Bagaimana Shopee Paylater Jika Tidak Digunakan 2024


Beben.id – Shopee kini menjadi salah satu marketplace yang paling banyak disukai oleh masyarakat Indonesia, terutama para wanita. Salah satu fitur Shopee yang disukai oleh para penggunanya adalah Shopee Paylater. Namun, bagaimana Shopee Paylater jika tidak digunakan?

Pertanyaan tersebut sering dilontarkan oleh para pengguna Shopee yang sudah mengaktifkan Shopee Paylater. Tenang saja, kamu tidak perlu membayar apapun terkait dengan paylater yang sudah diaktifkan di akun Shopee-mu tersebut. Apakah hal itu benar?

Artikel berikut ini akan memberikan penjelasan lengkap terkait dengan apa yang terjadi jika Shopee Paylater tidak digunakan apa yang terjadi. Ini akan membantumu yang sudah mengaktifkan Shopee Paylater tetapi belum menggunakannya dan khawatir dengan pembayaran paylater tersebut.

Bagaimana Shopee Paylater Jika Tidak Digunakan?

Kamu tidak perlu khawatir jika sudah terlanjur mengaktifkan Shopee Paylater, tetapi tidak menggunakannya. Tidak akan ada tagihan paylater yang masuk ke akunmu. Pasalnya, tidak ada pembayaran untuk belanja apapun yang sudah kamu lakukan dengan menggunakan paylater tersebut.

Kecuali jika paylater tersebut sudah digunakan untuk membeli belanjaan di Shopee. Nah, ketika itulah maka kamu diharuskan untuk membayar biaya tagihan tersebut.

Jadi, kini sudah tenang bukan setelah mengetahui tentang jawaban atas kekhawatiranmu mengenai Shopee Paylater aktif yang tidak digunakan tersebut?

Oleh karena itu, jika memang tidak dibutuhkan untuk sesuatu yang terlalu penting atau tidak mempunyai cukup uang untuk membayar cicilannya, maka sebaiknya tidak belanja di Shopee menggunakan paylater tersebut. Jadi, bijaklah dalam menggunakan Shopee Paylater, ya.

Apakah Bisa Menonaktifkan Shopee Paylater Jika Tidak Digunakan?

Nah, pertanyaan selanjutnya yang sering ditanyakan oleh para pengguna Shopee adalah apakah Shopee Paylater jika tidak digunakan bisa dinonaktifkan? Kebanyakan pengguna Shopee khawatir bahwa paylater yang aktif tersebut akan disalahgunakan oleh pihak lain.

Baca Juga:  8 Peraturan OJK Tentang Debt Collector Terbaru

Terlebih lagi, beberapa waktu belakangan sering terjadi kasus pembobolan akun Shopee oleh pihak tak bertanggung jawab. Pemilik akun harus membayar tagihan paylater tiap bulannya padahal mereka tidak pernah menggunakan paylater tersebut.

Nah, karena itulah banyak yang ingin menonaktifkan Shopee Paylater mereka yang masih mempunyai limit banyak tetapi tidak pernah digunakan. Menonaktifkan Shopee Paylater sebenarnya bisa dilakukan jika tidak ada cicilan lagi.

Selain itu, tidak perlu khawatir juga dengan sisa limit paylater yang ada di akun Shopee-mu. Sisa saldo paylater tersebut tidak akan menjadikanmu ditagih untuk membayarnya selama tidak digunakan untuk berbelanja di Shopee.

Jadi, pengguna hanya perlu menghapus akun Shopee lama yang sudah digunakan untuk mengaktifkan Shopee Paylater tersebut. Selain itu, cara kedua adalah dengan tidak menggunakan Shopee Paylater selama tiga bulan berturut-turut.

Jika tidak digunakan selama waktu tersebut, Shopee secara otomatis akan menonaktifkan paylatermu. Namun, agar lebih jelas dalam melakukan penonaktifan Shopee Paylater tersebut, kami berikan beberapa penjelasan lengkapnya di sini.

Perhatikan terlebih dahulu syarat-syarat utama untuk menonaktifkan paylater tersebut:

  • Sudah tidak ada lagi tagihan paylater
  • Akun Shopee sedang tidak ditangguhkan atau masih aktif
  • Email atau nomor HP yang terdaftar di Shopee tidak digunakan di akun Shopee yang lainnya
  • Email atau nomor HP yang terdaftar di akun Shopee harus berstatus aktif
  • Tidak ada pesanan belanja yang masih dalam proses

Kemudian, lakukan penonaktifan Shopee Paylater tersebut sesuai dengan langkah-langkah yang kami berikan berikut ini. Lakukan semuanya sesuai poin berikut agar berhasil.

  • Pertama, masuklah terlebih dahulu ke akun Shopee yang digunakan untuk mengaktifkan Shopee Paylater.
  • Kemudian, masuk ke bagian Pengaturan.
  • Jika sudah, silakan masuk ke menu Saya.
  • Klik pada fitur Pengaturan di menu Saya tersebut.
  • Setelah itu, ajukan Hapus Akun pada menu tersebut.
  • Setelahnya akan muncul permintaan untuk mengisi kode verifikasi. Masukkan kode verifikasi tersebut.
  • Jangan lupa juga untuk mengisi alasanmu ingin melakukan penghapusan akun. Selain bisa memilihnya di opsi yang sudah tersedia, alasan tersebut juga bisa ditulis dengan beberapa kalimat.
  • Jika sudah dipilih, tuliskan alamat email aktif yang digunakan ketika mendaftar akun Shopee tersebut.
  • Jangan lupa untuk mencentang bagian setuju dengan Syarat dan Ketentuan penghapusan akun
  • Selanjutnya, klik opsi Kirim.
  • Nah, tunggu hingga kamu mendapatkan email konfirmasi dari CS Shopee terkait dengan penghapusan akun Shopee.
  • Jika akun Shopee sudah terhapus, maka Shopee Paylater juga otomatis terhapus. Silakan buat akun Shopee yang baru, tetapi jangan aktifkan paylater jika tidak ingin menggunakannya.
Baca Juga:  4 Cara Daftar Akulaku 2024 Limit Besar 10 Juta

Limit Saldo Shopee Paylater

1. Apakah Limit Saldo Shopee Paylater Harus Dihabiskan?

Apa masih ingin menggunakan Shopee Paylater? Jika iya, maka pasti ada satu pertanyaan yang terbesit di benakmu, yaitu terkait dengan “apakah semua saldo Shopee Paylater yang masih tersisa harus dihabiskan?”

Perlu diketahui bahwa limit Shopee Paylater tersebut tidak harus dihabiskan. Jadi, gunakan saja saldo paylater tersebut sesuai dengan kebutuhan. Nah, jika memang ingin menghabiskan semua limitnya, maka kamu tidak bisa menggunakan paylater itu untuk berbelanja lagi sebelum membayar sebagian cicilannya.

Oleh karena itu, pastikan untuk membayar sebagian tagihan tersebut sebelum waktu jatuh tempo agar bisa mendapatkan limit Shopee Paylater lagi yang bisa digunakan berbelanja di Shopee.

Mari kita ambil contoh, misalnya kamu mempunyai limit Shopee Paylater sebanyak Rp1 juta dan semua limit tersebut sudah dihabiskan. Nah, dengan membayar sebagian tagihannya sebesar Rp500 ribu, maka limit Shopee Paylater akan menjadi Rp500 ribu.

Limit sebesar Rp500 ribu tersebut bisa digunakan untuk berbelanja lagi di Shopee. Nah, sampai sini sudah paham bukan bahwa limit Shopee Paylater tersebut tidak perlu dihabiskan?

2. Berapa Sebenarnya Limit Shopee Paylater yang Paling Tinggi?

Tidak hanya terkait dengan bagaimana Shopee Paylater jika tidak digunakan, tetapi limit tertinggi Shopee Paylater juga sering dipertanyakan oleh para pengguna Shopee. Sebenarnya, tidak ada batasan limit tertinggi dari Shopee Paylater. Hal itu sudah dikonfirmasi oleh CS Shopee.

Baca Juga:  3 Cara Mendapatkan Shopee Pinjam dan Cara Aktivasi 2024

Jika ingin mendapatkan limit yang banyak, tentunya pengguna harus sering berbelanja di Shopee menggunakan Shopee Paylater dan membayar tagihan tersebut secara tepat waktu sebelum jatuh tempo. Dengan cara itulah, limit Shopee Paylater akan menjadi semakin tinggi secara otomatis.

Hal Lain yang Perlu Diketahui tentang Limit dan Pembayaran Shopee Paylater

Dari berbagai penjelasan di atas, tentu kita sudah tahu tentang cara menaikkan limit Shopee Paylater. Kunci utamanya adalah di pembayaran tagihan secara tepat waktu sebelum waktu jatuh tempo.

Dengan begitu, total limit paylater bisa meningkat. Proses tersebut akan dilakukan selama 1×24 jam setelah pembayaran tagihan dan limit Shopee Paylater akan bertambah.

Sebagai tambahan informasi, pastikan bahwa pembayaran tagihan Shopee Paylater itu dilakukan secara tepat waktu agar tagihan paylater tidak membengkak.

Pasalnya, jika telat melakukan pembayaran tagihan tiap bulannya, maka akun Shopee akan dibekukan dan tidak bisa digunakan untuk berbelanja lagi sementara waktu hingga tagihan dilunasi.

Nah, sudah paham bukan dengan Shopee Paylater jika tidak digunakan? Semua yang kami jelaskan di atas bisa membantumu yang masih bingung dengan Shopee Paylater. Selalu pastikan untuk menggunakan paylater sesuai kebutuhan dengan biijaksana.

Baca Juga:

error: