? Biasanya, itu mencapai jutaan. Namun, itu tergantung dari tipe HP. Jika HP-mu adalah HP keluaran terbaru, maka harganya mahal sehingga pinjaman yang diperoleh juga akan tinggi.

Begitupun sebaliknya, semakin lama HP-mu, maka biaya pinjaman yang diperoleh akan lebih rendah. Oleh karena itulah, pihak Pegadaian memberikan syarat terkait dengan tipe dan tahun HP yang boleh digadaikan agar menguntungkan para peminjam.

Bagaimana Sistem Gadai HP di Pegadaian?

Ingin mengajukan gadai HP di Pegadaian dan khawatir dengan syaratnya yang rumit? Tenang saja, Pegadaian tidak pernah memberikan syarat yang rumit kepada para calon peminjam.

Prosesnya sangat mudah dan cepat sehingga memudahkan semua masyarakat Indonesia yang membutuhkan dana darurat dengan cepat. Pastinya, Pegadaian akan menaksir terlebih dahulu nilai atau harga barang tersebut.

Jadi, bisa saja harga barang tersebut berbeda dengan harga beli atau harga pasaran dari HP tersebut. Namun, tenang saja. Biasanya harga tersebut tidak akan terlalu beda jauh dengan harga pasarannya.

Lalu, HP itu akan dikembalikan lagi setelah pinjaman dilunasi semuanya. Jadi, HP tersebut disimpan oleh pihak Pegadaian dan itu dijamin aman karena Pegadaian juga memberikan asuransi keamanan untuk barang yang digadaikan tersebut.

Nah, terkait dengan penghitungan nilai dari HP tersebut, Pegadaian juga biasanya menerapkan sistem tarif sewa modal yang tidak akan lebih dari 2%. Itu dihitung berdasarkan jumlah pinjaman yang dibutuhkan oleh calon peminjam. Jadi, hal itu tidak akan menjadikan nasabah Pegadaian menjadi rugi.

Apa Saja Syarat dan Proses untuk Gadai HP di Pegadaian?

Sebelum membahas tentang simulasi tabel angsuran gadai HP di Pegadaian, mari kita bahas terlebih dahulu tentang syarat untuk melakukan gadai HP di Pegadaian.

Seperti yang sudah disinggung di atas, gadai HP di Pegadaian tidak membutuhkan syarat yang rumit dan prosesnya juga relatif cepat. Jadi, apa saja syaratnya?

  • Pertama, kamu harus mengisi formulir yang diberikan oleh pihak Pegadaian.
  • Kemudian, tunjukkan KTP asli.
  • Setelah itu, serahkan barang atau HP yang akan digadaikan kepada petugas. Jangan lupa untuk membawa dus, charger, dan segala aksesoris asli bawaan HP tersebut sebagai bukti kelengkapan. Dokumen resmi pembelian HP juga perlu untuk diberikan.
  • Pastikan bahwa HP tersebut masih berfungsi dengan normal dan dalam kondisi yang bagus.
Baca Juga:  5 Cara Menghapus Data Kontak dari Pinjaman Online

Nah, jika sudah maka petugas Pegadaian akan menaksir nilai dari HP tersebut untuk dijadikan sebagai nominal pinjaman yang akan diberikan kepadamu. Nantinya, kamu perlu menandatangani perjanjian dan pihak Pegadaian akan menyimpan HP tersebut.

Kamu hanya perlu melunasi angsuran tiap bulannya sesuai perjanjian agar HP tersebut bisa kembali. Perlu diketahui bahwa dus atau kotak asli dari HP penting untuk disertakan ketika akan digadaikan karena itu menjadi bukti bahwa itu merupakan HP orisinil.

Namun, jika memang ingin menggadaikan HP jangan lupa untuk mereset terlebih dahulu semua data atau file dalam HP. Hal itu agar tidak ada kebocoran data pribadi dari HP tersebut. Ini penting untuk menjaga privasimu dari kemungkinan terburuk yang bisa terjadi nantinya.

Bagaimana Simulasi Tabel Angsuran Gadai HP di Pegadaian?

Hal penting yang harus diketahui sebelum benar-benar memutuskan untuk menggadaikan HP di Pegadaian adalah jangka waktu angsuran, yaitu 120 hari terhitung sejak mendapatkan persetujuan pinjaman. Namun, waktu tersebut masih bisa diperpanjang tergantung dengan kesanggupan peminjam.

Jadi, ada baiknya untuk membicarakan hal tersebut dengan pihak Pegadaian jika memang ada kendala terkait dengan pembayaran angsuran pinjaman yang diajukan itu. Jika melakukan negosiasi dengan Pegadaian, maka jangka waktu pinjaman bisa diperpanjang.

1. Golongan Biaya Pinjaman di Pegadaian

Terkait dengan tabel angsuran gadai HP di Pegadaian, Pegadaian memberikan nominal pinjaman berdasarkan golongan. Tentunya setiap golongan mendapatkan bunga atau biaya pinjaman yang berbeda-beda.

Baca Juga:  Tabel Kredit Mobil di Pegadaian OTR 300 Jutaan 2024

Golongan Biaya Pinjaman di Pegadaian

  • Golongan A mendapatkan nominal pinjaman Rp50.000-Rp500.000 dengan biaya sewa modal 1% dan biaya admin sebesar Rp2.000.
  • Golongan B mendapatkan pinjaman sebesar >Rp500.000-Rp5.000.000 dengan biaya sewa modal 1,2% dan biaya admin sebesar Rp10.000-Rp35.000.
  • Golongan C memperoleh pinjaman >Rp5.000.000-Rp20.000.000 dan biaya sewa modal 1,2%. Sementara itu, biaya adminnya adalah sebesar Rp50.000-Rp100.000.
  • Golongan D mendapatkan pinjaman >Rp20.000.000 dan biaya sewa modal 1,2% dengan biaya admin sebesar Rp125.000.

2. Simulasi Angsuran Per Bulan di Pegadaian

Sebelum mengajukan pinjaman, penting untuk memahami simulasi angsuran. Nah, dengan mengetahui berbagai golongan biaya pinjaman di atas, maka kita bisa mengetahui simulasi angsuran per bulannya untuk setiap golongan dan plafon.

Jadi calon peminjam tidak akan kaget atau merasa tidak tahu mengenai besarnya cicilan dan angsuran yang perlu dibayarkan. Berikut simulasi angsurannya:

  • 500.000 : angsuran Rp508.000
  • 1.000.000 : angsuran Rp1.022.000
  • 2.000.000 : angsuran Rp2.039.000
  • 3.000.000 : angsuran Rp3.056.000
  • 4.000.000 : angsuran Rp4.078.000
  • 5.000.000 : angsuran Rp5.041.000
  • 6.000.000 : angsuran Rp6.107.000
  • 7.000.000 : angsuran Rp7.119.000
  • 8.000.000 : angsuran Rp8.136.000
  • 9.000.000 : angsuran Rp9.153.000
  • 10.000.000 : angsuran Rp10.170.000

Jadi, jangan ragu lagi untuk melakukan gadai HP di Pegadaian. Ikuti simulasi tabel angsuran gadai HP di Pegadaian tersebut untuk mendapatkan angsuran terbaik sekarang. Perlu diperhatikan juga untuk melakukan pencadangan atau back up data sebelum menggadaikan HP agar data personal aman.

Baca Juga:

error: