Ancaman DC Easycash Semua Kontak HP di Teror

Apakah saat ini Anda sedang diburu oleh DC Easycash? jika iya, maka jangan terburu-buru panik. Easycash adalah salah satu perusahaan fintech yang menyediakan layanan pinjaman dana berbasis online. Meskipun dana bisa didapat secara online, namun Easycash juga mempekerjakan DC lapangan.

Hal ini berlaku bagi debitur yang berdomisili di wilayah Jabodetabek. Jadi, para debt collector ini akan mendatangi rumah debitur yang kedapatan memiliki angsuran macet. Jika Anda memiliki kendala dalam mengangsur utang, maka ada beberapa alternatif yang bisa dilakukan untuk menghadapi DC lapangan.

Sekilas tentang Perusahaan Easycash

Bagi Anda yang sering meminjam uang secara online, mungkin Easycash adalah perusahaan P2P landing yang sudah tidak lagi asing bagi Anda. Easycash merupakan platform yang menyediakan layanan pendanaan berbasis digital untuk masyarakat Indonesia.

Pada dasarnya, Easycash merupakan perusahaan pinjaman online yang bergerak di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Meskipun sudah diawasi oleh OJK, entah mengapa masih ada saja beberapa oknum debt collector yang melakukan penagihan utang dengan cara yang kasar.

Hal ini bisa Anda ketahui dari berbagai ulasan yang ada di media sosial ataupun situs pencarian. Banyak debitur yang memiliki pengalaman kurang menyenangkan saat ditagih utangnya dengan debt collector Easycash.

Easycash sebagai perusahaan pembiayaan digital mengklaim telah menggunakan metode kontrol AI dan big data. selain itu, platform ini juga menggunakan sistem skor kredit yang dikembangkan sendiri.

Pihak Easycash mengaku telah menyediakan layanan teknologi keuangan yang memiliki tingkat keamanan tinggi, sehingga dapat memberikan kenyamanan saat bertransaksi. Bahkan, aplikasi ini memiliki cita-cita yang besar, yakni dapat membantu mengembangkan inklusi keuangan masyarakat.

Baca juga:  5 Resiko Telat Bayar Kredivo! DC Ancam Sebar Data

Pastinya, ada banyak masyarakat yang tertarik untuk melakukan pinjaman uang ke aplikasi fintech ini. Pasalnya, Easycash menawarkan cara peminjaman yang sangat mudah bagi penggunanya. Bahkan, dana yang dipinjam bisa cair tidak sampai 24 jam.

Cara pendaftarannya juga tidak kalah praktis karena hanya membutuhkan kartu Identitas. Cukup dengan mengeluarkan waktu 5 menit, Anda sudah bisa menjadi anggota dalam aplikasi Easycash. Tidak seperti bank konvensional, Anda bisa meminjam uang kapan saja di Easycash selama 24 jam.

Dengan beragam keunggulan yang ditawarkan tersebut, tidak heran jika aplikasi Easycash telah diunduh lebih dari 10 juta kali di Play Store.

Dokumen yang Wajib Dibawa DC Easycash Saat Menagih Utang

DC Easycash

Setelah mengetahui sekilas informasi tentang Easycash, Anda pasti setuju bahwa penawaran yang ditawarkan oleh perusahaan fintech tersebut sangat menarik. Jika Anda sudah tergiur dan saat ini sedang kesulitan untuk membayarnya, maka jangan takut.

Bagi Anda yang berdomisili di kawasan Jabodetabek, kemungkinan besar Anda akan didatangi oleh DC lapangan. Setiap DC yang bertugas di lapangan harus bekerja sesuai standar kerjanya, salah satunya dengan membawa berbagai dokumen pendukung. Beberapa dokumen tersebut yaitu sebagai berikut:

Kartu Identitas

Debt collector yang bekerja pada suatu perusahaan wajib memiliki kartu identitas, apalagi jika terlibat dalam suatu acara atau pekerjaan lapangan. Sesuai dengan namanya, kartu ini berguna untuk memperkenalkan diri sebagai karyawan dan bukan orang asing atau karyawan palsu.

Kartu identitas merupakan kartu yang berisi informasi tentang data diri seseorang, baik secara pribadi ataupun profesional. Kartu ini juga dapat menunjukkan data diri debt collector sebagai karyawan atau staff di perusahaan atau lembaga tertentu.

Baca juga:  5 Cara Menghapus Data Kontak dari Pinjaman Online

Pada dasarnya, kartu identitas ini tidak menunjukkan data pribadi secara lengkap. Informasi yang terkandung di dalamnya hanya memuat nama lengkap, jabatan, nomor induk, foto, dan nama lembaga atau perusahaan.

Sertifikat Profesi

Dokumen kedua yang wajib dibawa oleh DC Easycash saat menagih utang di lapangan yaitu sertifikat profesi. Sertifikasi profesi merupakan suatu dokumen yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja dalam suatu mekanisme kerja.

Mekanisme tersebut diciptakan oleh pemerintah melalui lembaga pemerintahan setempat yang telah bekerja sama dengan instansi yang berkaitan.

Tenaga kerja yang telah mengantongi sertifikat profesi menandakan bahwa ia merupakan tenaga kerja profesional dalam mempraktikkan pekerjaannya. Hal ini juga berlaku pada debt collector yang wajib memiliki dan membawa sertifikat profesi saat menagih utang ke nasabah atau debitur.

OJK menegaskan agar seluruh perusahaan memastikan bahwa setiap debt collector telah memiliki sertifikat profesi. Hal ini dilakukan sebagai upaya mengikuti aturan perundang-undangan dalam proses menagih utang kepada nasabah.

Surat Tugas

Surat tugas adalah dokumen yang tidak kalah penting untuk dibawa dalam pelaksanaan penagihan utang. Secara umum, surat tugas adalah surat yang diterbitkan oleh seorang atasan atau seseorang dengan jabatan yang tinggi kepada pihak bawahannya, dalam hal ini debt collector.

Surat tersebut adalah sebuah mandat agar debt collector melakukan kunjungan (tagihan lapangan) kepada debitur. Dikeluarkannya surat tugas ini juga dapat disebabkan karena pihak pertama berhalangan hadir, sehingga pihak kedua diberi mandat untuk mewakili kedatangannya.

Surat tugas bisa disebut juga dengan surat penagihan yang berupa dokumen tertulis untuk nasabah agar segera melunasi hutangnya. Tujuan digunakannya surat ini yaitu untuk mengingatkan debitur agar lekas membayar utang sebelum jatuh tempo, sehingga tidak akan terjadi kecurangan dari pihak debitur.

Baca juga:  5 Cara Agar Pinjol Tidak Menghubungi Kontak! Ampuh

Dokumen yang satu ini wajib dibawa dan dipakai untuk memperkuat legalitas hukum saat melakukan penagihan. Hal ini sesuai dengan Pasal 1238 KUHPerdata yang menyatakan bahwa surat tugas dapat diberikan kepada debitur saat ia dinyatakan lalai membayar utang karena melewati jatuh tempo.

Bukti Jaminan Fidusia

Jaminan fidusia adalah hak jaminan atas benda bergerak, baik yang berwujud ataupun yang tidak berwujud. Jaminan ini juga dapat berlaku untuk benda tidak bergerak khususnya, bangunan yang tidak bisa dibebani hak tanggungan,

Jika Anda berada dalam situasi di mana angsuran terhadap peminjaman mengalami mogok, maka pemberi pinjaman akan memanfaatkan haknya untuk mengambil hak kepemilikan barang. Namun, perlu digarisbawahi bahwa pengambilan kepemilikan ini tidak bisa dilakukan secara sembarangan.

Pasalnya, perusahaan harus mengikuti aturan yang berlaku sesuai hukum. Jadi, pihak kreditur perlu melakukan beberapa prosedur atau tahapan tertentu sebelum melakukan eksekusi.

Hal ini dimulai dengan pemberian peringatan kepada pihak debitur. Jika peringatan tersebut tidak diindahkan, maka kreditur akan mengirimkan surat peringatan yang berikutnya.

Jika surat peringatan yang kedua masih tidak direspon atau, maka pihak kreditur baru boleh mengirimkan surat kuasa atau fidusia. Ketika melakukan eksekusi, pihak kreditur juga perlu membawa bukti surat peringatan, surat kuasa eksekusi, dan sertifikat fidusia untuk mencegah adanya kesalahpahaman.

Jadi, saat DC Easycash datang ke tempat Anda, maka coba bicaralah baik-baik kepadanya. jangan lupa untuk menanyakan dokumen-dokumen yang sudah disebutkan di atas sebagai bukti bahwa DC tersebut benar-benar DC kredibel. Jika tidak membawa salah satunya, Anda berhak menolak untuk menemuinya.

Rekomendasi Untuk Anda:

error:
close