5 Aturan PNM Mekaar & Janji Nasabah Mekaar 2024


Beben.id – Apakah kamu tahu apa yang dimaksud dengan PNM Mekaar? Itu merupakan PT Permodalan Nasional Madani Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera yang memberikan banyak pinjaman kepada masyarakat. Ada 5 aturan PNM Mekaar yang harus dipatuhi jika ingin mendapatkan pinjaman dari PNM tersebut.

5 aturan tersebut sebenarnya juga termasuk ke dalam janji nasabah PNM Mekaar. Itu merupakan komitmen wajib yang harus dipenuhi oleh para nasabah PNM yang mana merupakan para pelaku usaha mikro yang mengikuti program pinjaman tersebut.

Dengan menepati semua janji tersebut, maka mereka akan mendapatkan modal usaha sesuai dengan yang mereka butuhkan. Nah, seperti apa aturan tersebut? Mari kita bahas lebih lengkapnya di sini.

5 Aturan PNM Mekaar yang Harus Dipatuhi oleh para Nasabahnya

Layanan PNM Mekaar sudah hadir sejak 2016 lalu. Sejak saat itu, PNM Mekaar sudah membantu banyak para ibu rumah tangga yang mendirikan usaha mikro untuk meningkatkan ekonomi keluarga mereka.

Tentunya, kehadiran program PNM Mekaar tersebut sangat memberikan dampak positif bagi para wanita pelaku UMKM.

Dengan adanya program tersebut, para wanita prasejahtera bisa mendapatkan bantuan modal untuk usaha mikro mereka. Apalagi syarat pengajuan pinjaman itu juga tidak sulit untuk dipenuhi sehingga sangat memudahkan bagi para calon nasabah.

Jika tertarik untuk mengikuti program tersebut, maka simak dulu 5 aturan PNM Mekaar yang harus dipenuhi oleh semua nasabahnya. Hal ini untuk menghindarkan resiko kerugian bagi nasabah dan juga pihak PNM.

1. Hadir Tepat Waktu

Hal pertama yang harus dipatuhi oleh para nasabah adalah hadir tepat waktu atau tidak boleh telat. Pasalnya, semua nasabah yang memperoleh pinjaman dari PNM Mekaar memang harus menghadiri semua pertemuan rutin yang diadakan setiap satu minggu sekali.

Baca Juga:  Cara Menggunakan Kredivo! Tarik Tunai, Cara Kredit

Selain itu, nasabah juga diwajibkan untuk datang tepat waktu. Hal itu sudah ada dalam kesepakatan yang diberikan saat pertama kali mendapatkan persetujuan pinjaman dari PNM Mekaar. Kesepakatan itu juga sudah dibuat antara petugas PNM dan ketua kelompok ibu-ibu.

2. Penggunaan Pinjaman sebagai Modal Usaha

Pinjaman yang diperoleh dari PNM Mekaar tersebut tidak boleh digunakan untuk tujuan lain selain untuk membangun atau mengembangkan usaha. Jadi, pilihlah usaha yang memang bisa dibangun dengan modal tersebut. Jangan memilih usaha yang biayanya lebih besar dari pinjaman yang diperoleh itu.

Tenang saja, bagi nasabah yang tidak pernah melakukan bisnis sebelumnya akan mendapatkan bimbingan dan pelatihan dari pihak PNM Mekaar terkait dengan usaha mikro. Hal itu bertujuan agar usaha tersebut bisa berkembang dan maju sehingga nantinya nasabah bisa membayar angsuran tepat waktu dan tidak didenda.

3. Pembayaran Angsuran Tiap Minggu

Salah satu dari 5 aturan PNM Mekaar adalah pembayaran angsuran yang harus dilakukan setiap seminggu sekali. Itu merupakan suatu kewajiban yang harus dibayarkan. Pembayarannya tidak boleh telat dengan jumlah yang pas sesuai dengan perjanjian di awal.

Jadi, setiap anggota kelompok harus membayarkan angsuran dan dikumpulkan ke ketua kelompok. Nantinya, ketua kelompok harus menyerahkan itu ke pihak PNM Mekaar secara perwakilan.

Jadi, pembayarannya dilakukan secara berkelompok setiap satu minggu sekali sesuai dengan jadwal yang sudah disepakati.

4. Tanggung Jawab Bersama Jika Ada Anggota yang Tidak Sanggup Bayar

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa ini merupakan pinjaman secara berkelompok sehingga pembayarannya dilakukan secara berkelompok. Namun, setiap anggota mempunyai angsuran sendiri. Nah, jika ada anggota yang tidak sanggup bayar, itu menjadi tanggung jawab kelompok.

Baca Juga:  Cara Pinjam Uang di Tunaiku 10 Menit Langsung Cair

Dalam artian, semua anggota kelompok harus mau bersama-sama membantu membayar biaya satu orang anggota yang belum sanggup membayar angsuran tersebut. Istilah itu dikenal dengan sistem tanggung renteng.

5. Hasil Usaha Diprioritaskan untuk Keluarga

Aturan yang terakhir adalah hasil usaha atau keuntungan dari bisnis mikro tersebut harus diprioritaskan untuk kebutuhan atau membantu keluarga. Hal ini sesuai dengan tujuan dari PNM Mekaar yang ingin membantu mensejahterakan keluarga Indonesia yang kurang mampu.

Diharapkan dengan bantuan modal tersebut, ketika wanita prasejahtera sudah sukses dengan bisnis mikro yang dijalaninya, maka keluarga mereka juga akan merasakan kesuksesan tersebut.

Oleh karena itu, program dari PNM Mekaar tersebut sebenarnya sangat patut untuk dicoba oleh para wanita dan ibu rumah tangga.

5 aturan tersebut harus benar-benar dipatuhi oleh semua nasabah atau kelompok yang mendapatkan modal usaha mikro dari PNM Mekaar. Oleh karena itu, seharusnya semua nasabah menaatinya agar bisa mendapatkan bantuan modal yang lebih banyak nantinya dari PNM Mekaar.

Apa Syarat Mengajukan Pinjaman di PNM Mekaar?

Kami sudah menjelaskan di atas bahwa program dari PNM Mekaar tersebut hanya diperuntukan bagi para wanita prasejahtera atau ibu rumah tangga yang ingin membantu perekonomian keluarga mereka dengan mendirikan UMKM.

Nah, jika ingin mengajukan pinjaman di PNM Mekaar, maka calon nasabah wajib memenuhi syarat berikut.

  • Perempuan prasejahtera yang merupakan pelaku UMKM.
  • Usia 18-55 tahun dan mempunyai identitas diri berupa KTP atau identitas lainnya.
  • Sudah mempunyai UMKM atau modal kerja.
  • Membentuk kelompok dengan anggota paling sedikit 10 orang di mana ada satu orang yang menjadi ketua kelompoknya.
  • Tidak ada agunan fisik.
  • Harus menaati 5 aturan yang sudah disebutkan dan dijelaskan di atas. Jadi, karena tidak ada agunan fisik maka hanya ada sistem tanggung renteng dan kedisiplinan untuk menghadiri PKM atau Persiapan Pembiayaan dan Pertemuan Kelompok Mingguan.
  • Wajib hadir dan menyetorkan angsuran rutin tiap minggunya kepada ketua kelompok. Lalu, ketua kelompok harus membayarkan uang tersebut secara kolektif kepada pihak PNM Mekaar. setiap seminggu sekali sambil melakukan pembinaan atau pembimbingan usaha mikro.
Baca Juga:  4 Kredit Motor Tanpa BI Checking Tanpa Survey

Tentu semua syarat tersebut sangat mudah untuk dipenuhi, bukan? Jadi, bagi kamu para wanita atau ibu rumah tangga yang tidak bekerja kantoran dan sudah mempunyai usaha kecil-kecilan di rumah bisa mencoba untuk mengajukan pinjaman di PNM Mekaar dan ikuti semua syarat di atas agar disetujui.

Manfaat yang Diperoleh Jika Menjadi Nasabah PNM Mekaar

Jika ingin mendapatkan pinjaman di PNM Mekaar, maka tentu kamu harus menjadi nasabah PNM Mekaar. Lalu, apa manfaat yang akan diperoleh jika menjadi nasabah atau mengikuti program dari PNM Mekaar tersebut?

Ternyata, manfaat yang didapatkan tidak main-main. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Syarat pinjaman dari PNM Mekaar mudah untuk dipenuhi.
  • Menerapkan sistem tanggung renteng sehingga itu lebih meringankan.
  • Cicilan dilakukan setiap minggu jadi tidak terlalu berat.
  • Tidak butuh jaminan apapun.
  • Mendapatkan bimbingan usaha.
  • Mendapatkan pengetahuan tentang cara pengelolaan keuangan yang tepat.
  • Membantu meningkatkan kesejahteraan keluarga.
  • Meningkatkan kompetensi sebagai seorang wirausaha perempuan.
  • Mendapatkan pinjaman syariah yang aman dan tidak membebani.

Tentu saja, semua manfaat tersebut sangat sayang untuk dilewatkan. Oleh karena itu, segera daftarkan diri di program PNM Mekaar sekarang, patuhi 5 aturan PNM Mekaar di atas, dan jadilah pelaku UMKM terbaik untuk mensejahterakan keluarga.

Baca Juga:

error: