4 Cara Cek Bukti Transfer BRI Asli atau Palsu 2024

Beben.id – Bagi para nasabah baru BRI melakukan pengecekan bukti transfer BRI merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Hal itu untuk menghindarkan kamu dari resiko penipuan yang dilakukan oleh pihak lain. Di lain sisi, hal tersebut juga membantumu untuk bisa memberikan bukti transfer yang real kepada pihak lainnya.

Oleh karena itu, pengetahuan tentang cara cek bukti transfer Bank BRI tersebut tidak boleh dilewatkan begitu saja. Ada berbagai penjelasan di artikel berikut yang akan membantumu untuk memahami tentang cara cek bukti transfer BRI tersebut dan juga beberapa penjelasan terkait transaksi menggunakan BRI.

Jadi, simak semua penjelasannya hingga akhir karena ini akan benar-benar berguna untuk para nasabah baru BRI. Dengan mengetahuinya, kamu bisa mengetahui aliran dana yang keluar dan masuk dari rekening secara tepat.

Beberapa Cara Cek Bukti Transfer BRI Asli yang Wajib Diketahui Nasabah

Sebenarnya, ada dua cara umum yang bisa dilakukan untuk mengecek bukti transfer bagi para pengguna BRI. Nah, dua cara itu adalah dengan menggunakan BRImo dan Email.

Perlu diketahui bahwa BRImo merupakan aplikasi resmi milik BRI. Itu merupakan aplikasi m-banking yang bisa digunakan untuk melakukan segala jenis transaksi secara online. Tak hanya itu saja, aplikasi tersebut juga bisa digunakan untuk mengecek bukti transfer BRI dan mutasi rekening BRI yang sudah dilakukan.

BRImo sendiri adalah integrasi dari BRI Mobile dan mobile banking, internet banking, serta e-money. Jadi, semuanya bisa dilakukan di satu aplikasi dalam satu waktu. Tentu, itu akan sangat memudahkan para nasabah BRI, khususnya para kaum milenial yang suka dengan segala sesuatu yang simple dan instan.

Baca Juga:  4 Tabel Menabung Harian mulai 2ribu, 5ribu, 10ribu dll

Berbagai transaksi bisa dilakukan di sana, mulai dari membuka rekening, melakukan transfer antar BRI ataupun antar bank, membayar tagihan, melakukan top up dompet digital, dan juga melihat bukti transfer. Jika ingin menggunakannya sebagai cara melihat bukti transfer, ikuti caranya berikut ini.

1. Cara Cek Bukti Transfer via BRImo

Jika menggunakan aplikasi BRImo, ada cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui bukti transfer yang sudah dilakukan dengan rekening BRI tersebut. Jadi, kami akan memberikan penjelasannya secara satu per satu. Caranya adalah dengan melihat bukti transfer tersebut dari menu Aktivitas di BRImo.

  • Pertama, buka BRImo terlebih dahulu. Jika belum ada, silakan untuk mengunduhnya di App Store atau Google Play Store. Jika sudah, daftarkan dulu akun BRImo.
  • Kemudian, masukkan username dan password yang terdaftar di BRImo tersebut.
  • Jika sudah masuk ke home aplikasi BRImo, klik pada menu Aktivitas.
  • Kemudian, di sana ada pilihan bukti transfer. Pilih saja menu tersebut.
  • Selanjutnya, jangan lupa untuk mengambil tangkapan layar dari bukti transfer itu.

Sekarang pertanyaannya adalah bagaimana jika terlalu banyak transaksi yang sudah dilakukan? Tenang, kami juga memberikanmu cara mudahnya. Jadi, kamu hanya perlu menggunakan fitur filter yang ada di bagian pojok atas dari menu Aktivitas.

Selanjutnya, pilih berdasarkan waktu atau status transaksi. Nah, karena kamu ingin mendapatkan bukti transfer maka pilihan status transaksi yang harus difilter adalah transfer saja. Nantinya, akan muncul berbagai transfer yang sudah dilakukan dan pilih mana yang ingin di-screenshot.

Sayangnya, transfer di BRImo tidak bisa dilakukan secara realtime karena beberapa bukti transfer sudah hilang. Jadi, perlu dilakukan cara lain untuk bisa mendapatkan bukti transfer tersebut. Apa itu? Jadi, cara lain itu adalah dengan mengeceknya di email yang terdaftar di BRImo.

2. Cara Cek Bukti Transfer via Email

Jika kamu tidak bisa menemukan bukti transfer BRI dari BRImo, maka lakukan cara yang satu ini sebagai alternatif cara untuk melihat bukti transfer tersebut. Caranya sangat mudah dilakukan, kamu hanya perlu mengikuti panduan dalam poin-poin berikut ini.

  • Buka dulu email yang terdaftar di aplikasi BRImo.
  • Kemudian, carilah email masuk dari BRImo. Gunakan saja kolom pencarian di email tersebut. Contohnya adalah dengan mengetikkan “pemindahan dana BRImo” dan nantinya akan muncul berbagai email dari BRImo tersebut. Buka email itu satu per satu untuk menemukan yang kamu maksud.
  • Simpan dengan cara melakukan screenshot pada bukti transfer Kini, bukti itu sudah ada di tanganmu dan bisa kamu gunakan sesuai kebutuhan.
Baca Juga:  Perhitungan Bunga Deposito BRI 100 Juta Terbaru 2024

Jika masih kesulitan untuk menemukan bukti transfer tersebut dengan menggunakan email, maka mari kita melangkah ke cara selanjutnya.

3. Cara Cek Bukti Transfer via Internet Banking BRI

Nah, ini merupakan cara lainnya yang mudah untuk dilakukan jika ingin mengecek bukti transfer bagi para pengguna atau nasabah BRI. Ikuti cara-cara mudahnya berikut ini agar bisa mendapatkan bukti transfer yang diinginkan.

Ini juga menjadi cara alternatif jika kamu tidak mempunyai aplikas BRImo di ponsel. Internet banking tersebut bisa diakses melalui browser di HP, komputer, ataupun laptop sehingga banyak pilihan perangkat yang bisa digunakan.

Kemudian, masukkan saja situs resmi dari internet banking BRI di browser tersebut untuk mengaksesnya.

  • Buka situs bri.co.id. Itu merupakan situs internet banking dari Bank BRI.
  • Kemudian, silakan login ke sana dengan memasukkan user ID, password, dan juga nomor validasi. Selanjutnya, klik opsi Masuk.
  • Di bagian home dari laman tersebut ada tiga titik di bagian pojok kiri atas. Titik itu berwarna orange. Klik saja bagian tersebut.
  • Kemudian, pilih menu Rekening yang ada di sana.
  • Selanjutnya, ada menu Mutasi Rekening. Nah, pilihlah bagian tersebut.
  • Setelah itu, pilih histori dari transaksi tersebut dengan memilih tanggal dan bulan dari periode transaksi yang diinginkan.
  • Kemudian, klik opsi Tampilkan dan nantinya bukti transfer itu akan ditampilkan secara detal di laman situs tersebut sesuai dengan periode transaksi yang diinginkan.
Baca Juga:  7 Kelebihan dan Kekurangan Bank Jatim Terbaru 2024

Nah, tinggal screenshot saja bukti transfer itu dan nantinya itu akan otomatis tersimpan di perangkat. Sangat mudah, bukan?

4. Cara Cek Bukti Transfer via ATM BRI

Masih membutuhkan cara lainnya untuk mendapatkan bukti transfer tersebut? Jika iya, maka kami masih punya satu cara lagi yaitu dengan menggunakan ATM BRI. Cara ini juga tak kalah mudahnya dengan beberapa cara lainnya yang sudah kami jelaskan di atas.

Cara ini juga lebih praktis karena kamu tidak perlu melakukan screenshot tetapi bisa mencetak bukti transfernya langsung dari mesin ATM tersebut. Namun, hanya ada 5 transaksi yang bisa ditampilkan dengan ATM BRI tersebut. Oleh karena itu, nasabah tidak bisa melihat mutasi rekening di bulan sebelumnya.

  • Kunjungi ATM BRI
  • Kemudian, masukkan kartu ATM BRI dan pin.
  • Pilih Transaksi Lainnya.
  • Pilih menu Info Rekening dan lanjutkan dengan memilih Mutasi Rekening.
  • Nah, layar akan menampilkan 5 mutasi rekening terakhir yang dilakukan dalam bulan ini.
  • Silakan cetak bukti transfer tersebut dalam bentuk struk.

Berbagai cara melihat bukti transfer BRI di atas benar-benar bisa membantumu yang membutuhkan beragam cara untuk mengecek transaksi dari rekening BRI. Pilih saja salah satu cara yang paling mudah menurutmu.

Baca Juga:

error: