7 Cara Mengubah Tanggal Jatuh Tempo Shopee Paylater

Apakah Anda menggunakan Shopee Paylater dan ingin mengubah tanggal jatuh temponya? Ada beberapa cara mengubah tanggal jatuh tempo Shopee Paylater yang bisa dilakukan. Dengan cara ini, jatuh tempo akan lebih panjang, jadi bisa mempersiapkan uang untuk melunasinya.

Sekarang ini, aplikasi belanja online memang menyediakan fitur pembayaran paylater atau bayar nanti. Jadi, pengguna bisa membeli sebuah barang, yang bisa dibayar satu atau dua bulan selanjutnya. Nah, di bawah ini akan dijelaskan cara ubah tanggal jatuh tempo Shopee Paylater.

Apa itu Shopee Paylater?

Bagi yang suka belanja online, pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Shopee. Shopee adalah aplikasi belanja online yang sangat populer, khususnya di Indonesia. Nah, salah satu fitur yang dimiliki oleh Shopee adalah Shopee Paylater.

Jadi, sebelum membahas bagaimana cara mengubah tanggal jatuh tempo Shopee Paylater, kita akan membahas apa itu Shopee Paylater terlebih dahulu. Shopee Paylater adalah sistem pembayaran di Shopee, di mana pembeli bisa belanja barang, dan membayarnya di kemudian hari.

Pengguna bisa belanja apa saja di Shopee, untuk kemudian membayarnya beberapa hari kemudian, bisa dalam 30 hingga 60 hari. Shopee Paylater ini sangat membantu seseorang yang sedang tidak punya uang, namun harus membeli barang tertentu.

Shopee Paylater sendiri disediakan oleh PT Commerce Finance di aplikasi Shopee, untuk memberikan pengguna opsi atau metode pembayaran yang lebih banyak. Jadi, selain transfer bank, transfer dari e-wallet dan COD, sekarang ada pula Shopee Paylater.

Cicilan Shopee Paylater

Pengguna Shopee Paylater bisa memilih periode cicilan, yaitu :

  • Cicilan 1 kali atau beli sekarang bayar nanti.
  • Cicilan 3 kali.
  • Cicilan 6 kali.
  • Cicilan 12 kali.

Pengguna yang mendapatkan 12 kali cicilan adalah pengguna yang terpilih. Tidak sembarangan pengguna bisa mendapatkan fasilitas tersebut. Biasanya, mereka adalah yang sering bertransaksi menggunakan Shopee Paylater dan tidak pernah telat membayar.

Baca juga:  7 Ciri-ciri Penipuan Akulaku! Hati-hati dan Waspada

Oh ya, harus dipahami oleh pengguna, bahwa menggunakan Shopee Paylater akan dikenai biaya penanganan, yaitu sebesar 1% per transaksi. Selanjutnya dikenakan pula suku bunga, yaitu minimal 2,95% dari total pembayaran.

Ada pula denda bagi mereka yang terlambat bayar atau melebihi tanggal jatuh tempo. Denda keterlambatan adalah 5% setiap bulan dari total tagihan yang jatuh tempo. Jadi, jangan sampai terlambat jika tidak ingin mengeluarkan lebih banyak uang.

Apa yang Terjadi Jika Terlambat Bayar?

Banyak yang mencari cara mengubah tanggal jatuh tempo Shopee Paylater karena banyak akibat yang akan diterima pengguna jika terlambat bayar. Dampak tersebut adalah sebagai berikut :

  • Denda keterlambatan sebesar 5% dari total tagihan yang telah jatuh tempo.
  • Pembatasan dalam mengakses fungsi di aplikasi Shopee.
  • Pembatasan dalam penggunaan voucher.
  • Peringkat kredit di SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan) OJK, yang bisa mencegah pengguna untuk mendapatkan pembiayaan dari bank atau lembaga pembiayaan lain.
  • Penagihan lapangan.

Sebagai contoh, pengguna terlambat untuk membayar tagihan Shopee Paylater sebesar Rp100.000. Maka, total yang harus dibayarkan pengguna adalah Rp100.000 ditambah denda keterlambatan 5%, jadi jumlahnya adalah Rp105.000.

Pilihan Tanggal Jatuh Tempo Shopee Paylater

Ada beberapa opsi tanggal jatuh tempo Shopee Paylater yang bisa dipilih pengguna. Setelah pembelian dikonfirmasi oleh Shopee, maka akan ada informasi tanggal jatuh tempo pembayaran tagihan Shopee Paylater. Patokannya adalah seperti di bawah ini :

  • Jika rincian tagihan tanggal 25, maka jatuh tempo Shopee Paylater adalah tanggal 5.
  • Jika rincian tagihan tanggal 1, maka jatuh tempo Shopee Paylater adalah tanggal 11.
  • Jika rincian tagihan tanggal 15, maka jatuh tempo Shopee Paylater adalah tanggal 25.

Cara Cek Tanggal Jatuh Tempo Shopee Paylater

Pengguna bisa cek tanggal jatuh tempo Shopee Paylater, agar tidak sampai terlambat dalam melunasi tagihan tersebut. Caranya mudah, cek langkah-langkahnya di bawah ini :

  • Buka menu SPaylater, dan masuk ke menu Tagihan Saya.
  • Lalu masuk ke salah satu pembelian, dan klik Belum Dibayar.
  • Setelahnya akan muncul informasi, mulai dari nomina, batas pembayaran hingga tanggal jatuh tempo.
Baca juga:  Tabel Pinjaman Kredivo 2022: Cara Daftar, Syarat, Angsuran

Cara Ubah Tanggal Jatuh Tempo Shopee Paylater

Jika Anda merasa bahwa tanggal jatuh tempo Shopee Payleter terlalu singkat, maka bisa mengubah tanggal jatuh temponya.

1. Lakukan Transaksi Tanggal 25

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah melakukan transaksi di akhir bulan. Ya, pengguna bisa menggunakan metode pembayaran dengan Shopee Paylater di akhir bulan, misalnya saja tanggal 25. Cara ini terbukti bisa memperpanjang tanggal jatuh tempo Shopee Paylater.

Ketika pengguna bertransaksi tanggal 25, maka tanggal jatuh temponya adalah tanggal 5. Misalnya saja bertransaksi tanggal 25 Juli, maka jatuh temponya adalah tanggal 5 September. Jadi, pengguna bisa mendapatkan keringanan hingga 1 bulan.

2. Bayar Tagihan Sebelum Periode Berakhir

Cara mengubah tanggal jatuh tempo Shopee Paylater berikutnya adalah dengan membayar tagihan sebelum periode berakhir. Jadi, pengguna harus melunasi tagihan beberapa hari sebelum tanggal jatuh tempo. Karena sudah dilunasi, maka tagihan tidak akan muncul kembali.

Adapun cara melunasi tagihan Shopee Paylater adalah sebagai berikut :

  • Buka Shopee, masuk ke menu Saya.
  • Lalu buka SPaylater, dan klik Bayar Sekarang.
  • Selanjutnya buka Tagihan Bulan Depan, dan tunggu rinciannya muncul.
  • Setelahnya klik Bayar Lebih Dulu.

3. Gunakan Cicilan 1X

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan cicilan Shopee Paylater sebanyak 1 kali. Fitur cicilan satu kali memungkinkan pengguna bisa mendapatkan tanggal jatuh tempo yang lebih panjang. Ingat, lakukan transaksi dengan cicilan satu kali ini di akhir bulan.

Baca juga:  DC Easycash 2022 Ancam Sebar KTP & Foto Wajah

Contohnya saja, melakukan transaksi Shopee Paylater cicilan satu kali pada tanggal 26 hingga 30. Nantinya, pengguna akan mendapatkan jatuh tempo pada 2 bulan berikutnya, waktu yang cukup panjang untuk melunasi tagihan tersebut.

4. Hubungi Customer Service Shopee

Terakhir, pengguna bisa menghubungi customer service Shopee dan mengajukan permohonan kepada mereka agar diberi keringanan. Pengguna bisa menghubungi customer service untuk ubah tanggal jatuh tempo Shopee Paylater dengan berbagai cara, seperti :

1. E-Mail

Pengguna bisa menghubungi customer service Shopee lewat email di [email protected] Pengguna bisa menghubungi mereka yang berisi permohonan agar diubah tanggal jatuh tempo Shopee Paylater. Tulis pernyataan dan sertakan alasan kenapa harus ubah tanggal jatuh tempo Shopee Paylater.

2. Media Sosial

Pengguna bisa menghubungi akun media sosial yang dimiliki oleh Shopee, mulai dari Facebook, Instagram, Twitter, TikTok dan lain sebagainya. Biasanya, Shopee akan merespons dengan cepat jika pengguna menghubungi mereka lewat media sosial.

3. Call Center

jika tidak, pengguna juga bisa menghubungi call center Shopee untuk ubah tanggal jatuh tempo Shopee Paylater. Call center Shopee adalah 15000702, bisa di telepon dengan telepon rumah atau seluler. Katakan kepada customer service bahwa Anda ingin ubah tanggal jatuh tempo SPaylater.

Cara mengubah tanggal jatuh tempo Shopee Paylater ada beberapa cara, silakan coba salah satu atau semua cara di atas. Apabila tanggal jatuh tempo semakin lama, pengguna punya banyak waktu untuk melunasi tagihan tersebut.

Baca Juga:

Artikel Terkait

error: