7 Cara Bayar Angsuran Pinjaman BRI Lewat Internet Banking

Adanya internet banking BRI, sejumlah transaksi perbankan seperti cek saldo, transfer, hingga membayar angsuran bisa dilakukan tanpa ke ATM atau mengantri di bank. Cara bayar angsuran pinjaman BRI lewat internet banking juga mudah dilakukan.

Dengan adanya internet banking, tidak akan menghabiskan banyak waktu Anda untuk menunggu antri di bank. Layanan internet banking BRI sangat membantu Anda sebagai nasabah dalam berbagai keperluan transaksi.

Tak hanya bisa digunakan untuk melakukan transfer, tapi juga berguna untuk membayar berbagai tagihan seperti listrik, internet, pulsa telepon, mutasi rekening, dan premi asuransi.

Cara Daftar Internet Banking BRI

Anda bisa langsung mengakses internet banking BRI melalui laman https//ib.bri.co.id. Namun sebelum itu, Anda selaku nasabah perlu mendaftarkan diri terlebih dahulu di internet banking BRI. Jangan lupa juga untuk mempersiapkan beberapa persyaratannya.

Berikut panduan yang bisa Anda ketahui untuk mendaftar internet banking BRI melalui kantor cabang:

  • Sebelum datang langsung ke kantor cabang Bank BRI terdekat, siapkan dan cek kembali persyaratannya seperti KTP, buku tabungan, dan kartu ATM. Anda juga akan diminta nomor KTP dan email yang aktif
  • Lalu, isi formulir pendaftaran IB BRI dan juga aktivasinya. Demi menghemat waktu, pengisian bisa Anda lakukan saat menunggu antrian nasabah lainnya di customer service.
  • Kemudian, sebagai nasabah Anda akan diberikan pilihan untuk membeli token m-token
  • Ketika sudah aktif, Anda sudah bisa menggunakan internet banking untuk kepentingan cek saldo, transfer, dan lain sebagainya.

Berikut adalah panduan tentang bagaimana cara internet banking BRI melalui ATM:

  • Pergi ke ATM BRI.
  • Masukan pin ATM.
  • Pilihlah menu lainnya.
  • Pilih menu registrasi.
  • Klik internet banking.
  • Masukan password 6 digit.
  • Ulangi password yang sudah dibuat nasabah, nantinya Anda akan mendapatkan user ID BRI internet
  • Kemudian nasabah akan mendapatkan struk berisi user ID dan password dan jangan memberikannya ke siapapun.
  • Nasabah bisa mencoba lakukan aktivasi BRI di https//ib.bri.co.id
  • Ikuti langkahnya, masukan user ID, password, kode captcha.

Anda sudah bisa menggunakan untuk keperluan transaksi. Jika Anda ingin mendapatkan m-Token BRI IB, maka nasabah harus mengunjungi kantor cabang Bank BRI. Cara bayar angsuran pinjaman BRI lewat internet banking bisa Anda lakukan dengan berbagai cara.

Baca juga:  4 Cara Bayar Angsuran Pinjaman BRI Lewat ATM

Hanya tinggal memilih metode pembayaran seperti apa yang Anda inginkan ketika melakukan pembayaran angsuran pinjaman BRI Anda.

Cara Bayar Angsuran Pinjaman BRI Lewat Internet Banking

Namun, sebelum membahas bagaimana cara bayar angsuran pinjaman BRI lewat internet banking, Anda perlu memahami dulu apakah yang dimaksud dengan Angsuran Pinjaman BRI.

Jadi, ini adalah salah satu fasilitas yang disediakan oleh pihak Bank BRI dengan tujuan untuk membantu nasabahnya guna memenuhi kebutuhan. Apa saja jenis layanan pinjaman yang ada di BRI?

Sampai saat ini ada 17 macam pinjaman BRI yang disediakan oleh Bank BRI, di antaranya ada KPR BRI, KPRS BRI, KKB Mobil Bekas dan Baru, BRIguna Karya, Kredit Investasi, KKB BRI Refinancing, KKB Motor Premium, KUR, Kupedes, Kredit Kemitraan, Resi Gudang, dan Pinjaman BRI Ceria.

Usai mengetahui jenis pinjaman di Bank BRI, Anda perlu mengetahui apa saja langkah yang bisa Anda lakukan untuk membayar angsuran pinjaman BRI:

1. Pembayaran Melalui Autodebet

Sebagian orang memilih untuk melakukan pembayaran melalui autodebet. Metode ini akan memudahkan dalam proses pembayaran karena Anda tak perlu lagi datang ke kantor cabang BRI. Metode ini menggunakan rekening BRI yang Anda punya.

Jadi, setiap jatuh tempo pinjaman Anda akan dibayarkan melalui saldo rekening yang Anda miliki. Tapi, penting untuk Anda perhatikan saldo yang terdapat di dalam rekening Anda. Usahakan saldonya cukup untuk membayar angsuran pinjaman.

Baca juga:  9 Cara Tarik Tunai Kartu Kredit BRI di ATM Terdekat

2. Pembayaran Bisa Melalui Teller Bank

Jika Anda lebih nyaman melakukan pembayaran secara langsung atau offline, Anda bisa melakukannya lewat teller BRI di kantor cabang. Metode ini juga tak sulit, Anda hanya perlu mengambil nomor antrian khusus teller dan tunggu panggilan.

Sampaikan maksud dan tujuan Anda, teller akan segera memproses angsuran yang Anda setorkan. Setelahnya, teller akan memberikan struk angsuran pinjaman, simpan baik-baik ketika mendapatkannya ya karena ini adalah bukti bahwa Anda sudah membayarkan angsuran.

Usahakan jangan hilang agar tidak memakan waktu ketika memprosesnya kembali.

3. Pembayaran Melalui ATM

Anda tipe orang yang malas mengantri? Metode ini cocok dipilih karena Anda hanya membutuhkan waktu sebentar dalam proses pembayaran. Biasanya, antrinya tidak begitu panjang seperti di bank, hanya perlu memakan waktu selama beberapa menit saja.

Berikut adalah cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan pembayaran angsuran menggunakan ATM BRI:

  • Kunjungi ATM BRI, masukan kartu, dan masukan 6 digit pin
  • Tekan menu transaksi lain, kemudian pilih pembayaran.
  • Tekan tombol menu lainnya.
  • Lanjutkan dengan memilih menu angsuran pinjaman.
  • Setelah memasukan kode bank BRI, masukkan angsuran, dan tekan YA jika Anda sudah memastikan bahwa semua data benar. Terakhir jangan lupa untuk menunggu struk pembayaran keluar terlebih dahulu.

4. Pembayaran Melalui Internet Banking

Cara bayar angsuran pinjaman BRI lewat internet banking berikutnya, dengan membayarnya melalui internet banking. Caranya, jika Anda sudah mempunyai aplikasi BRI mobile langsung saja buka aplikasinya lalu pastikan dulu bahwa Anda terdaftar.

Apabila belum, silahkan unduh aplikasi BRI Mobile dan pilihlah menu internet banking BRI. Setelah login Anda hanya tinggal memilih menu pinjaman bank BRI. Kemudian masukan nomor rekening serta nominal angsuran BRI yang diinginkan.

Sesudah itu, secara otomatis muncul konfirmasi bayar angsuran. Periksa guna memastikan semua datanya sudah submit dengan tepat. Nantinya akan muncul resi sebagai bukti bahwa Anda sudah membayar.

Baca juga:  5 Contoh Nomor Rekening BRI Asli dan BRI Palsu

5. Pembayaran bisa dilakukan melalui BRImo

Serupa dengan pembayaran melalui internet banking, metode pembayaran yang dilakukan lewat BRImo ini hanya perlu memanfaatkan handphone yang Anda punya untuk mulai bertransaksi. Anda bisa mengikuti langkah ini untuk membayar angsuran pinjaman lewat BRImo:

  • Setelah mengunduh aplikasi BRImo di handpone Anda, login.
  • Pilihlah menu beli dan bayar.
  • Tekan pembayaran dan pilihlah menu BRIva.
  • Pilihlah sumber dana dan juga nomor pembayaran. Masukan password BRImo digunakan untuk proses pembayaran angsuran lalu simpan bukti pembayaran.

6. Melalui BRIlink

Melakukan pembayaran melalui BRIlink, sama mudahnya dengan cara bayar angsuran pinjaman BRI lewat internet banking. Caranya, datanglah ke agen BRIlink terdekat. Lalu, pilihlah menu Tunai di mesin EDC dan pilih setoran simpanan.

Setelahnya, masukan nomor rekening, masukan 6 digit pin, secara otomatis mesin EDC akan menampilkan nama lengkap Anda, nomor rekening, dan nominal angsuran pinjaman BRI.

7. Bisa Melalui Indomaret atau Alfamart Terdekat

Metode pembayaran terakhir ini Anda hanya perlu datang ke Indomaret atau Alfamart terdekat, kasir akan meminta nomor rekening beserta uang angsuran. Sesudah diproses, simpan struk pembayaran sebagai bukti bahwa Anda sudah membayar angsuran.

Namun, pada proses pembayaran ini Anda akan dikenakan Rp2.500.

Cara bayar angsuran pinjaman BRI lewat internet banking ternyata sangat memudahkan Anda dalam proses pembayaran, bukan? Tunggu apalagi, Anda bisa mencobanya mulai sekarang. Banyaknya cara ini membuat pinjaman BRI banyak dipilih masyarakat.

Baca Juga:

error:
close